Comscore Tracker

Jatuh Bangun Ajik Krisna Bali Bangkitkan Bisnis di Tengah Pandemik

Begini cara Ajik pulihkan Krisna Oleh-oleh Bali

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 membuat bisnis pemilik Krisna Oleh-oleh Bali, I Gusti Ngurah Anom terpuruk. Selama tiga bulan awal masuknya wabah tersebut ke Indonesia, pria yang akrab disapa Ajik Krisna itu, mengaku sempat merasa galau menantikan kapan pandemik usai.

"Pas pandemik itu bulan Maret. Begitu itu pas banget Nyepi. Setelah Nyepi kita tutup dan Bali tutup total. Saya sempat kaget, sedih juga, musibah apa yang kita alami. Bukan hanya Indonesia tapi seluruh dunia. Betul-betul saya stres, galau apakah akan lama," kata Ajik dalam webinar virtual yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (2/12/2020).

"Saya pikir bulan depan akan selelsai ternyata sampai sekarang belum selesai. Bulan tiga sampai lima, masih merenung, sedih, cemas, ya nano-nanolah (perasaan)," tambah dia.

1. Ajik enggan sedih berkepanjangan dan mulai bertani

Jatuh Bangun Ajik Krisna Bali Bangkitkan Bisnis di Tengah PandemikIlustrasi padi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Ajik enggan terus terpuruk meratapi kondisi tersebut. Dia sadar bahwa pandemik COVID-19 bukan untuk disesali. Hingga akhirnya pada akhir Mei 2020, dia mulai mencari cara untuk bangkit dan bertahan hidup.

"Saya harus bangkit bagaimana caranya saya, mau tidak mau kembali ke pertanian. Saya ada lahan di Bali Utara sekitar 23 hektare. Kita sama tim mulai berkebun menanam kacang, pisang, nanas dan lain lain. Tujuannya paling tidak mengisi hari kosong dan kegalauan," ungkap Ajik.

2. Tidak gentar meski sempat kena bully

Jatuh Bangun Ajik Krisna Bali Bangkitkan Bisnis di Tengah PandemikKrisna, Oleh-oleh Khas Bali (Website/krisnabali.co.id)

Anom pun mengakui bila keputusannya tersebut tidak mendapat apresiasi beberapa orang-orang yang dia kenal. Namun demikian, dia enggan ambil pusing dengan bully-an tersebut.

"Saya sempat di-bully masa 'seorang Ajik Krisna bertani'. Tapi memang perjalanan saya dari nol, dari keluarga petani. Saya memang berasal dari orang yang miskin," tutur dia.

3. Keputusan Ajik untuk bertani justru membuahkan hasil

Jatuh Bangun Ajik Krisna Bali Bangkitkan Bisnis di Tengah PandemikKrisna, Oleh-oleh Khas Bali (Website/krisnabali.co.id)

Seiring berjalannya waktu, keputusan Anom untuk bertani saat bisnisnya tengah lesu ternyata mampu membuahkan hasil. Hasil perkebunannya mampu diolah menjadi produk camilan yang dijual kembali di toko oleh-olehnya. Dia menyadari potensi produk camilan khas Bali karena itu merupakan yang paling diburu untuk dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

"Setelah berkebun, panen kacang. Pandemik membawa berkah. Jadi banyak produk saya buat. Pertama produksi kacang kapri, pie susu Ajik yang sekarang reseller banyak. Kemudian bakpia Ajik, dan lain-lain," imbuhnya.

4. Bisa mempekerjakan karyawan kembali

Jatuh Bangun Ajik Krisna Bali Bangkitkan Bisnis di Tengah PandemikInstagram.com/krisnaoleholehbali

Ajik bercerita bahwa strategi bisnisnya itu berhasil mengembalikan keadaan hampir seperti semula. Pada periode awal pandemik menghantam, dia terpaksa harus merumahkan 2000 karyawannya atau 80 persen dari total karyawan Krisna yang sebanyak 2500 orang. Namun demikian, seiring mulai pulihnya kondisi ekonomi, 60 persen karyawannya mulai kembali dipekerjakan.

"Kalau Krisna Juli awal sudah buka, bahkan sampai saat ini keuntungan pariwisata sudah hampir 30-40 persen," ucap dia. Sementara omzet menurutnya sudah menyentuh angka 60 persen. 

5. Para pelaku usaha di Indonesia bersabarlah

Jatuh Bangun Ajik Krisna Bali Bangkitkan Bisnis di Tengah PandemikIlustrasi (IDN Times/Imam Rosidin)

Meski kini masih tertatih-tatih, Ajik optimistis sektor pariwisata di Indonesia akan kembali pulih di 2021 sehingga, seluruh pelaku usaha di sektor pariwisata bisa ikut bangkit.

Ajik pun berpesan kepada semua pelaku usaha maupun masyarakat yang saat ini sedang terdampak pandemik COVID-19 untuk bisa bangkit. Dia yakin akan selalu ada sedikit cahaya di tengah lorong yang gelap.

"Buat temen-temen semuanya kita harus bangkit. Berkah buat saya di masa pandemik ini buat saya dan keluarga membuat inovasi produk," ujar Ajik Krisna.

Baca Juga: Sempat Pangkas 80 Persen Karyawan, Krisna Oleh-oleh Bali Mulai Bangkit

Topic:

  • Anata Siregar
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya