Comscore Tracker

Sri Mulyani Curhat Tidak Pernah Juara Kelas Waktu SD

Dia juga pernah mendapat nilai merah saat SMP

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku, tidak pernah mendapat juara kelas waktu duduk di sekolah dasar. Dia menyebut itu sangat berbeda dengan saudara kandungnya yang seluruhnya kerap mendapat juara di kelas.

"Pada masa seperti ini, saya punya alasan untuk berkecil hati. Kalau setiap semester atau kuartalan dijejerkan (rapor), ketahuan bahwa saya satu-satunya yang tidak juara kelas," katanya dalam acara Girls Leadership Class, Kamis (20/12/2020).

1. Sri Mulyani menyadari setiap orang diciptakan berbeda

Sri Mulyani Curhat Tidak Pernah Juara Kelas Waktu SDMenkeu Sri Mulyani dan Gubernur BI Perry Warjiyo di sela pembahasan postur anggaran RAPBN 2019 (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Dia mengatakan kondisi itu sempat membuatnya berkecil hati alias minder. Namun, kemudian dia menyadari bahwa setiap orang diciptakan berbeda-beda.

"Saya suka camping waktu kecil. Kakak saya relatif mungkin gak, lebih kutu buku barangkali kalau bisa dikatakan, itu yang membedakan. Jadi gak bisa kalau dibandingkannya adalah rapor dengan rapor karena kita beda," ujar perempuan yang biasa disapa Ani ini.

Baca Juga: Nostalgia Sri Mulyani, Cita-cita Pernah Kandas di Masa SMA

2. Sri Mulyani pernah mendapat nilai merah

Sri Mulyani Curhat Tidak Pernah Juara Kelas Waktu SDIDN Times / Auriga Agustina

Selain itu, dia mengaku bahwa saat SMP dirinya pernah mendapat nilai merah tapi sang ibu justru membantu Ani untuk melapangkan hatinya.

"Untung orangtua saya karena pendidik mengatakan gak apa-apa rapor kamu ada merahnya, satu ini kayak perempuan pakai lipstick cantik kok katanya," ujarnya.

3. Perasaan minder tidak boleh dipelihara

Sri Mulyani Curhat Tidak Pernah Juara Kelas Waktu SDInstagram.com/@smindrawati

Bicara soal rasa minder, dia mengingatkan bahwa rasa itu tidak boleh dipelihara. Rasa minder itu, menurutnya, dapat mengurangi keinginan atau kepercayaan untuk maju.

"Nah jangan pernah pada saat kalian ngerasa hati kecil kalian mau kecil jangan mudah untuk memasukkan perasaan itu dan memeliharanya," tuturnya.

Baca Juga: Begini Cerita Sri Mulyani Diteror Nadiem Minta Uang Pulsa

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya