Comscore Tracker

Inflasi Meksiko Juli Tembus 8,15 Persen, Subsidi Warga Dicabut

Meksiko cabut kebijakan subsidi bagi warganya

Jakarta, IDN Times - Inflasi Meksiko meningkat signfikan pada Juli 2022 dengan indeks harga konsumen yang mencapai angka 8,15 persen. Untuk itu, Bank Sentral Meksiko diproyeksikan akan menaikkan suku bunga utamanya sebesar 75 basis poin pada pekan ini.

Lembaga statistik nasional Meksiko menyatakan pada basis bulanan, inflasi melambat menjadi 0,74 persen dari 0,84 persen di bulan Juli, dibandingkan estimasi dari sejumlah ekonom yakni sebesar 0,73 persen.

Baca Juga: Investor Tunggu Data Inflasi AS, Rupiah Ditutup Menguat

1. Bank Sentral Meksiko total lakukan sembilan kali kenaikan suku bunga

Inflasi Meksiko Juli Tembus 8,15 Persen, Subsidi Warga DicabutIlustrasi Suku Bunga (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, inflasi inti Meksiko selain dihitung dari bahan bakar minyak adalah 7,65 persen. Angka tersebut di atas estimasi sejumlah analis yakni sebesar 7,61 persen. Inflasi terus melonjak meskipun sembilan kenaikan suku bunga berturut-turut oleh bank sentral berjumlah 375 basis poin sejak Juni tahun lalu telah dilakukan.

"Angka-angka (inflasi) itu terus mengkhawatirkan. Inflasi terus meningkat meskipun ada gerakan yang dilakukan oleh Banco de México sejak Juni tahun lalu," kata Janneth Quiroz Zamora, wakil presiden di Monex Casa de Bolsa, seperti dikutip dari Al Jazeera, pada Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Lagi-lagi, Jurnalis Meksiko Ditembak Mati di Tempat Hiburan Malam

2. Bank Sentral Meksiko diproyeksikan kembali naikkan suku bunga 75 bp esok hari

Inflasi Meksiko Juli Tembus 8,15 Persen, Subsidi Warga Dicabutunsplash.com/Jorge Aguilar

Kenaikan suku bunga 75 basis poin yang telah dilakukan Bank Sentral Meksiko bulan lalu adalah peningkatan terbesar sejak bank mulai menaikkan suku bunga utamanya pada 2008 silam. Gubernur Bank Sentral Meksiko, Victoria Rodriguez, mengatakan pihaknya berniat untuk terus menaikkan suku bunga acuan dan akan mengevaluasi langkah ke depan jika inflasi tak kian surut.

“Banxico khawatir tentang inflasi inti yang besar. Kami memperkirakan kenaikan 75 basis poin pada Kamis besok dengan risiko kenaikan 100 basis poin," kata Carlos Capistran, Kepala Ekonomi Bank of America di wilayah Meksiko dan Kanada.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Reserve Bank of India Kerek Suku Bunga Jadi 5,4 Persen

3. Meksiko kurangi pengeluaran untuk subsidi bahan bakar bulan lalu

Inflasi Meksiko Juli Tembus 8,15 Persen, Subsidi Warga DicabutPexels.com/skitterphoto

Pemerintah Meksiko menyatakan telah memangkas 2,6 poin persentase dari tingkat inflasi utama dengan menghabiskan dana sekitar 28 miliar dolar AS pada langkah-langkah untuk menekan harga tahun ini, termasuk subsidi bahan bakar dan kerja sama harga dengan produsen makanan.

Meksiko mulai mengurangi pengeluaran untuk subsidi bahan bakar bulan lalu karena harga bensin AS turun lebih dari 30 persen dari puncaknya di bulan Juni.

Menurut jajak pendapat Citinamex yang diterbitkan minggu lalu, para ekonom melihat inflasi Meksiko di akhir tahun mencapai 7,74 persen atau naik dari perkiraan sebelumnya yakni 7,68 persen dengan suku bunga utama di 9,5 persen. 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya