Comscore Tracker

Tok! DPR Terima Destry Sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia

Selamat Bu Destry!

Jakarta, IDN Times - Komisi XI DPR-RI melalui rapat internal, resmi menetapkan Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) untuk priode 2019 -2024.

"Dari sepuluh fraksi, yang hadir sembilan fraksi, semua secara bulat utuh menerima secara aklamasi saudari Destry Damayanti, sebagai senior Deputy Gubernur Bank Indonesia," kata ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng, saat ditemui di Gedung DPR, Kamis (11/7).

1. DPR minta, selanjutnya calon petinggi BI harus lebih dari satu

Tok! DPR Terima Destry Sebagai Deputi Gubernur Senior Bank IndonesiaIDN Times / Auriga Agustina

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Mekeng tersebut mengatakan, Komisi XI DPR-RI akan melayangkan surat kepada Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk diserahkan kepada pemerintah. Surat tersebut berisi permintaan agar pada saat pemilihan Deputi Gubernur BI selanjutnya, calon yang diajukan tidak hanya satu orang.

Mekeng mengklaim langkah tersebut dilakukan untuk menjaga independensi Bank Indonesia (BI). "Agar tidak ada persepsi dari masyarakat kalau dikirim satu orang, Bank Indonesia sudah tidak independen. Biarkan lah proses fit and proper test dilakukan di komisi XI," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Destry Damayanti merupakan calon tunggal yang diajukan oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, untuk menjabat sebagai orang kedua di Bank Indonesia (BI).

Baca Juga: Besok DPR Putuskan, Jadikah Destry Damayanti Deputi Gubernur Senior BI

2. Melalui BI, DPR ingin menjaga komunikasi yang baik dengan pemerintah

Tok! DPR Terima Destry Sebagai Deputi Gubernur Senior Bank IndonesiaIDN Times / Auriga Agustina

Ia menjelaskan, hal ini juga dilakukan untuk menjaga komunikasi antara DPR dan juga pemerintah.

"Meski dalam  Undang-Undang dijelaskan sebanyak-banyaknya ada tiga calon, itu ada makna, bukan berarti juga satu, tapi lebih dari satu. Karena kalau satu lagi bisa saja DPR melakukan penolakan," ujarnya.

3. Ini harapan DPR terhadap Destry

Tok! DPR Terima Destry Sebagai Deputi Gubernur Senior Bank IndonesiaIDN Times / Auriga Agustina

Dengan terpilihnya Destry, Mekeng mengatakan pihaknya berharap nantinya pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), melainkan investasi dari luar negeri.

"Bank Indonesia, mempunyai peranan besar yaitu memperdalam produk-produk keuangan, seperti ripo misalnya. Surat berharga bukan hanya SUN, tapi dari korporasi yang punya rating bagus juga bisa dilakukan Bank Indonesia, sehingga orang-orang yang mau memasuki uang disini, misal sebagai portfolio investasi mereka nyaman berinvestasi disini, itu yang kita harapkan dari bu Destry." tuturnya.

Selain itu ia berharap, Destry tidak menjaga jarak dengan perbankan, baik dengan bank buku I hingga buku IV. Tujuannya, agar Destry dapat menampung aspirasi dari perbankan dengan baik.

4.Jadwal paripurna akan segera ditentukan

Tok! DPR Terima Destry Sebagai Deputi Gubernur Senior Bank IndonesiaInfo Bank News

Setelah pengambilan keputusan ini usai dilakukan, komisi XI DPR akan meminta Badan Musyawarah untuk menentukan jadwal paripurna. "Kita akan bawa ke Paripurna untuk persidangan DPR, setelah itu kita bawa ke Presiden melalui pimpinan," ucap Amir Uskara, Fraksi PPP, ditempat yang sama.

Destry Damayanti menempati posisi Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia, untuk menggantikan Mirza Adityaswara, yang masa jabatannya selesai pada 24 Juli 2019.

Baca Juga: Jadi Calon Tunggal Deputi Gubernur BI, Ini Janji Destry Damayanti

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You