Comscore Tracker

Sun Life Indonesia Tingkatkan Inklusi Keuangan lewat Program 3R

Angka pengangguran selama pandemik lebih dari 900 ribu orang

Jakarta, IDN Times - Terciptanya peluang usaha khususnya di tengah situasi yang penuh tantangan akibat pandemi menjadi perhatian tersendiri bagi Sun Life Indonesia. Oleh karena itu, sejumlah program dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terkena imbas pandemi. 

Chief Sharia Business Sun Life Indonesia, Norman Nugraha, mengatakan pihaknya memahami pandemi selama lebih dari 2 tahun ini telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan jutaan orang di Indonesia. Salah satunya ialah generasi produktif yang kehilangan sumber pendapatan akibat pemutusan hubungan kerja atau kerugian usaha.

"Kami ingin memaksimalkan peran kami dengan menghadirkan rangkaian program 3R yakni program tenaga pemasar asuransi rekrutmen (recruit), mengaktifkan kembali status keanggotaan bagi tenaga pemasar yang berstatus rehat (reactivate). Kami mengajak masyarakat yang terdampak untuk bergabung sebagai tenaga pemasar asuransi dan melihat kesempatan ini sebagai peluang usaha,” kata Norman pada Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Angka Pengangguran di Kota Bandung Capai 11,46 Persen

1. Angka pengangguran sejak awal pandemik lebih dari 960 ribu

Sun Life Indonesia Tingkatkan Inklusi Keuangan lewat Program 3Rilustrasi. Para karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada 2019. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2022, jumlah pengangguran yang kehilangan pekerjaan karena Covid-19 sejak Februari 2020 sebanyak lebih dari 960 ribu orang dan hampir 90 persen diantaranya berasal dari kelompok usia produktif, yakni 15-44 tahun.

Berangkat dari fakta tersebut, Sun Life Indonesia menginisiasi program kepada yang masyarakat yang terdampak oleh pandemi COVID-19 untuk bergabung dan berbisnis bersama Sun Life Indonesia sebagai tenaga pemasar di bidang asuransi dan memiliki sumber pendapatan tambahan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup.

"Kami tidak hanya untuk mengedukasi lebih dalam mengenai pentingnya literasi dan inklusi keuangan serta solusi perlindungan yang dihadirkan oleh Sun Life Indonesia," ujarnya.

2. Program Sun Life Indonesia diharapkan berdampak positif

Sun Life Indonesia Tingkatkan Inklusi Keuangan lewat Program 3RIlustrasi karyawan (ANTARA FOTO)

Rangkaian program 3R oleh Sun Life Indonesia pertama kali diresmikan di Singaraja dan Denpasar, Bali pada 11-14 Juli 2022 yang lalu dan berhasil menarik perhatian masyarakat Bali. Program tersebut juga akan segera diadakan di kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Solo, Malang, Pekanbaru, Makassar, Palembang, Medan, Samosir, Manado, dan Sumbawa secara bertahap.

Norman menambahkan, berbisnis sebagai tenaga pemasar asuransi di Sun Life Indonesia merupakan peluang usaha yang patut dipertimbangkan karena tidak membutuhkan modal besar dan minim risiko, serta berkelanjutan karena bisnisnya dapat diwariskan ke generasi berikutnya secara turun temurun.

"Selain itu, tenaga pemasar memiliki waktu kerja yang fleksibel dan berkesempatan memiliki jumlah pendapatan yang tidak terbatas. Kami berharap rangkaian program ini juga dapat menjangkau dan menginspirasi ribuan orang untuk bergabung dengan aliansi asuransi Sun Life Indonesia," katanya.

Baca Juga: 4 Tips Mudah Mempelajari Polis Asuransi

3. Sun Life Indonesia serap ribuan tenaga kerja

Sun Life Indonesia Tingkatkan Inklusi Keuangan lewat Program 3RIDN Times/Wayan Antara

Sebagai informasi, Sun Life Indonesia saat ini memiliki ribuan tenaga pemasar profesional dan puluhan Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) secara nasional. Hingga 31 Maret 2022, jumlah tenaga pemasar yang tergabung di Sun Life Indonesia sebanyak 8.035 tenaga pemasar yang terdiri dari 6.037 tenaga pemasar konvensional dan 1.998 tenaga pemasar syariah.

Sementara itu, terdapat sebanyak 98 KPM Sun Life yang tersebar di seluruh Indonesia dan terbagi dari 70 KPM Konvensional dan 28 KPM Syariah.

"Kami berharap melalui kesuksesan program ini, Sun Life Indonesia dapat menjadi mitra terpercaya bagi jutaan keluarga Indonesia untuk mencapai kemapanan finansial serta menjalani hidup yang lebih sehat,” ucap Norman.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya