Comscore Tracker

Siap-siap, Ada Sayembara Istana Presiden dan Gedung DPR Ibu Kota Baru

Belum ada kepastian kapal bakal dilaksanakan

Jakarta, IDN Times - Sayembara gagasan desain kawasan Ibu Kota Negara telah dilakukan. Para pemenangnya juga telah diumumkan oleh Kementerian PUPR.  Selanjutnya, pemerintah berencana untuk kembali menggelar sayembara. Kali ini untuk menentukan desain bangunan pemerintahan.

"Setelah ini pasti akan ada sayembara-sayembara gedung," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (23/12). 

1. Gedung Istana Kepresidenan hingga DPR bakal disayembarakan

Siap-siap, Ada Sayembara Istana Presiden dan Gedung DPR Ibu Kota BaruIDN Times/Sunariyah

Basuki mengungkapkan, gedung-gedung seperti Istana Kepresidenan hingga gedung-gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hingga Mahkamah Agung bakal disayembarakan. Hal itu dilakukan agar tujuan dari pembangunan IKN bisa terwujud. 

Sayangnya, tidak dikonfirmasi lebih lanjut kapan sayembara kedua tersebut bakal direalisasikan. 

"Istana (kepresidenan) kayak apa, gedung DPR-MPR kayak apa, MA kayak apa, Kejaksaan Agung itu pasti kita harus perlu kita sayembarakan sehingga dapat yang terbaik sesuai dengan kriteria yang kita sampaikan," tuturnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bocorkan Konsep Desain Ibu Kota Baru Indonesia 

2. Basuki ungkap alasan pemerintah sayembarakan desain gedung pemerintahan

Siap-siap, Ada Sayembara Istana Presiden dan Gedung DPR Ibu Kota BaruMenteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama perwakilan pemenang melihat miniatur desain IKN. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Basuki mengatakan, sayembara membuat pemerintahan bisa menjadi lebih efisien. Menurut dia, sayembara membuat pemerintah punya lebih banyak pilihan dan masukkan. 

"Kita dengan sayembara (gagasan desain) saja sudah dapat 5 desain (pilihan) yang terbaik untuk ibu kota kita. Desain kan pasti imajinasi orang pasti beda-beda," tegasnya.

3. Pemenang gagasan desain ibu kota negara

Siap-siap, Ada Sayembara Istana Presiden dan Gedung DPR Ibu Kota BaruMenteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan selamat kepada para pemenang desain IKN. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sebagai informasi, ada lima desain pilihan IKN. Dari lima itu, ditetapkan tiga pemenang utama dan dua juara harapan, yang akan mendapatkan hadiah uang tunai serta piagam penghargaan dengan total nilai Rp5 miliar.

Pemenang I diganjar hadiah sebesar Rp2 miliar, Pemenang II Rp1,25 miliar, dan pemenang III Rp1 miliar. Sementara itu, Harapan I bakal memperoleh hadiah Rp500 juta, dan Harapan II Rp250 juta.

Adapun daftar pemenang yang diumumkan oleh Dewan Juri, yaitu Harapan II adalah Benua Rakyat Nusantara, Harapan I adalah Zamrud Khatulistiwa, Juara III adalah Kota Seribu Galur, Juara II adalah The Infinite City, dan Juara I adalah Nagara Rimba Nusantara.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Diganjar Hadiah Rp2 Miliar, Urban+ Jadi Pemenang Desain Ibu Kota Baru

Topic:

  • Anata Siregar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya