Comscore Tracker

Mau Lolos Tes Pegawai Bank Indonesia? Ini Bocoran yang Harus Kamu Tahu

BI buka lowongan pegawai hingga 19 September

Jakarta, IDN Times - Bank Indonesia membuka rekrutmen pegawai baru melalui jalur Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM). Pendaftaran ini dibuka sejak Senin (14/9), ditujukan bagi lulusan S1 dan S2.

Pendaftaran pegawai Bank Indonesia (BI) ditutup hari ini, Kamis (19/9). Bagi kamu yang tertarik mengisi posisi yang ditawarkan BI, jangan lupa untuk memasukkan aplikasimu hari ini juga ya.

Lalu apa saja yang harus disiapkan calon karyawan Bank Indonesia setelah mengunggah berkas di https://pcpm34rektrutmenbi.id? Berikut wawancara IDN Times seputar tip perekrutan pegawai BI.

1. Persiapan mental dan fisik lebih penting

Mau Lolos Tes Pegawai Bank Indonesia? Ini Bocoran yang Harus Kamu TahuIDN Times/Auriga Agustina

Direktur Riset Core Indonesia, Piter Abdullah mengatakan, yang harus disiapkan pelamar Bank Indonesia adalah mental dan fisik yang sehat, lalu harus percaya diri dan jangan grogi.

"Di tahapan pertama biasanya tes pengetahuan akademik, tes minat dan bakat, tes IQ, yang menurut saya tidak perlu belajar. Tapi lebih penting persiapan mental dan fisik, atau kesehatan. Jangan kebanyakan belajar tapi justru hilang percaya diri atau kecapaian," katanya kepada IDN Times, Kamis (19/9).

Pitter telah berkarier di Bank Indonesia kurang lebih selama 25 tahun, loh!

2. Perbanyak baca isu ekonomi

Mau Lolos Tes Pegawai Bank Indonesia? Ini Bocoran yang Harus Kamu TahuIDN Times/Auriga Agustina

Selain itu, ia mengatakan tes di BI sejatinya mudah karena tesnya diklaim murni dan tidak ada permainan, sehingga yang dibutuhkan hanya belajar keras.

"Anak pejabat BI pun kalau tidak mampu tidak bakal lolos. Tidak ada titipan," katanya.

Ia menyarankan, mulai dari sekarang perbanyak membaca isu ekonomi, terutama terkait menjaga kestabilan nilai rupiah, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran atau sesuai dengan fungsi Bank Indonesia.

"Nanti di tahapan terakhir ada wawancara, persiapkan dengan banyak membaca. Pahami berbagai isu ekonomi terkini," tuturnya.

Baca Juga: Hore! Bank Indonesia Turunkan Suku Bunga

3. Usahakan menggunakan bahasa Inggris

Mau Lolos Tes Pegawai Bank Indonesia? Ini Bocoran yang Harus Kamu TahuIDN Times / Auriga Agustina

Ia pun menyarankan lagi, untuk menjawab pertanyaan atau pada tahap wawancara, usahakan menggunakan bahasa Inggris.

"Coba untuk menganalisis dan menyampaikan pandangan hasil analisa secara singkat terstruktur dan mudah dipahami. Lebih baik kalau bisa menyampaikan pendapat dalam bahasa Inggris," katanya.

4. Karier di BI sangat jelas

Mau Lolos Tes Pegawai Bank Indonesia? Ini Bocoran yang Harus Kamu TahuIDN Times/Auriga Agustina

Ia mengatakan, beberapa keuntungan jika menjadi pegawai Bank Indonesia, di antaranya karier di BI sangat jelas dan menjanjikan, siapa saja bisa menjadi Gubernur BI.

Adapun beberapa fasilitas yang di dapat seperti kesehatan, pensiunan dan fasilitas gaji.

"BI menurut saya adalah tempat yg sangat baik untuk kita memulai karier. Saya sangat bangga pernah bekerja di BI," ucapnya.

Baca Juga: Hati-Hati Uang Dimakan Rayap, Ini Resep Bank Indonesia Supaya Aman

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You