Comscore Tracker

Paxel Dulang Berkah saat Ramadan, Angka Pengiriman Meroket

Paxel mencatatkan kenaikan pada tiga platform pengiriman

Jakarta, IDN Times - Selama Ramadan, Paxel mencatatkan kenaikan pada tiga platform pengiriman yang cukup signifikan. PaxelBig meningkat hampir 5 kali lipat dibanding tahun lalu. Sementara, untuk service next day mengalami kenaikan 16,9 persen. Disusul PaxelInstant yang juga kian bertambah lebih dari 2 kali lipat.

Co-founder Paxel, Zaldy, mengatakan pelonggaran pembatasan kegiatan dari peraturan pemerintah menghidupkan kembali mobilitas masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, pertumbuhan ekonomi kian meningkat. Paxel melalui Ramadan Insight 2022 melihat adanya kenaikan ekonomi dari perilaku pengiriman kebutuhan rumah tangga selama bulan Ramadan 2022.

"Dilihat dari banyaknya layanan pengiriman, PaxelBig pada Ramadan tahun ini ternyata menarik perhatian untuk mengantarkan frozen food (38 persen), household and homewares (10 persen) dan fashion and apparel (9 persen). Layanan pengiriman berikutnya yang juga sangat diminati selama Ramadan ialah PaxelInstant senilai 148,7 persen serta PaxelMarket 70,1 persen," kata Zaldy, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Paxel dan Kemenparekraf Beri Penghargaan 13 UMKM Kuliner

1. Terjadi pergeseran perilaku konsumen

Paxel Dulang Berkah saat Ramadan, Angka Pengiriman MeroketDok.IDN Times/Istimewa

Dikatakan Zaldy, terdapat pergeseran perilaku konsumsi masyarakat yang beralih dari kebutuhan pokok ke kebutuhan sekunder bahkan tersier. Paxel juga mencatat setidaknya dibandingkan Ramadan 2021 ada kenaikan di kebutuhan sekunder maupun tersier senilai 85,7 persen.

"Kebutuhan yang dimaksudkan yakni item perhiasan atau logam mulia dan 33,5 persen merupakan item elektronik yang menjadi salah satu jenis barang paling banyak dikirim di masa ramadan satu bulan terakhir," ujarnya.

2. layanan PaxelMarket dorong pemulihan ekonomi daerah

Paxel Dulang Berkah saat Ramadan, Angka Pengiriman Meroket

Sementara itu, layanan PaxelMarket juga mendorong pemulihan ekonomi daerah. Dilihat dari banyaknya UMKM yang melakukan pengiriman menuju kota besar seperti misalnya Jabodetabek sebagai top destinasi pengiriman di Paxel selama ramadan.

"Hal ini menunjukkan kebiasaan baru perilaku konsumsi serta kepercayaan masyarakat terhadap layanan Paxel dalam keamanan dan kehigienisan pengiriman makanan dengan fasilitas cold-chain," ucapnya.

3. Peningkatan konsumsi masyarakat sebesar 113,1 persen

Paxel Dulang Berkah saat Ramadan, Angka Pengiriman MeroketDok.IDN Times

Seiring dengan pertumbuhan Paxel selama bulan Ramadan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dikutip dari Bank Indonesia juga mengatakan adanya peningkatan konsumsi masyarakat sebesar 113,1 persen pada bulan April 2022.

Oleh karena itu, Paxel siap menyambut dan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi dengan melakukan ekspansi ke 30 daerah lainnya, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Sorong. Perluasan jangkauan Paxel turut diiringi infrastruktur yang semakin kuat.

“Pertambahan Paxel di beberapa area di tahun 2022, diharapkan dapat membantu peningkatan ekonomi daerah dan UMKM daerah untuk melebarkan jangkauannya,” kata Zaldy.

4. Paxel adalah perusahaan logistik berbasis teknologi

Baca Juga: Survei Paxel: 52 Persen UKM Banting Stir di Tengah Pandemik COVID-19 

Paxel Dulang Berkah saat Ramadan, Angka Pengiriman MeroketIDN Times/Indiana Malia

Sebagai informasi, Paxel adalah perusahaan logistik berbasis teknologi yang juga menyediakan layanan ekosistem digital. Paxel didirikan akhir tahun 2017 untuk untuk menjawab tantangan pengiriman cepat, aman dan terjangkau di Indonesia. Paxel menjadikan inovasi dan kepedulian sosial sebagai landasan dalam melahirkan layanannya, yang meliputi pengiriman sameday dalam kota dan antarkota, PaxelBox – smart locker untuk titip dan kirim barang, PaxelMarket – platform jajanan khas daerah, PaxelBig – untuk pengiriman berat sampai 20kg, dan PaxelRecycle – jemput dan kelola sampah ecommerce.

Paxel memiliki misi untuk membantu mendigitalkan UMKM di seluruh Indonesia melalui pemasaran PaxelMarket, pengiriman sehari sampai, dan Jaminan Makanan Aman. Melalui jangkauan kirimnya, saat ini Paxel telah membantu lebih dari 2000 UMKM mengembangkan pasarnya di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, hingga Sulawesi. Sampai Mei 2022, Paxel diperkuat oleh ribuan Happiness Hero (kurir) yang telah melayani lebih dari 1.700.000 user di Indonesia dan mengirimkan lebih dari 8.500.000 paket dengan tingkat ketepatan waktu di atas 98 persen.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya