Comscore Tracker

Airlangga dan Wimboh Pede Pasar Modal Tumbuh Positif di 2021 

Hari ini, perdagangan terakhir di bursa 2020

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartaro dan Otoritas Jasa Keuangan optimistis industri pasar modal Indonesia bakal tumbuh positif pada 2021. Airlangga optimistis sentimen pasar modal akan positif lantaran pemerintah tengah serius dalam menjamin ketersediaan vaksin COVID-19.

Selain itu, dia percaya UU Nomor 9 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan ketahahan investor ritel domestik juga bakal membantu pemulihan tersebut.

"Vaksinasi ini jadi game changer sektor kesehatan dan ekonomi, dan dengan adanya UU Cipta kerja, vaksinasi, daya tahan investor ritel, pasar modal dan ekonomi Indonesia akan stabil dan pulih di 2021," katanya dalam penutupan perdagangan saham Bursa Efek Indonesia secara virtual, Rabu (30/12/2020).

1. Aktivitas daya beli masyarakat di tahun 2021 diyakini meningkat

Airlangga dan Wimboh Pede Pasar Modal Tumbuh Positif di 2021 IDN Times/Irfan Fathurohman

Dia mengatakan pada 2021, pemerintah masih akan mengalokasikan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan pencegahan penyebaran COVID-19 sebesar Rp 372,9 triliun. Menurut dia, jika pandemik COVID-19 sudah dapat dikendalikan, daya beli akan turut meningkat sehingga aktivitas produksi pun akan meningkat.

"PMI (Purchasing Manager;s Index) di berbagai negara termasuk Indonesia sudah kembali di level 50,6, artinya ekonomi akan terus bergerak," katanya.

Baca Juga: 5 Gambaran Ekonomi Global Menuju 2021

2. Pencapaian industri pasar modal 2020 diharapkan dapat berkontribusi untuk 2021

Airlangga dan Wimboh Pede Pasar Modal Tumbuh Positif di 2021 Ilustrasi Penurunan Harga Saham (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, mengatakan pencapaian industri pasar modal di tahun ini dapat berkontribusi terhadap kinerja pasar modal di 2021 mendatang.

"Besar harapan kami, capaian yang baik di tahun ini menjadi katalis positif bagi kinerja pasar modal di tahun depan dan berkontribusi untuk bangkitnya perekonomian Indonesia. Mari kita bangun optimisme bahwa setelah melewati ujian ini, kita akan lebih kuat dan resilient dalam menghadapi tantangan-tantangan ke depan," ujar Wimboh.

3. OJK akan mempersiapkan berbagai kebijakan untuk pemulihan ekonomi nasional

Airlangga dan Wimboh Pede Pasar Modal Tumbuh Positif di 2021 Gedung Otoritas Jasa Keuangan Indonesia atau OJK di Jakarta (IDN Times/Aldila Muharma)

Wimboh mengatakan pihaknya akan terus bekerja sama dengan pemerintah, Bank Indonesia, dan LPS untuk menyiapkan berbagai kebijakan dan inisiatif yang diperlukan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Dia menyebut hal-hal yang sangat penting bagi pengembangan industri pasar modal nasional adalah kepercayaan investor dan pelaku pasar modal terhadap fundamental dan prospek ekonomi Indonesia, serta integritas dari pasar modal Indonesia, sangat penting bagi pengembangan industri pasar modal nasiona.

Baca Juga: Keren! 10 Rekor Baru Pencapaian Tertinggi Pasar Modal Indonesia

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya