Comscore Tracker

Kasus Jiwasraya Berat, Erick Thohir Akan Bentuk Holding Dana Pensiun

 Holding dana pensiun akan terafiliasi dengan BUMN

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir mengaku, persoalan yang tengah diderita PT Asuransi Jiwasraya berat. Ia pun tak ingin kejadian serupa menimpa para pensiunan pada perusahaan dana pensiun di bawah BUMN.

“Saya tidak bermaksud menyinggung siapa pun. Sudah waktunya kita ini juga menjaga teman-teman yang di bawah. Kasus Jiwasraya itu berat. Di mana mohon maaf, tadi kalau kita tahu bisnis dana pensiun itu untuk orang kecil. Tidak perlu juga janjikan return yang gila-gilaan," kata Erick melalui video conference, Kamis (2/7/2020) malam.

Baca Juga: Erick Thohir: Mungkin Saja 2045 BUMN Sudah Gak Ada 

1. Seharusnya bisnis untuk pensiunan di produk investasi yang aman

Kasus Jiwasraya Berat, Erick Thohir Akan Bentuk Holding Dana PensiunErick Thohir saat menghadiri Sidang Kabinet Paripurna yang kembali digelar secara tatap muka di Istana Negara pada 18 Juni 2020 (Youtube/Sekretariat Presiden)

Dia mengatakan, seharusnya bisnis yang ditujukan bagi pensiunan cukup mengoleksi surat utang negara saja.

Misalnya, lanjut dia, cukup berinvestasi pada surat utang untuk pembangunan infrastruktur jangka panjang dengan imbal hasil 7 persen.

"Atau yang paling aman deposito saja," tegasnya.

2. Erick akan membentuk holding dana pensiun yang terafiliasi dengan BUMN

Kasus Jiwasraya Berat, Erick Thohir Akan Bentuk Holding Dana PensiunMenteri Erick Thohir saat live Zoom bersama pimpinan media (IDN Times)

Tak ingin kejadian serupa terulang kembali, Erick mengaku tengah mencoba untuk membentuk holding dana pensiun yang terafiliasi dengan BUMN.

Saat ini Erick dan jajarannya sedang mempelajari dasar hukum pembentukan holding tersebut.

“Karena dana pensiun ini kebanyakan di bawah yayasan atau pendiri, ini yang menjadi tidak mudah. Namun beberapa dana pensiun pada welcome, dari pada uangnya hilang. Berapa ratus miliar yang ada di dapen Pertamina?" ucapnya.

3. Bila semua perusahaan dana pensiun BUMN disatukan, akan sejahterakan para pensiun

Kasus Jiwasraya Berat, Erick Thohir Akan Bentuk Holding Dana PensiunMenteri BUMN Erick Thohir kunjungan kerja ke Bandara Soekarno-Hatta. Dia meninjau dan melihat fasilitas dan perlengkapan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Bandara Soetta (IDN Times/Candra Irawan)

Erick yakin bila semua perusahaan dana pensiun BUMN disatukan, maka akan menyejahterakan para pensiun. Tak hanya itu, ini juga akan memberikan nilai bagi manajemen sebab bakal menerima bagi hasil.

“Tapi paling penting banyak investasi jangka panjang yang bisa didanai dengan ini. Ini contoh karya-karya kita bangun jalan tol, tapi sumber dananya dari Himbara jangka pendek," ujar Erick Thohir.

Baca Juga: Nasabah Jiwasraya: Kalau Bukan karena Kita, Jiwasraya Bangkrut!

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya