Comscore Tracker

Transaksi Harian Perindo di Pasar Ikan Modern Tembus Rp7 Miliar

Presiden resmikan Pesar Ikan Modern 

Jakarta, IDN Times - Perum Perindo (Perikanan Indonesia) selaku pengelola Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru menyatakan tingkat pengunjung pasar ikan semakin tinggi. Transaksi di pasar modern pun meningkat dibanding di pasar tradisional.

"Transaksi kita sekarang lebih besar karena dengan adanya fasilitas yang lebih bagus ini, sebenarnya mengundang pembeli lebih banyak lagi. Rata-rata transaksi per hari antara Rp5 miliar- Rp7 miliar. Di pasar sebelumnya trasaksi rata-rata Rp3-4 miliar," kata Risyanto Suanda di Jakarta, Senin (16/9).

1. Ini alasan meningkatnya pengunjung

Transaksi Harian Perindo di Pasar Ikan Modern Tembus Rp7 MiliarIDN Times / Auriga Agustina

Risyanto mengatakan meningkatnya jumlah pengunjung lantaran fasilitas yang nyaman, lengkapnya jenis ikan dan adanya kampanye promosi dari Perum Perindo.

"Apalagi kalau ikannya lagi banyak (musim panen ikan) mulai banyak lagi nih (transaksinya)," ucapnya.

Baca Juga: Meski Baru 40 Persen, Perindo Targetkan Ekspor US$22 Juta di 2019

2. Adanya pasar basah dan kering yang berbarengan jadi kendala

Transaksi Harian Perindo di Pasar Ikan Modern Tembus Rp7 MiliarIDN Times / Auriga Agustina

Risyanto mengatakan kendala pasar tersebut ialah adanya pasar basah kering di lantai atas dan pasar basah yang operasional tidak berbarengan. Hal ini menyebabkan pasar kering yang seharusnya mendukung pasar basah tidak dikunjungi pembeli saat membeli ikan di malam hari karena sudah tutup.

"Dry market ini sebenarnya untuk mendukung wet market tadi. Jadi orang jualan alat tangkap, orang jualan supporting perikanan, sparepart mesin dan sebagainya. Ini lagi kita genjot karena wet market itu malam hari ramainya, sementara dry market bukanya siang hari, orang enggak sadar jadi siang hari sepi," jelasnya.

Ia pun menjelaskan, bahwa pembeli paling ramai mendatangi lokasi pasar basah untuk membeli ikan segar. Padahal, di lokasi yang sama juga terdapat makanan olahan.

3. PIM proyek KKP yang diolah Perum Perindo

Transaksi Harian Perindo di Pasar Ikan Modern Tembus Rp7 MiliarIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebagai informasi saja, Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan pasar ikan modern (PIM) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara pada Maret 2019.

PIM merupakan proyek Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikelola oleh Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp150 miliar.

Baca Juga: Ekspor Ikan Indonesia Masih Kalah dari Vietnam

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You