Comscore Tracker

Rupiah Kandas oleh Dolar AS Tapi Menguat ke Beberapa Mata Uang Dunia

Rupiah melemah 85 poin menjadi 14.155 per dolar AS

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (19/11/2020) ini, ditutup melemah 85 poin menjadi 14.155 per dolar AS.

Meski rupiah kandas oleh dolar AS, tapi menguat terhadap beberapa mata uang lain seperti dolar Australia, yuan Tiongkok, pound Inggris, won Korea, dolar Singapura, dan baht Thailand.

Baca Juga: Rupiah Dibuka Perkasa tapi Melempem di Penutupan, Ada Apa?

1. Kasus COVID-19 di Eropa dan Brexit yang memperkuat dolar AS

Rupiah Kandas oleh Dolar AS Tapi Menguat ke Beberapa Mata Uang DuniaANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, melemahnya rupiah sore ini disebabkan karena menguatnya sentimen positif terhadap dolar AS. Pertama, melonjaknya kasus COVID-19 yang membuat negara di Eropa melakukan lockdown dan mempengaruhi ekonomi.

"Menurut data Universitas Johns Hopkins, Eropa juga mengalami peningkatan kasus yang tidak terlihat sejak gelombang pertama, yang menyebabkan penguncian skala besar pada aktivitas publik, dan karenanya aktivitas ekonomi sangat melemah," kata Ibrahim dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Kedua adalah Brexit di mana Inggris dan Uni Eropa dinilai kehabisan waktu untuk mencapai kesepakatan perdagangan, sebelum masa transisi untuk Inggris Raya meninggalkan blok ekonomi akan berakhir pada 1 Januari 2021.

"Pembicaraan tampaknya masih menemui jalan buntu terkait berbagai masalah," ujar Ibrahim.

Sementara faktor internal pendorong dolar AS adalah investor yang akan melihat data klaim pengangguran yang akan dirilis hari ini, yang diharapkan akan menentukan langkah Fed selanjutnya.

2. Data rupiah terhadap mata uang negara lain

Rupiah Kandas oleh Dolar AS Tapi Menguat ke Beberapa Mata Uang DuniaIlustrasi Dollar dan Rupiah (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Selain dolar AS, rupiah juga tertekan oleh euro menjadi Rp16.721, dolar Hong Kong menjadi Rp1.823 dan yen Jepang menjadi Rp136.

  • Rupiah menguat 3 poin menjadi Rp2.146 terhadap yuan Tiongkok
  • Rupiah menguat 23 poin menjadi Rp18.685 terhadap pound Inggris
  • Rupiah menguat 13 poin menjadi Rp10.501 terhadap dolar Singapura
  • Rupiah menguat 0,1 poin menjadi Rp12,65 terhadap won Korea
  • Rupiah menguat 0,6 poin menjadi Rp464,5 terhadap baht Thailand

3. Rupiah sempat ngejreng di pagi hari

Rupiah Kandas oleh Dolar AS Tapi Menguat ke Beberapa Mata Uang DuniaPedagang menunjukkan pecahan uang rupiah kuno di Pasar Baru, Jakarta, Jumat (30/10/2020) (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Pada Kamis pagi, rupiah sempat dibuka menguat. Berdasarkan data RTI, rupiah menguat 38 poin atau 0,27 persen menjadi Rp14.060 per dolar AS.

Namun pada sesi siang ini, rupiah yang tadinya ngejreng di pagi hari harus turun 40 poin atau 0,28 persen menjadi Rp14.139 per dolar AS.

Baca Juga: Lima Pahlawan Perempuan yang Pernah Diabadikan dalam Lembaran Rupiah 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya