Comscore Tracker

Garuda Indonesia Akui Karyawannya Bawa Harley dalam Pesawat 

Akan ditindak lanjuti sesuai aturan yang berlaku

Jakarta, IDN Times - Penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda merek Brompton dalam pesawat Garuda Indonesia yang baru didatangkan dari Toulouse, Perancis, jadi sorotan. Garuda mengakui barang-barang itu milik karyawannya.

"Spare-parts yang dibawa karyawan yang onboard dalam pesawat tersebut juga telah melalui proses kepabeanan di Delivery Center Airbus di Toulouse, Perancis" kata Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Iksan Rosan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/12).

1. Karyawan Garuda akan tunduk penuhi aturan

Garuda Indonesia Akui Karyawannya Bawa Harley dalam Pesawat IDN Times / Auriga Agustina

Ia mengatakan, karyawan Garuda Indonesia tersebut akan tunduk dan mematuhi segala aturan yang berlaku atas putusan dari kepabeanan, seperti misalnya harus membayar bea masuk atau prosedur prosesur lain yang akan dikenakan.

"Spareparts tersebut akan dipergunakan oleh karyawan tersebut dan bukan untuk diperjualbelikan," tuturnya.

Baca Juga: Garuda Ungkap Ada Direksi di Pesawat yang Angkut Harley Selundupan

2. Akan ditindaklanjuti sesuai aturan kepabeanan yang berlaku

Garuda Indonesia Akui Karyawannya Bawa Harley dalam Pesawat IDN Times / Auriga Agustina

Ia menjelaskan, pemeriksaan Bea Cukai tidak mengindikasikan adanya pelanggaran kepabeanan pada bagian kokpit dan kabin penumpang.

"Tapi pada bagasi ditemukan beberapa spare part motor besar  yang tidak diproduksi di Indonesia yang dibawa salah satu karyawan yang on board dalam penerbangan tersebut untuk ditindaklanjuti sesuai aturan kepabeanan yang berlaku," tuturnya.

3. Ikhsan klaim Garuda Indonesia telah sampaikan surat pemberitahuan dan permohonan izin

Garuda Indonesia Akui Karyawannya Bawa Harley dalam Pesawat ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Sebelum melakukan pendaratan di bandara internasional Soekarno Hatta, Iksan mengklaim Garuda Indonesia telah menyampaikan surat pemberitahuan dan permohonan izin kepada pihak otoritas bandara, di mana Garuda Indonesia akan membawa pesawat tersebut langsung ke Garuda Maintenance Facility (GMF) dan akan melaksanakan segala prosedur keimigrasian dan kepabeanan di area GMF.  

"Sparepart-sparepart tersebut dalam ketibaannya di GMF dilaporkan kepada petugas bea cukai untuk diproses sesuai ketentuan yang berlaku," ucapnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Sri Mulyani Buka Suara Soal Penyelundupan Harley Davidson Pakai Garuda

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum
  • Anata Siregar

Just For You