Comscore Tracker

Ramadan Tiba, Ini 5 Bisnis yang Bisa Bikin Kamu Cuan

Ramadan berkah, ramadan cuan, yuk bisa yuk!

Jakarta, IDN Times - Tidak terasa kita sudah memasuki bulan puasa atau Ramadan di tahun ini. Meski pandemik COVID-19 belum berakhir, tapi kini pemerintah sudah memberikan kelonggaran untuk kita beraktivitas demi memulihkan perekonomian. Tentunya tetap harus menjaga jarak dan memakai masker agar rantai penyebaran COVID-19 terus menurun.

Momen bulan puasa ini juga bisa kita manfaatkan untuk meraup cuan loh. Berikut ini adalah 5 bisnis yang kamu bisa jalankan di bulan Ramadan.

Baca Juga: 7 Jasa Seni Unik yang Bisa Jadi Inspirasi Bisnis selama Ramadan

1. Bisnis kuliner

Ramadan Tiba, Ini 5 Bisnis yang Bisa Bikin Kamu CuanNasi goreng kinowa menu sehat untuk diet di katering Noii's Diet (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski kita cuma makan dua kali selama bulan puasa, tapi bisnis makanan tidak pernah lesu loh. Banyak orang mencari makanan untuk berbuka alias iftar. Belum lagi makanan untuk sahur.

Kamu bisa saja menjual katering untuk berbuka atau sahur. Misalnya dengan menyiapkan menu selama seminggu atau sebulan puasa yang berbeda tiap harinya.

Begitu juga untuk bisnis minuman. Kamu bisa saja membuat aneka minuman olahan dari buah seperti susu kurma misalnya.

2. Bisnis pakaian hingga perlengkapan solat

Ramadan Tiba, Ini 5 Bisnis yang Bisa Bikin Kamu CuanBerbagai sumber

Bisnis pakaian juga tidak kalah cuan karena tiap orang ingin tampil sebaik mungkin. Kamu bisa menjual kerudung atau hijab yang dimodifikasi misalnya. Atau bisa juga menjual perlengkapan solat yang dimodifikasi, misalnya sajadah atau peci dengan nama pelanggan atau tulisan lain yang bisa dipesan.

Terlebih dengan pemerintah yang memastikan THR tahun ini harus dibayar penuh dan tepat waktu, bisnis pakaian bisa semakin menjadi jelang Idul Fitri.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan Puasa

3. Buat konten spesial Ramadan menarik juga loh

Ramadan Tiba, Ini 5 Bisnis yang Bisa Bikin Kamu CuanIDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Buat kamu yang jago desain atau punya ide ide kreatif, bisa kok membuat tulisan, video ucapan, video profil dan lain-lain seputar Ramadan dan puasa.

Kamu bisa menawarkan ini dalam bentuk puisi, kartu ucapan, dan video singkat 1 menit di Instagram atau TikTok. Asah kreativitas sekalian dapat uang tambahan nih.

4. Jualan parsel yang isinya antimainstrean

Ramadan Tiba, Ini 5 Bisnis yang Bisa Bikin Kamu CuanPetugas BBPOM dalam sidak di sejumlah toko parsel di Jalan Bulukunyi Makassar, Senin (16/12). IDN Times/Sahrul Ramadan

Kalau kebanyakan penjual parsel menjual dengan isi makanan kering atau berisi kebutuhan pokok, kamu bisa loh memodifikasi isi parsel biar antimainstream.

Kamu bisa saja menjual parsel dengan isi kerajinan tangan, buku-buku yang menarik dibaca, mainan, aksesoris, bahkan hingga uang asli yang dibentuk sedemikian rupa.

5. Jasa bersih-bersih dan renovasi rumah

Ramadan Tiba, Ini 5 Bisnis yang Bisa Bikin Kamu CuanIlustrasi rumah milenial. Dok. Citragrand Semarang.

Semua orang ingin rumahnya bersih dan direnovasi menjadi lebih cantik di bulan puasa untuk menyambut Idul Fitri. Nah ini bisa jadi kesempatan kamu menawarkan jasa bersih-bersih hingga renovasi rumah.

Meski terdengar melelahkan, apalagi dengan energi yang terbatas di bulan puasa, bisnis ini gak bisa dilihat sebelah mata dan punya potensi cuan yang besar loh.

Itu dia 5 ide bisnis yang bisa kamu jalankan di bulan puasa ini. Mana yang paling menarik buatmu?

Baca Juga: 5 Langkah Memulai Investasi Saham Syariah  

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya