Comscore Tracker

Harga Emas Tertinggi Sepanjang Sejarah, Tahan Jangan Beli Dulu Guys!

Sebelum jual atau beli, baca dulu penjelasannya di sini ya

Jakarta, IDN Times - Harga Emas PT Aneka Tambang Tbk alias Antam terus mengalami penguatan. Bahkan harga emas Antam saat ini menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah.

Mengutip Logammulia.com, harga Emas Antam berada di Rp1.028.000, perubahan terakhir terjadi pada Sabtu (1/8/2020).

Lalu apakah saat ini menjadi waktu yang tepat untuk mengoleksi emas batangan Antam?

1. Saat ini sepertinya bukan waktu yang tepat mengoleksi emas

Harga Emas Tertinggi Sepanjang Sejarah, Tahan Jangan Beli Dulu Guys!Ilustrasi emas batik purbo negoro (Dok. LM Antam)

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, meski harga emas menguat namun menurut dia ini bukan waktu yang tepat untuk membeli emas.

"Kalau untuk saat ini orang yang mau beli emas Antam kalau bisa ditunda dulu. Ya karena harga lebih tinggi," katanya kepada IDN Times, Minggu (2/8/2020).

Baca Juga: WOW! Harga Emas Tertinggi dalam 5 Tahun Terakhir 

2. Harga emas akan terkoreksi bertahap

Harga Emas Tertinggi Sepanjang Sejarah, Tahan Jangan Beli Dulu Guys!Ilustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Ibrahim tak memungkiri bahwa harga emas Antam akan melanjutkan penguatan, utamanya karena emas global diprediksinya juga akan menguat. Hal itu disebabkan banyaknya ketidakpastian yang membuat investor lebih memilih untuk berinvestasi di emas.

"Ini pertama disebabkan Pilpres AS ditunda, kesimpangsiuran ini membuat pasar kecewa karena AS sudah resesi. Ini cukup mengkhawatirkan apalagi pengangguran mulai meningkat di minggu ini," ujarnya.

Tak menutup kemungkinan, menurut Ibrahim emas global akan menembus US$2.000 per ounce. Namun kata dia, setelah itu harga emas akan terkoreksi cukup dalam di US$1.800 per ounce, apalagi saat ini seluruh negara tengah berlomba mencari vaksin dan obat untuk COVID-19.

3. Harga emas Antam bisa kembali ke level Rp945.000

Harga Emas Tertinggi Sepanjang Sejarah, Tahan Jangan Beli Dulu Guys!Pengunjung membeli emas di Butik Emas Antam, Jakarta, pada 28 Juli 2020. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Berdasarkan perhitungannya, jika harga emas global mencapai US$1.800 per ounce, maka harga emas Antam akan terkoreksi ke level Rp945.000 per gram.

"Nah pada saat US$1800 ini sebenarnya investor dapat kembali koleksi emas logam mulia maupun perhiasan," ujarnya.

Karena itu dia kembali menegaskan agar masyarakat lebih berhati-hati untuk berinvestasi di emas, meski harga emas kembali naik. Dia tak ingin kejadian seperti tahun 2011 lalu terulang.

Masih segar dalam ingatan Ibrahim, pada 2011 harga emas global pernah menyentuh US$1.220, kemudian kata dia banyak pengamat yang mengatakan ini waktu yang tepat untuk membeli emas, karena harga emas mau naik ke US$3.000 atau US$5.000, namun ternyata harga emas malah terkoreksi.

"Ketika berinvestasi di emas usahakan jangan menggunakan dana kebutuhan sehari-hari," ucapnya.

Baca Juga: Wow! Harga Emas Antam Tembus Sejuta per Gram, Jual Gak Nih?

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya