Comscore Tracker

Blue Bird Operasikan Mobil Listrik Pertama di Indonesia

Perdana mulai Mei ini

Jakarta, IDN Times - PT Blue Bird Tbk (BIRD) meluncurkan mobil yang menggunakan tenaga listrik pertama di Indonesia, sebagai layanan armada layanan Blue Bird dan Silver Bird.

Mobil listrik tersebut diproduki oleh BYD yang merupakan produsen mobil dari negara tirai bambu dengan type e6 A/T dan produksi Tesla yang merupakan produsen dari Amerika dengan model X 75D A/T.

1. Blue Bird targetkan mobil listrik bertambah 200 unit tahun depan

Blue Bird Operasikan Mobil Listrik Pertama di IndonesiaIDN Times/Auriga Agustina

Pada tahap pertama, emiten berkode sandi BIRD ini menyediakan 30 unit mobil lisrik, rinciannya 25 unit untuk armada blue bird dan 5 unit lainnya untuk Silver Bird.

"30 unit mobil untuk mengatahui berapa biaya operasionalnya, berapa biaya maintanance-nya, kapasitasnya sehingga kamu tahu skalabilitasnya, dari situ kami tahu total kebutuhan investasi," kata Direktur Blue Bird, Adrianto Djokosetno di Jakarta, Senin (2/4).

Tahun 2020 Blue Bird menargetkan ada 200 mobil listrik yang beroperasi, nantinya jika target tersebut sesuai harapan, industri transportasi ini akan menghilangkan 434,095 kg emisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898 liter.

Sementara pada tahun 2025 Blue Bird menargetkan dapat memiliki 2000 unit armada listrik.

Baca Juga: Komisaris Blue Bird: Sopir Taksi Anarkis Akan Disanksi Tegas

2. Blue Bird gelontorkan sekitar Rp40 miliar

Blue Bird Operasikan Mobil Listrik Pertama di IndonesiaIDN Times/Auriga Agustina

Selanjutnya dia mengatakan, nilai invetasi yang dikeluarkan untuk mobil listrik tersebut berkisar Rp40 miliar. Nilai invetasi tersebut juga sudah termasuk charging station.

Saat ini Blue Bird memiliki 11 charging station dan tahun ini ditargetkan bertambah 2 hingga 3 unit charging station. Menurut Adrianto, membutuhkan waktu 1 hingga 2 jam agar baterai pada mobil listrik dapat terisi penuh.

3. Tarif taksi yang menggunakan mobil listrik sama dengan tarif saat ini

Blue Bird Operasikan Mobil Listrik Pertama di IndonesiaIDN Times/Auriga Agustina

Selanjutya untuk masalah tarif, Blue Bird masih menggunakan biaya seperti taksi dan Bluebird saat ini. 1 km pertama dibandrol dengan harga Rp6.500 dan selanjutnya Rp4.100.

Mobil bertanga listrik ini mulai beroperasi pada bulan Mei mendatang.

Baca Juga: Gak Sama, Inilah 4 Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

4. Blue Bird mendukung pelestarian lingkungan

Blue Bird Operasikan Mobil Listrik Pertama di IndonesiaIDN Times/Auriga Agustina

Lebih lanjut, dengan diluncurkannya mobil listrik pertama ini, menunjukkan bahwa Blue Bird mendukung pelestarian lingkungan.

"Melalui terobosan inovasi dari kendaraan Iistrik ini, Blue Bird tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas Iayanan dan kenyamanan bagi pelanggan, namun juga menjadi bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan, khususnya peningkatan kualitas udara di Jakarta," kata Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo.

Bluebird juga menggandeng World Wide Fund for Nature (WWF) dan Jagha Bumi dalam mengadakan program One Ride, dimana setiap satu penumpang dari kendaraan taksi Iistrik Blue Bird dan Silverbird akan turut berkontribusi terhadap ditanamnya satu pohon di area aliran sungai Cilliwung dan di area tengah Jakarta.

Baca Juga: Para Sopir Demo Anarkistis, Harga Saham Blue Bird Malah Melonjak

Topic:

  • Anata Siregar

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 10:00:05

Progress: 760.181 dari 813.350 TPS (93.46296%)

Just For You