Comscore Tracker

Menuju Akhir Tahun, Penyaluran Pembiayaan PNM Capai Rp160 Triliun

PNM sinergi dengan UMKM dorong pemulihan ekonomi masyarakat

Jakarta, IDN Times - Grup BUMN pembiayaan ultra mikro, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp160,6 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,3 juta nasabah per 29 November 2022.

Angka ini naik dibanding penyaluran pembiayaan pada 31 Oktober 2022 lalu sebesar Rp156,7 triliun.

Baca Juga: Jokowi Sebut 2 Sektor Pemulihan Ekonomi Global, Apa Saja?

1. Target nasabah PNM hampir tercapai

Menuju Akhir Tahun, Penyaluran Pembiayaan PNM Capai Rp160 TriliunPNM melakukan pendampingan berupa perkenalan produk dan penjualan produk usaha nasabah PNM ULaMM dan Mekaar melalui event Mandalika Experience EXPO 2022. (Dok. PNM)

Sebelumnya, Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Arief Mulyadi menargetkan sebanyak 13,5 juta nasabah aktif pada akhir 2022. Target tersebut seiring dengan optimalisasi pemberdayaan usaha mikro dan ultra mikro.

"Target nasabah hingga akhir 2022 itu minimal 13,5 juta nasabah aktif," kata Arief.

Hingga saat ini, jumlah nasabah PNM telah mencapai 13,3 juta. Dengan tersisa 1 bulan menuju akhir 2022, target tersebut sangat mungkin tercapai atau terlampaui.

Baca Juga: Jokowi Minta 3 Hal Ini Dijaga untuk Waspadai Perekonomian 2023

2. PNM sinergi dengan UMKM pulihkan ekonomi masyarakat

Menuju Akhir Tahun, Penyaluran Pembiayaan PNM Capai Rp160 TriliunIlustrasi belanja (IDN Times/Sunariyah)

Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar Jambore Kewirausahaan Sosial yang dilaksanakan pada 24-26 November 2022 di Lapangan Denggung, Sleman, Kamis (24/11/2022) lalu.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menyampaikan acara ini bertujuan untuk memajukan usaha mikro dan usaha kecil sehingga sangat penting diikuti para pelaku UMKM.

“Acara itu menyediakan peluang yang sangat bagus bagi para pelaku usaha mikro untuk memasarkan, mengembangkan pasar dan mengembangkan jejaring,” ucap Danang.

3. Kerja sama pemerintah, swasta dan UMKM bakal dorong pemulihan ekonomi masyarakat

Menuju Akhir Tahun, Penyaluran Pembiayaan PNM Capai Rp160 TriliunIlustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Danang menyampaikan, kerja sama antara pemerintah dan dukungan sektor swasta dalam mendorong pemasaran UMKM dapat mendorong pemulihan ekonomi yang sempat terdampak pandemik COVID-19.

"Penyelenggaraan Jambore Kewirausahaan ini merupakan media yang tepat untuk memudahkan kolaborasi dan sinergitas antara pelaku usaha UMKM, pelaku pasar, dan pemerintah guna menguatkan kembali peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi nasional," ucap dia.

Sementara itu, Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, mengapresiasi pencapaian UMKM nasabah PNM. Dia turut menyampaikan terima kasih atas dukungan stakeholders yang terlibat diantaranya BUMN, PNM, OJK serta jajaran dari sektor swasta lainnya.

Baca Juga: Jokowi Bilang Rakyat Maluku Utara Paling Bahagia, Ini Alasannya

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya