Comscore Tracker

Mulai 1 Juni, Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Himbara Kena Biaya

Cek saldo dipotong Rp2.500 per transaksi

Jakarta, IDN Times - Cek saldo dan tarik tunai di ATM Himbara/LINK atau ATM Merah Putih akan dikenakan biaya pada 1 Juni 2021 mendatang. Kebijakan ini berlaku bagi kamu yang termasuk nasabah Bank Himbara seperti BNI, Mandiri dan BTN.

"Perubahan biaya tersebut merupakan kesepakatan bank milik negara (Himbara)," kata Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto dalam keterangannya, seperti dikutip Jumat (21/5/2021).

Baca Juga: Kenali 8 Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional Ini

1. Tarik tunai dipotong Rp5 ribu

Mulai 1 Juni, Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Himbara Kena Biayailustrasi kartu kredit dan debit (IDN Times/Mela Hapsari)

Aestika mengatakan biaya yang diberlakukan pada transaksi Cek Saldo menjadi Rp2.500 dan tarik tunai menjadi Rp5 ribu. Perubahan tersebut terhitung mulai 1 Juni 2021 dan berlaku sampai dengan adanya perubahan di kemudian hari.

"Selain bertransaksi di ATM Himbara (BNI, Mandiri, BTN) atau ATM Link, nasabah BRI juga tetap dapat dapat bertransaksi melalui 16.558 mesin ATM BRI dan 5.707 mesin CRM BRI yang tersebar di seluruh Indonesia tanpa ada perubahan biaya," katanya.

Baca Juga: 5 Tipe Nasabah Bank Saat Mengambil Uang di ATM, Lelet dan Asal Pencet!

2. Transfer ke bank selain bank Himbara kena biaya transfer juga

Mulai 1 Juni, Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Himbara Kena BiayaIlustrasi ATM BCA (Dok. BCA)

Melansir laman Bank Mandiri, bagi kamu yang bertransaksi di ATM bank lain selain ATM Bank Himbara atau ATM dengan tampilan ATM LINK, akan dikenakan biaya transaksi yang saat ini berlaku. Untuk Cek Saldo di ATM lain akan dikenakan biaya Rp4 ribu, tarik tunai Rp7.500 dan transfer Rp6.500.

Sementara untuk transfer antar bank Himbara dikenakan biaya Rp4 ribu.

3. Menuju masyarakat cashless?

Mulai 1 Juni, Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Himbara Kena BiayaIlustrasi Cashless (IDN Times/Arief Rahmat)

Aestika mengatakan untuk transaksi yang lebih mudah dan aman, BRI mengimbau nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital.

"Selain dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo," katanya.

Baca Juga: Awas! Ini 5 Kerugian Cashless yang Wajib Kamu Waspadai

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya