Comscore Tracker

OJK Catat Investor Reksa Dana Meningkat Signifikan

wah reksa dana syariah juga diminati investor

Jakarta, IDN Times - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan jumlah investor reksa dana hingga kini mencapai 1,25 juta. Angka ini meningkat cukup signifikan dibandingkan empat tahun lalu, di mana Single Investor Identification (SID) hanya mencapai 350.000.

Menurut Direktur Pengelolaan Investasi OJK Halim Haryono, hal ini tak terlepas dari maraknya fintech di dalam negeri.

"Dengan dibantu oleh teman-teman yang menggunakan jasa fintech, jumlah investor untuk reksa dana cukup signifikan, jadi yang dapat menikmati hasil dari pasar modal sekarang, bukan orang dengan modal banyak saja, semua bisa menikmati," katanya, di Jakarta, Rabu (10/7).

1. Dana kelolaan reksa dana syariah naik tiga kali lipat

OJK Catat Investor Reksa Dana Meningkat SignifikanIDN Times / Auriga Agustina

Sejalan dengan pertumbuhan SID reksa dana, ternyata produk reksa dana syariah menjadi salah satu primadona yang di minati oleh investor. Hal ini terbukti, jika dihitung mundur, dalam empat tahun terakhir hingga kini, dana kelolaan reksa dana syariah mengalami peningkatan tiga kali lipat.

"Empat tahun lalu masih sekitar Rp 11 triliun, sekarang sudah Rp 36 triliun, naik lah tiga kali lipat," jelasnya.

Selain itu, hingga kini market share reksa dana syariah disebut Halim sebesar 7 persen. "Jadi kalau dulu mencapai 5 persen saja susah sekali, sekarang sudah terlampaui," katanya.

2. Dana kelolaan Manager Investasi hingga awal Juli sebesar Rp520 triliun

OJK Catat Investor Reksa Dana Meningkat SignifikanIDN Times / Auriga Agustina

Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan, dana kelolaan (asset under management/AUM) manajer investasi reksa dana, hingga awal Juli 2019 mencapai Rp520 triliun. Padahal, empat tahun yang lalu, dana kelolaan manajer investasi reksa dana masih sebesar Rp270 triliun.

"Saya pikir ini perkembangan yang cukup bagus ya," tuturnya.

Baca Juga: Dolar Menguat, Ini Kata Pakar Supaya Investasi Valasmu Menguntungkan

3. Transaksi online sudah lebih dari Rp 5 triliun

OJK Catat Investor Reksa Dana Meningkat SignifikanIDN Times / Auriga Agustina

Tak ingin cepat puas, Halim mengimbau agar masyarakat segera melakukan investasi di pasar modal, khususnya di reksa dana.

"Bapak/ibu yang saat ini, masih belum berinvestasi di pasar modal, nanti tanya ke bapak-bapak manager investasi, pak saya selama ini hanya investasi sebatas emas atau menabung, nanti Manager Investasi (MI), biasanya punya transaksi online," ujarnya.

Jika tiga tahun lalu jumlah transaksi online hanya mencapai Rp1 tirliun, hingga saat ini, menurut Halim, jumlah transaksi sudah mencapai lebih dari Rp5 triliun.

Baca Juga: 5 Investasi Uang Paling ‘Sehat’ yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-an

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You