Comscore Tracker

Diganjar Hadiah Rp2 Miliar, Urban+ Jadi Pemenang Desain Ibu Kota Baru

Diumumkan PUPR

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan pemenang sayembara gagasan desain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (23/12). Nagara Rimba Nusantara yang didesain Urban+ menjadi pemenang utama.

Pengumuman pemenang ini disaksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Ada lima desain yang telah dipilih oleh Dewan Juri. Dari kelima tersebut, ada dua juara harapan dan tiga juara utama. Siapa saja pemenangnya?

1. Nama-nama pemenang desain gagasan IKN

Diganjar Hadiah Rp2 Miliar, Urban+ Jadi Pemenang Desain Ibu Kota BaruMiniatur desain ibu kota negara baru yang berhasil terpilih. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dewan Juri mengumumkan lima pemenang desain IKN, yaitu Harapan II adalah Benua Rakyat Nusantara, Harapan I adalah Zamrud Khatulistiwa, Juara III adalah Kota Seribu Galur, Juara II adalah The Infinite City, dan Juara I adalah Nagara Rimba Nusantara.

Basuki mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah ikut dalam sayembara ini.

"Hari ini saya bahagia, senang tapi terharu. Di ruangan ini kita membuat sejarah Indonesia karena kita akan mulai dengan pekerjaan yang besar, memindahkan ibu kota negara," ujarnya.

"Sekarang yang ada di ruangan ini 5 besar. Saya bangga kepada yang sudah berperan serta, aktif dalam gagasan desain ibu kota baru kita. Ini baru awal sejarah yang kita buat," tambahnya.

Basuki turut mengapresiasi seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi dalam sayembara ini. Totalnya ada 755 peserta yang mengikuti kompetisi. Dirinya memohon maaf kepada peserta yang tidak terpilih.

"Mohon maaf apabila ada yang 'lho kok itu yang dipilih, bukan saya. Sekali lagi mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang memuaskan dan menyenangkan tapi keputusan juri tidak bisa diganggu gugat," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Beberkan Alasan Buat Sayembara untuk Desain Ibu Kota Baru

2. Pemenang ungkap konsep desain IKN

Diganjar Hadiah Rp2 Miliar, Urban+ Jadi Pemenang Desain Ibu Kota BaruMiniatur desain ibu kota negara baru yang berhasil terpilih. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sementara itu, perwakilan pemenang juara I, Sibarani Sofian tak bisa menyembunyikan perasaan bahagianya. Dia senang kerja sama timnya hanya dalam waktu satu bulan bisa membuahkan hasil.

Selain itu, Sibarani menyebut bahwa konsep desain IKN yang dibuat timnya terinspirasi dengan identitas nusa dan bangsa Indonesia.

"Perasaan yang luar biasa. Kita kerja keras menciptakan rancangan selama 1 bulan. Kami terinspirasi dengan identitas nusa dan bangsa kita dan rimba yang kita miliki. Oleh karena itu kita memilih konsep rimba dan nusa," ungkapnya.

3. Pemenang sayembara desain IKN diganjar hadiah Rp2 miliar

Diganjar Hadiah Rp2 Miliar, Urban+ Jadi Pemenang Desain Ibu Kota BaruMiniatur desain pemenang sayembara ibu kota negara baru. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dalam sayembara desain IKN ini ditetapkan 3 pemenang utama dan 2 juara harapan, yang akan mendapatkan hadiah uang tunai serta piagam penghargaan dengan total nilai Rp5 miliar.

Pemenang I akan diganjar hadiah sebesar Rp2 miliar, Pemenang II Rp1,25 miliar, dan pemenang III Rp1 miliar. Sementara itu, Harapan I bakal memperoleh hadiah Rp500 juta, dan Harapan II Rp250 juta.

Konsep dari para pemenang sayembara tingkat nasional akan menjadi bagian dari kerangka acuan untuk sayembara taraf internasional pada 1 Januari-31 Maret 2020. Hasilnya akan dilakukan pengayaan rancangan kota hasil sayembara nasional oleh ahli internasional.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sudah Seleksi 257 Desain Ibu Kota Baru Indonesia

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya