Comscore Tracker

Asing Masuk Rp1,5 Triliun, IHSG Ditutup Melenggang ke Zona Hijau

Sejak tadi pagi IHSG dibuka menguat

Jakarta, IDN Times - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 1,93 persen ke level 4.941 pada Rabu (3/6). Investor asing tercatat melakukan pembelian bersih sejumlah Rp1,5 triliun di seluruh pasar.

Berdasarkan data RTI, tercatat sebanyak 11.3 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp12,87 triliun. Sektor agribisnis menguat 3,21 persen dan sektor keuangan naik 3,2 persen.

1. IHSG di kawasan Asia juga meningkat

Asing Masuk Rp1,5 Triliun, IHSG Ditutup Melenggang ke Zona HijauPengunjungi mengamati layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan selain IHSG, pasar saham Asia juga mencatatkan kenaikan yang cukup panjang selama tiga bulan terakhir. Hal ini seiring dengan harapan dari para pelaku pasar terhadap adanya perbaikan ekonomi di negara maju maupun emerging pada kawasan Asia.

"Berdasarkan riset yang diterbitkan oleh World Bank, pertumbuhan ekonomi dunia pada tahun 2020 berada pada 2,1 persen di mana negara Asia diproyeksikan menjadi penopang perlambatan ekonomi Amerika dan Eropa," katanya melalui keterangannya,Rabu (3/6).

Baca Juga: Normal Baru Segera Diterapkan Bulan Depan, IHSG Ditutup Bertenaga

2. Konsumsi rumah tangga diperkirakan melambat

Asing Masuk Rp1,5 Triliun, IHSG Ditutup Melenggang ke Zona HijauIlustrasi Pasar (IDN Times/ Lia Hutasoit)

Selain itu, dia mengatakan konsumsi rumah tangga juga diperkirakan melambat seiring adanya PHK akibat aktivitas ekonomi yang melambat. World Bank juga memperkirakan kepercayaan konsumen ikut menurun pada tahun ini.

Untuk memulihkan ekonomi, World Bank menyarankan pemerintah untuk mencegah penurunan pajak hingga memperbaiki perbankan dan korporasi. Kemudian, meningkatkan kemampuan para pekerja dan membantu mempekerjakan masyarakat terdampak COVID-19.

Dalam jangka panjang, World Bank memproyeksikan pertumbuhan ekonomi baru kembali normal pada 2021, sebesar 5,4 persen. Kemudian, dua tahun berikutnya stabil, yakni 5,5 persen pada 2022 dan 5,3 persen pada 2023.

3. IHSG Rabu pagi menguat 27,75 poin atau 0,57 persen

Asing Masuk Rp1,5 Triliun, IHSG Ditutup Melenggang ke Zona HijauIlustrasi investasi. (IDN Times/Mia Amalia)

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG tadi pada dibuka menguat 27,75 poin atau 0,57 persen ke level 4.875,26 pada perdagangan, Rabu (3/6). Sebanyak 47 saham terpantau menguat, 11 saham menurun, dan 13 saham tidak mengalami perubahan.

Adapun volume saham yang diperdagangkan pada pagi ini sebanyak 11.462 juta, dengan transaksi sebesar Rp14.013 miliar saham dan jumlah frekuensi sebanyak 849 kali.

Baca Juga: Kompak dengan Bursa Global, Rabu Pagi IHSG Melaju di Zona Hijau 

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya