Comscore Tracker

Cita-cita Dirut Angkasa Pura II Ingin Jadi Kepala Dinas Kebersihan

Ketika takdir membawamu ke jabatan yang lebih tinggi

Jakarta, IDN Times – “Rezeki sudah diatur.” kurang lebih begitu kata-kata yang sering kali kita dengar jika sedang ngobrol dengan teman atau kerabat kita. Kita tidak akan pernah mengetahui seseorang akan menjadi apa kelak.

Sama seperti Direktur Utama di PT Angkasa Pura II (PT AP II) Muhammad Awaluddin. Di balik kisah suksesnya hingga berada di posisi seperti ini, siapa sangka kalau pria kelahiran 15 Januari 1968 ini justru bercita-cita menjadi kepala dinas kebersihan?

“Saya itu kalau tanya dulu dulu ya kepingin ya jadi kepala dinas kebersihan,” kata Awaluddin kepada IDN Times dalam program Suara Millennials.

Kok bisa bercita-cita mau jadi kepala dinas kebersihan? Ini dia pengakuan Awaluddin.

1. Suka gemes kalau lihat ada yang kotor

Cita-cita Dirut Angkasa Pura II Ingin Jadi Kepala Dinas KebersihanIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Awaluddin mengungkapkan alasan kenapa ia mau menjadi kepala dinas kebersihan adalah karena dirinya tidak suka melihat yang kotor. Sambil mengernyitkan dahi, ia heran dengan orang yang tidak bisa menjaga kebersihan.

“Karena kadang-kadang suka apa ya suka gemes lihat kalau di suatu tempat, di suatu kota itu kok susah banget  gitu menjaga kebersihan gitu. Padahal kebersihan itu berangkat dari sebuah kepedulian,” ujarnya.

2. Susahnya mendidik orang untuk peduli terhadap lingkungan

Cita-cita Dirut Angkasa Pura II Ingin Jadi Kepala Dinas Kebersihanunsplash.com/rawpixel

Awaluddin mengakui sulit untuk mendidik orang untuk peduli dan menjaga kebersihan. Perlu peran pimpinan agar orang mau peduli terhadap kebersihan.

“Tapi memang mungkin mendidik orang itu untuk peduli, untuk  berperilaku sesuai yang benar dalam rangka  menjalankan kebersihan itu itu mungkin tugas  pimpinan juga. Makanya pimpinan di suatu daerah kelihatan ya concern-nya pemimpin, kalau dia memang perhatikan  suatu topik seperti masalah kebersihan misalnya,” jelasnya.

Baca Juga: 3 Konsep Free Angkasa Pura II, Bandara Nyaman Kayak Rumah 

3. Sambil jadi Dirut AP II, sambil jadi kepala dinas kebersihan

Cita-cita Dirut Angkasa Pura II Ingin Jadi Kepala Dinas KebersihanIDN Times/ Helmi Shemi

Meski sudah mejabat sebagai Direktur Utama AP II, Awaluddin mengaku masih bisa ‘berperan’ menjadi kepala dinas kebersihan di bandara. Caranya? Ia kerap menegur bawahannya yang tidak peduli dengan kebersihan bandara.

“Karena saya bilang semua bandara di Angkasa Pura 2 'awas lo ya kalau toilet masalah'. Ah kan itu representasi Kepala Dinas Kebersihan,” katanya terkekeh.

4. Lama bertugas di Telkom sampai menjadi Dirut

Cita-cita Dirut Angkasa Pura II Ingin Jadi Kepala Dinas KebersihanDok. Angkasa Pura II

Awaluddin sebelumnya adalah Direktur Utama PT Infomedia Nusantara sejak 2010 hingga 2012 sebelum menjabat sebagai Direktur Enterprise & Business Service di PT Telkom Indonesia Tbk dari 2012 hingga 2016.

Melalui Surat Keputusan Menteri BUMN selaku Pemegang Saham PT AP II Nomor: SK-227/MBU/09/2016 tanggal 9 September 2016, ia kemudian ditunjuk Direktur Utama di PT Angkasa Pura II.

Meski sempat pindah ke PT Infomedia Nusantara, Awaluddin banyak mengawali karir di Telkom. Mulai dari Vice President Public & Marketing Communication pada 2005 hingga 2007, kemudian diangkat menjadi Executive General Manager Divisi Akses, Executive General Manager Divisi Regional 1 Sumatera hingga 2010.

Ia menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Sriwijaya (1990), Master of Business Administration dari European University Antwerp Belgium (1998), dan S3 Doktor Ilmu Manajemen dari Universitas Padjadjaran (2016).

Baca Juga: Di balik Kisah Dirut AP II yang ‘Menyamar’ Menjadi Helper

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Anata Siregar

Just For You