Comscore Tracker

Pendiri Adobe Meninggal di Usia 81 Tahun 

Charles Geschke dikenal karena menemukan Adobe PostScript

Jakarta, IDN Times - Salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak utama Adobe Inc, Charles “Chuck” Geschke meninggal pada usia 81 tahun. Chuck juga dikenal dalam pengembangan teknologi Portable Document Format, atau PDF.

“Ini adalah kehilangan besar bagi seluruh komunitas Adobe dan industri teknologi, yang telah menjadi pemandu dan pahlawan selama beberapa dekade,” tulis CEO Adobe Shantanu Narayen dalam email kepada karyawan perusahaan dilansir dari Business Standard, Minggu (18/4/2021).

Baca Juga: Pendiri Freeport Jim Bob Moffett Meninggal Dunia Akibat COVID-19

1. Bos Adobe kenang banyak peran besar Chuck

Pendiri Adobe Meninggal di Usia 81 Tahun Facebook.com/Adobe Photoshop

Banyak jasa besar Chuck bagi Adobe, misalnya Adobe PostScript. Postscript menjelma menjadi sistem penerbitan desktop (DTP) pertama, yang memungkinkan pengguna untuk membuat dokumen di komputer pribadi dan mencetaknya saat muncul di layar.

"Chuck dan John Warnock mengembangkan perangkat lunak inovatif yang telah merevolusi cara orang membuat dan berkomunikasi,” kata Narayen.

Tidak hanya PostScript, Narayan menyebut Chuck selalu memberikan semangat tanpa henti untuk inovasi di perusahaan yang kemudian menghasilkan beberapa perangkat lunak yang paling transformatif penemuan, termasuk PDF, Acrobat, Illustrator, Premiere Pro, dan Photoshop.

Baca Juga: Kisah Reed Hastings, Pendiri Netflix yang Tidak Ingin Jadi CEO

2. Perjalanan karir Chuck

Pendiri Adobe Meninggal di Usia 81 Tahun fossbytes.com

Chuck mulai bekerja di Pusat Penelitian Palo Alto (PARC) Xerox pada Oktober 1972. Proyek pertamanya adalah membangun komputer mainframe. Setelah itu, ia mengerjakan bahasa pemrograman dan mengembangkan alat yang digunakan untuk membangun workstation Xerox Star.

Pada 1978, Geschke memulai Laboratorium Ilmu Pencitraan di PARC, dan melakukan penelitian di bidang grafik, optik, dan pemrosesan gambar. Dia mengajak John Warnock, dan bersama-sama mereka mengembangkan Interpress, bahasa deskripsi halaman (PDL) yang dapat menggambarkan bentuk serumit tipografi.

Meski akhirnya tidak dapat meyakinkan manajemen Xerox tentang nilai komersial Interpress, keduanya meninggalkan Xerox untuk memulai perusahaan mereka sendiri yakni Adobe.

3. Awal pendirian dan perjalanan Chuck bersama Adobe

Pendiri Adobe Meninggal di Usia 81 Tahun Adobe Illustrator Draw. play.google.com

Chuck dan Warnock mendirikan Adobe di garasi Warnock pada 1982 dan menamai perusahaan tersebut dengan nama Adobe Creek.

Dari Desember 1986 hingga Juli 1994 Chuck menjabat Chief Operating Officer (COO) Adobe, dan dari April 1989 hingga April 2000 dia menjadi presiden perusahaan.
Chuck kemudian pensiun sebagai presiden Adobe pada tahun 2000, tidak lama sebelum mitranya Warnock menjabat sebagai CEO. Chuck juga menjabat sebagai Co-Chairman of the Board of Adobe dari September 1997 hingga 2017.

Kegigihannya bersama Warnock membuat Adobe muncul dalam Forbes 400 Best Big Companies pada tahun 2009 dan menduduki peringkat 1.069 dalam daftar Forbes Global 2000 pada tahun 2010.

Baca Juga: Pengusaha Adiguna Sutowo, Mertua Dian Sastro Meninggal Dunia

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya