Comscore Tracker

Sri Mulyani: Sistem Keuangan Terjaga, Perekonomian Kuartal III Membaik

Sejalan dengan revisi IMF terhadap perekonomian dunia

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan stabilitas sistem keuangan nasional pada triwulan III 2020 tetap terjaga. Dia pun yakin kondisi ekonomi yang kena imbas pandemik COVID-19 bakal berangsur pulih.

“Indikator stabilitas sistem keuangan tetap berada pada kondisi normal di tengah masih tingginya ketidakpastian sebagai dampak dari pandemi COVID-19,” kata Sri Mulyani yang juga menjabat ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melalui jumpa pers virtual, Selasa (27/10/2020).

1. Ekonomi kuartal III disebut lebih baik daripada kuartal II

Sri Mulyani: Sistem Keuangan Terjaga, Perekonomian Kuartal III MembaikIlustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Bisa Minus 2,1 Persen 

Menurut dia, perekonomian domestik pada kuartal III 2020 telah menunjukkan adanya pemulihan sesudah mengalami tekanan sangat berat pada triwulan II akibat dilaksanakannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sekadar mengingatkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia merosot hingga minus 5,32 persen pada kuartal II-2020, hal ini lantaran adanya kebijakan PSBB seiring dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengumumkan COVID-19 sebagai pandemik pada Maret lalu.

2. Kontraksi ekonomi kuartal II-2020 terjadi hampir di seluruh negara

Sri Mulyani: Sistem Keuangan Terjaga, Perekonomian Kuartal III MembaikIlustrasi pertumbuhan ekonomi turun. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kendati begitu, dia mengatakan kontraksi ekonomi pada kuartal II-2020 juga terjadi hampir di seluruh negara, karena sama-sama memberlakukan pembatasan aktivitas terhadap masyarakatnya sebagai bentuk pengendalian penyebaran COVID-19.

“Jadi triwulan II kondisi ekonomi Indonesia sama dengan banyak negara di dunia yang mengalami tekanan berat. Kita lihat untuk triwulan III sudah menunjukkan pemulihan secara berangsur,” ucapnya.

3. Pemulihan ekonomi sejalan dengan revisi proyeksi IMF

Sri Mulyani: Sistem Keuangan Terjaga, Perekonomian Kuartal III MembaikIlustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Wanita yang akrab disapa Ani tersebut memaparkan pemulihan tersebut sejalan dengan revisi proyeksi ekonomi dunia untuk tahun ini yang dilakukan oleh Internasional Monetary Fund (IMF) yang awalnya minus 5,2 persen menjadi minus 4,4 persen.

Revisi proyeksi itu terutama ditopang oleh pemulihan aktivitas ekonomi di triwulan III 2020 di negara-negara maju serta mobilitas global yang kembali meningkat sesudah mulai dilaksanakannya kelonggaran pembatasan sosial.

Baca Juga: Indonesia Catat Hattrick Deflasi di Kuartal III 2020

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya