Comscore Tracker

IHSG Hari Ini Berakhir di Zona Merah

IHSG ditutup melemah, padahal pagi tadi dibuka menguat

Jakarta, IDN Times - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG ditutup melemah 31,003 poin atau 0,50 persen pada perdagangan, Rabu (27/1/2021). Sementara indeks 45 saham unggulan alias indeks LQ 45 melemah 0;39 persen ke level 963.139.

Volume perdagangan tercatat sebanyak 19,085 miliar lembar saham, dengan frekuensi tercatat sebanyak 1,410 kali. Secara total, investor membukukan transaksi senilai Rp19,583 triliun pada perdagangan hari ini.

1. Investor asing lakukan aksi beli

IHSG Hari Ini Berakhir di Zona MerahIlustrasi Harga Saham Naik (Bullish) (IDN Times/Arief Rahmat)

Kendati IHSG melemah, pada perdagangan hari ini, investor asing tercatat melakukan aksi beli senilai Rp98,16 miliar. Beberapa saham yang diborong oleh asing, di antaranya ialah:

  • PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau TLKM
  • PT Bank Mandiri Tbk atau BMRI
  • PT Astra International Tbk atau ASII

Baca Juga: Tren Pelemahan IHSG Terus Berlanjut, PPKM Jadi Biang Kerok

2. Mayoritas saham di kawasan asia bergerak menguat

IHSG Hari Ini Berakhir di Zona MerahKaryawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Adapun mayoritas saham di kawasan asia bergerak menguat. Nikkei 225 indeks milik Tokyo menguat 0,31 persen, Shanghai Composite indeks milik Shanghai menguat 0,11 persen, Straits Times Indeks milik Singapore melemah 0,45 peesen.

Selain IHSG, bursa kawasan asia lainnya yang melemah ialah Hang Seng indeks milik Hongkong melemah 0,32 persen.

3. Sudah diprediksi oleh analis

IHSG Hari Ini Berakhir di Zona MerahIlustrasi Penurunan/Bearish (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Analis Artha Sekuritas Dennies Chrsitoper Jordan sudah memprediksi bahwa IHSG hari ini akan bergerak melemah. Meski tadi pagi IHSG sempat dibuka menguat. Menurut dia, pergerakan IHSG akan dibayangi pengumuman terkait suku bunga acuan AS yang akan diumumkan oleh The Fed.

"Pergerakan diperkirakan akan terbatas menjelang penetapan suku bunga The Fed pada hari Kamis," kata Dennies melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Bingung Cara Investasi? Ini Cara Membuka Rekening Saham

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya