Comscore Tracker

Harga Jengkol di Depok Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram Jelang Lebaran

Harga beberapa kebutuhan pokok di Depok naik

Depok, IDN Times - Menjelang hari raya Idul Fitri, daging sapi menjadi salah satu kebutuhan pokok yang paling banyak dicari masyarakat Kota Depok, Jawa Barat. Tak hanya itu, harga jengkol juga ikut naik. Salah satunya terjadi di Pasar Cisalak dan Pasar Agung.

Ketua Paguyuban Pedagang Daging Pasar Cisalak Iwan Setiawan mengatakan, mendekati hari raya Idul Fitri permintaan daging dari masyarakat mengalami peningkatan, namun ketersediaan daging di pemotongan sangat terbatas. Hal itu menjadi pemicu meningkatnya harga daging menjelang hari raya Idul Fitri.

"Mungkin naiknya karena faktor permintaan, sedangkan ketersediaan daging tidak memenuhi," ujar Iwan, Senin (10/5/2021). 

Baca Juga: Harga Emas Stagnan Jelang Lebaran

1. Harga jengkol dan pete naik

Harga Jengkol di Depok Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram Jelang LebaranPedagang jengkol Pasar Cisalak Depok keluhkan kenaikan harga menjelang Idul Fitri. (IDNTimes/Dicky)

Pedagang Jengkol Pasar Cisalak Rudi mengatakan, sudah dua minggu harga jengkol dan pete mengalami kenaikan. Dia tidak mengetahui penyebab kenaikan harga jengkol dan pete saat mendekati hari raya Idul Fitri.

"Mungkin karena stok jengkol dan pete di Pasar Induk karena sedikit," kata dia.

Rudi mengungkapkan, selama seminggu belakangan ia mampu menjual satu kuintal jengkol. Akibat kenaikan harga, Rudi menjual jengkol sebersar Rp70 ribu per kilogram yang sebelumnya Rp45 ribu per kilogram. Begitu pun untuk harga pete ia menjual Rp13 ribu per papan yang sebelumnya Rp10 ribu per papan untuk kualitas terbaik.

"Pete juga ikut naik, mungkin karena petani belum panen namun banyak konsumen yang mencari untuk tambahan sayuran ketupat," ucap Rudi.

2. Harga daging sapi naik mencapai Rp150 ribu per kilogram

Harga Jengkol di Depok Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram Jelang LebaranHarga daging sapi megalami kenaikan menjelang hari raya Idul Fitri di Pasar Cisalak

Iwan menjelaskan, harga daging sapi mencapai Rp110 ribu hingga Rp120 ribu per kilogram. Namun memasuki Ramadan hingga menjelang Idul Fitri, mengalami kenaikan hingga mencapai Rp150 ribu per kilogram. 

"Sekarang harga jual daging sapi mencapai Rp150 ribu per kilogram," ujar dia.

Iwan mengatakan, kenaikan harga daging selain karena banyaknya permintaan, juga disebabkan dari angkutan sapi. Menurutnya, menjelang Idul Fitri angkutan sapi dari sejumlah kota di Jawa Tengah enggan membawa sapi ke Kota Depok, karena sopir pengangkut sapi harus kembali ke kotanya tidak membawa angkutan barang. 

"Biasanya kan selesai mengantar sapi, para sopir angkutan kembali ke daerahnya mengangkut barang, kalau sekarang udah gak. Apalagi sekarang ada penyekatan," ucap dia.

3. Akan dilakukan monitoring harga

Harga Jengkol di Depok Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram Jelang LebaranJelang hari raya Idul Fitri, harga ayam di Pasar cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, mengalami kenaikan. (IDNTimes/Dicky)

BeKepala UPT Cisalak Pasar Sutisna mengatakan, selain daging sapi kenaikan harga juga terjadi pada ayam potong dan jengkol. Dari pantauannya, harga ayam mengalami kenaikan mulai dari Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu. Kenaikan tersebut sudah terjadi menjelang Ramadan hingga Idul Fitri.

"Saat ini masih terpantau harga daging ayam broiler mencapai Rp40 ribu per kilogram, sedangkan ayam kampung mencapai Rp120 ribu per ekor," kata dia.

Sutisna mengungkapkan, kenaikan tersebut dipicu karena hukum ekonomi, yakni apabila permintaan meningkat sedangkan stok ketersediaan barang terbatas, akan terjadi kenaikan harga. Guna mencegah kenaikan harga, ia mengimbau masyarakat membeli kebutuhan pokok tidak secara berlebihan.

"Kami akan terus melakukan monitoring harga di sejumlah pedagang," ucap dia.

4. Cabai merah dan keriting tembus Rp65 ribu per kilogram

Harga Jengkol di Depok Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram Jelang LebaranPedagang cabai di Pasar Cisalak memperlihatkan cabai rawit merah yang mengalami kenaikan. (IDNTimes/Dicky)

Di lokasi berbeda, kenaikan harga pokok untuk jenis cabai terpantau mengalami kenaikan di Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya. Kepala UPT Pasar Agung Biher Purba mengatakan, selain harga daging sapi, kebutuhan lainnya seperti cabai juga mengalami hal yang sama. Dari pengecekannya di lapangan, jenis cabai yang mengalami kenaikan yakni cabai merah biasa atau besar dan cabai merah keriting.

"Kenaikan harga cabai per kilogramnya mencapai Rp5 ribu hingga Rp10 ribu," kata dia.

Biher menjelaskan, cabai merah biasa sebelumnya Rp55 ribu per kilogram kini menjadi Rp65 ribu per kilogram. Untuk cabai merah keriting sebelumnya Rp60 ribu per kilogram kini menjadi Rp65 ribu per kilogram.

Namun terjadi penurunan harga untuk bawang putih cutting dan tomat. Bawah putih cutting sebelumnya pedagang menjual Rp35 ribu per kilogram, kini menjadi Rp32 ribu per kilogram.

"Sedangkan tomat juga turun dari Rp15 ribu kini menjadi Rp12 ribu atau turun Rp3 ribu," pungkas Biher.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Banyuwangi Naik

Topic:

  • Rochmanudin
  • Dicky

Berita Terkini Lainnya