Comscore Tracker

Pabrik Baru PT Industri Kereta Api Ditargetkan Rampung pada 2020 

Tapi diyakini bisa lebih cepat dari target

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Industri Kereta Api (INKA) Budi Noviantoro mengatakan pabrik baru perseroan yang dibangun di dusun Pancoran, Desa Ketapang, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur ditargetkan rampung pada 2020. Saat ini, prosesnya sudah mencapai 25 persen.

"Banyuwangi progresnya 25 persen. Mudah-mudahan sih, pada 2020 selesai," katanya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (19/8).

Baca Juga: Tingkatkan Ekspor Nasional, PT INKA Terus Kirim Kereta ke Luar Negeri

1. Bisa lebih cepat dari target

Pabrik Baru PT Industri Kereta Api Ditargetkan Rampung pada 2020 IDN Times/Auriga Agustina

Kendati begitu, proses pembangunan pabrik tersebut dikatakannya bisa selesai lebih awal dari target yang telah ditetapkan, karena proses pengerjaannya berjalan degan lancar dan baik.

"Seharusnya lebih maju. Jadi, Ibu Menteri (Rini Soemarno) sudah ke sana, beliau senang, progresnya bagus, aksesnya juga bagus," ujarnya.

2. Dapat memproduksi 3 kereta (gerbong) dalam satu hari

Pabrik Baru PT Industri Kereta Api Ditargetkan Rampung pada 2020 IDN Times/Auriga Agustina

Selanjutnya ia menambahkan, jika telah berproduksi penuh, pabrik ini dapat memproduksi tiga kereta per hari (gerbong). Sementara saat ini, perseroan baru dapat memproduksi 1,5 kereta per harinya.

"Ini impian ya, kalau sekarang kan kira-kira di Madiun 1,5 kereta per harinya. Kalau di Banyuwangi itu kapasitasnya inginnya 3 hingga 4 kereta per hari jika semua sudah beroperasi," jelasnya.

3. Akan ada target ekspor khusus

Pabrik Baru PT Industri Kereta Api Ditargetkan Rampung pada 2020 IDN Times/Auriga Agustina

Lebih lanjut, ia menjelaskan pabrik baru ini nantinya juga akan dikhususkan untuk pembuatan kereta beriorientasi ekspor, sebab letaknya dekat dengan pelabuhan. "Dan memang kita mencoba memfokuskan untuk ekspor, karena apa? Dekat dengan pelabuhan," tuturnya.

Baca Juga: Pabrik Kepenuhan, Produksi LRT Jabodebek INKA Terhambat

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You