Comscore Tracker

Tingkatkan Perdagangan, Lion Parcel Gandeng Line Clear Express

Dukung ekonomi digital hingga ke Malaysia

Jakarta, IDN Times - Lion Parcel menggandeng perusahaan logistik asal Malaysia, Line Clear Express dalam pengiriman barang dari dan ke Negeri Jiran. Kerja sama ini juga merupakan komitmen kedua perusahaan dalam peningkatan perdagangan dan bilateral antara Indonesia dan Malaysia, sekaligus mendongkrak ekonomi digital di masing-masing negara.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan di Lion Air Tower Rabu (11/9), oleh Direktur Utama Lion Parcel Farian Kirana, CEO line clear express Wong Eng Su, CEO Padimall Hajjah Ainum yang difasilitasi oleh State Goverment of Selangor.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan perjanjian kerja sama dengan Padimall terkait pendirian sistem mikro logistik UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di daerah, menggunakan rantai pasokan digital.

Baca Juga: Lion Air Penuhi Janjinya Turunkan Tarif Tiket Pesawat

1. Permudah UKM lakukan pengiriman barang hingga ke internasional

Tingkatkan Perdagangan, Lion Parcel Gandeng Line Clear ExpressDok.IDN Times/Istimewa

Farian mengatakan, perjanjian kemitraan ini membuka peluang potensi pengiriman produk UKM, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan pengiriman retail, hingga ke internasional. Kerja sama ini juga bakal mengurangi peran pihak penengah yang bisa berimbas pada biaya logistik yang semakin mahal.

"Lion Parcel dan Line Clear Express memberikan akses pengiriman secara door to door, mulai dari penjemputan di pintu pengirim suatu Desa sampai kepada pengantaran ke penerima di Desa tujuan," ujarnya di Jakarta, Rabu (11/9).

Selain dengan Line Clear Express, Lion Parcel juga menggandeng Padimall. Perusahaan tersebut merupakan e-commerce yang mendukung produk-produk dari UMKM, desainer lokal, produsen dan pedagang Muslim.  

"Padimall akan bergabung sebagai Point of Sales dari Lion Parcel di setidaknya 12 wilayah Indonesia," katanya.

2. Tingkatkan perekonomian di pedesaan

Tingkatkan Perdagangan, Lion Parcel Gandeng Line Clear ExpressDok.IDN Times/Istimewa

Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Wilayah Kemendesa Conrad Hendrarto mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian di daerah pedesaan dan meningkatkan pendapatan dari pada UKM. Dengan demikian, upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di pedesaan juga bisa ikut terbantu.

"Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi saat ini juga tengah berusaha untuk meningkatkan system logistik untuk memperlancar jalur distribusi produk, salah satunya meningkatkan pemanfaatan jalur Tol Laut melalui jalur kapal perintis, bekerja sama dengan PT PELNI," ungkapnya.

3. Targetkan pengiriman 10 ribu ton sepanjang 2019

Tingkatkan Perdagangan, Lion Parcel Gandeng Line Clear Expresshttps://paketlionparcel.com/

Farian mengungkapkan, dengan kerja sama ini diharapkan target Lion Air untuk meningkatkan penerimaan kargo bisa tercapai. Sepanjang 2019 ini, kata dia, Lion Parcel menargetkan penerimaan kargo sebanyak 10 ribu ton, baik itu dari dalam negeri maupun internasional.

"Dari awal tahun kita masih dari awal tahun kita masih harapkan pertumbuhan (kargo) lima kali lipat. Sejauh ini kita dari tahun 2019 awal sampai pertengahan ini sudah mencapai 3 kali lipat masih ada kali 4 kali lima ini nya belum selesai. Ini kita akan kejar di Q4 ini. Kita target bisa sampai ke 10 juta kg perbulan dalam bulan pertama," ungkapnya.

Baca Juga: Kolaborasi Bukalapak dan Paxel, Barang Sampai di Hari yang Sama

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You