Comscore Tracker

Facebook Dikabarkan Mau PHK Karyawan, Meta Buka Suara

Meta alami penurunan pendapatan sejak go public

Jakarta, IDN Times - Induk perusahaan Facebook, Meta, tengah berupaya untuk memangkas beban perusahaan setidaknya 10 persen akibat harga saham yang terus mengalami penurunan. 

Meta bahkan dikabarkan telah memberlakukan "daftar 30 hari" yang mengharuskan karyawan untuk mencari pekerjaan baru. Kebijakan ini sebelumnya sudah diberlakukan Meta untuk karyawan berkinerja rendah.

Baca Juga: Alexei Navalny Sebut Putin Diuntungkan dengan Kebijakan Google-Meta

1. Meta alami penurunan pendapatan sejak go public

Facebook Dikabarkan Mau PHK Karyawan, Meta Buka SuaraLogo perusahaan Meta Platforms (Unsplash.com/Dima Solomin)

Dikutip dari Fortune, Sabtu (24/9/2022), Meta baru-baru ini melaporkan penurunan pendapatan pertamanya sejak go public satu dekade lalu, mendorong CEO Mark Zuckerberg untuk memperingatkan bahwa tim di dalam perusahaan "akan menyusut" dan bahwa ia berharap perusahaan akan segera menyelesaikan lebih banyak (pekerjaan) dengan sumber daya yang lebih sedikit.

Saham Meta telah kehilangan hampir 60 persen dari nilainya sejak awal tahun di tengah aksi jual teknologi yang luas, pendapatan yang mengecewakan, dan skeptisisme atas investasi raksasa teknologi senilai 10 miliar dolar AS di metaverse. 

Baca Juga: Facebook Uji Fitur Community Chats, Mirip Discord?

2. Juru bicara Meta enggan berbicara banyak soal ancaman PHK

Facebook Dikabarkan Mau PHK Karyawan, Meta Buka SuaraIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Juru bicara Meta Tracy Clayton menolak berkomentar banyak soal ancaman PHK di perusahaannya. Ia menyebut kebijakan itu sebenarnya membantu Meta untuk mempertahankan karyawan berbakat.

"Kami telah mengumumkan kepada publik tentang perlunya adanya pergeseran tim untuk memenuhi tantangan," kata Clayton, dikutip dari New York Post

3. Kekayaan Mark Zuckerberg turun

Facebook Dikabarkan Mau PHK Karyawan, Meta Buka SuaraMark Zuckerberg di tahun 2017 membicarakan rencana Facebook 10 tahun ke depan. (Facebook.com/Mark Zuckerberg)

Menurut data Forbes real time billionaires, Zuckerberg kini menduduki peringkat ke 22 dalam daftar orang terkaya di dunia.

Kekayaannya saat ini 1,6 miliar dolar AS atau setara Rp774 triliun (kurs Rp15 ribu per dolar AS).

Kekayaan bersih Zuckerberg anjlok hingga 71 miliar dolar AS dan tersisa 55 miliar dolar AS. Ini terjadi karena Meta mengalami perubahan yang kompleks dalam persiapannya menuju metaverse.

Baca Juga: Jokowi Beberkan Pesan Mark Zuckerberg saat Main Ping Pong Bareng

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya