Comscore Tracker

Laris Manis, Bambang Brodjonegoro Juga Jabat Komisaris Astra

Bambang juga komisaris di Bukalapak dan Telkom

Jakarta, IDN Times - Eks Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro resmi menjabat sebagai komisaris independen di PT Astra International Tbk (ASII). Penetapan Bambang didasarkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar BIasa (RUPSLB) yang digelar Kamis (17/6/2021) pagi.

"Betul, (menjabat) komisaris independen," kata Bambang ketika dihubungi IDN Times, Kamis (17/6/2021).

1. Bambang tidak melanggar aturan meski menjabat tiga posisi komisaris

Laris Manis, Bambang Brodjonegoro Juga Jabat Komisaris AstraMenteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang PS Brodjonegoro dalam evaluasi hasil klasterisasi perguruan tinggi di Gedung BPPT II Pada Selasa (19/11) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Bambang mengatakan bahwa pengangkatan dirinya sebagai komisaris independen di Astra tidak melanggar aturan meski sudah menempat tiga posisi komisaris di perusahaan lain.

"Sudah sesuai dengan POJK (Peraturan Otoritas Jasa Keuangan) untuk batasan komisaris perusahaan Tbk," ujarnya.

Baca Juga: Lepas Menristek, Bambang Brodjonegoro Jadi Komisaris Utama Bukalapak

2. Sudah terbiasa multi-tasking

Laris Manis, Bambang Brodjonegoro Juga Jabat Komisaris AstraIDN Times/Uni Lubis

Menteri Keuangan Indonesia ke-29 ini yakin dirinya mampu melaksanakan amanah dengan menjabat 3 posisi komisaris di perusahaan berbeda. Menurutnya, sebagai mantan menteri, ia sudah terbiasa mengerjakan banyak hal.

"Saya sudah biasa multi-tasking sewaktu jadi menteri, mengerjakan banyak hal dalam waktu yang sama. Jadwal saya sudah pasti cukup padat," ungkapnya.

3. Bambang Brodjonegero dan tiga posisi komisarisnya

Laris Manis, Bambang Brodjonegoro Juga Jabat Komisaris AstraIDN Times/Helmi Shemi

Setelah tidak menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro, menjadi Komisaris Utama Bukalapak. Hal itu berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bukalapak yang dihadiri oleh jajaran direksi dan pemegang saham, Jumat, 30 April 2021.

Berselang 28 hari kemudian atau pada 28 Mei 2021, Bambang menjabat sebagai Komisaris Independen dan Utama Telkom menggantikan Rhenald Kasali berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Kini pada 17 Juni ia juga menjabat sebagai komisaris independen di PT Astra International Tbk (ASII).

Baca Juga: Tak Lagi Jadi Menristek, Bambang Brodjonegoro: Balik ke Kampus

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya