Comscore Tracker

Sudah Turun 4 Kali, BI Diprediksi Bakal Tahan Suku Bunga Acuan

Diprediksi bakal ditahan hingga akhir tahun

Jakarta, IDN Times - Bank Indonesia (BI) diprediksi bakal menahan suku bunga acuan (7 Days Repo Rate/7DDR) bulan November di angka 5 persen. Hal itu dilakukan lantaran Bank Sentral tersebut telah menurunkan suku bunga hingga empat kali.

"Saya perkirakan BI besok akan menahan suku bunga. karena sudah empat kali turun lho," kata Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah di Jakarta, Rabu (20/11).

1. Sudah waktunya BI menahan suku bunga agar dampaknya bisa berjalan

Sudah Turun 4 Kali, BI Diprediksi Bakal Tahan Suku Bunga AcuanIDN Times/Hana Adi Perdana

Menurt Piter, BI sebaiknya menahan suku bunga acuan agar dampak penurunanya bisa berjalan. Jika terus diturunkan maupun dinaikkan, malah membuat dampak dari kebijakan suku bunga tidak bisa terimplementasi.

"Sekarang ini kan apa yang sudah di turunkan, kebijakan pelonggaran belum berdampak besar terhadap likuiditas di sektor keuangan, suku bunga masih tunggu. Saya kira Bank Indonesia harus menahan dulu," jelas Piter.

Baca Juga: Tok, Bank Indonesia Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan!

2. Core perkirakan suku bunga bakal ditahan hingga akhir tahun

Sudah Turun 4 Kali, BI Diprediksi Bakal Tahan Suku Bunga AcuanDirektur Riset Center Of Reform on Economics (CORE) Pieter Abdullah. IDN Times/Hana Adi Perdana

Piter juga memproyeksikan suku bunga acuan bakal ditahan BI hingga akhir tahun. Sehingga, nantinya kebijakan penurunan suku bunga yang sudah dilakukan sebanyak empat kali bisa terimplementasi dengan baik.

Sebab, penurunan suku bunga acuan ini tidak berdampak instan terhadap penurunan suku bunga kredit. Umumnya, kata dia, terdapat jeda waktu antara penurunan suku bunga acuan dan penurunan suku bunga kredit.

"Kalau menurut saya sampai akhir tahun masih ditahan," tuturnya.

3. Penurunan suku bunga sudah dilakukan empat kali sebanyak 100 bps

Sudah Turun 4 Kali, BI Diprediksi Bakal Tahan Suku Bunga AcuanANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Adapun penurunan suku bunga BI sepanjang tahun hingga saat ini telah terjadi berturut-turut sebanyak empat kali yaitu 18 Juli 2019 menjadi 5,75 persen, 22 Agustus 2019 menjadi 5,50 persen, 19 September 2019 menjadi 5,25 persen dan 24 Oktober 2019 menjadi 5 persen.

Baca Juga: Ekonom Prediksi BI Tahan Suku Bunga Acuan hingga Akhir Tahun 

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You