Comscore Tracker

5 Destinasi Bali Baru Jadi Super Prioritas Pemerintah, Apa saja Sih? 

Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp7,1 triliun

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menetapkan lima kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau kerap disebut destinasi Bali Baru dengan status super prioritas. Untuk menggenjot kelima destinasi wisata super prioritas tersebut, pemerintah akan mengucurkan alokasi anggaran pembangunan infrastruktur Rp 7,1 triliun pada 2020.

Apa saja sih lima kawasan "Bali Baru" itu? Berikut ulasannya:

1. Danau Toba di Sumatera Utara

5 Destinasi Bali Baru Jadi Super Prioritas Pemerintah, Apa saja Sih? Pixabay.com/Daniel Morris

Danau Toba adalah danau alami berukuran besar di Indonesia yang berada di kaldera Gunung Supervulkan. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mil), dan kedalaman 1600 meter (5200 ft). Danau Toba terletak di tengah pulau Sumatera bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter.

Sebagian besar penduduk yang tinggal di sekitar Danau Toba adalah Suku Batak. Rumah tradisional Batak dapat dikenali dari bentuk atapnya (ujungnya melengkung ke atas seperti perahu) dan berwarna cerah. Penduduk sekitar juga banyak menggantungkan hidup dengan mengembangkan perikanan air tawar. 

Baca Juga: Menteri Baru Dikejar Target Wisman, BPS Catat Kunjungan Wisata Turun

2. Borobudur di Magelang, Jawa Tengah

5 Destinasi Bali Baru Jadi Super Prioritas Pemerintah, Apa saja Sih? instagram.com/masmeya &instagram.com/romainlanery

Borobudur adalah sebuah candi Buddha terbesar di dunia yang terletak Magelang, Jawa Tengah. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Dikutip dari Borobudurpark.com, Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran. Jika dilihat dari luar hingga ke dalam terbagi menjadi dua bagian yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

3. Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat

5 Destinasi Bali Baru Jadi Super Prioritas Pemerintah, Apa saja Sih? IDN Times/Sunariyah

Mandalika adalah kawasan wisata seluas 1.035 hektar yang berlokasi di di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sejak tahun 2017, Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharapkan dapat menjadi tempat liburan yang cukup representatif di Lombok karena dilengkapi beberapa hotel dan beragam fasilitas rekreasi. 

Mandalika memiliki 7 spot wisata alam yang memesona wisatawan, yaitu Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Sereting, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Batu Payung, dan Pantai Gerupuk. Di antara ketujuh spot itu, kawasan Pantai Kuta yang paling berpotensi untuk berkembang.

Fasilitasnya lumayan lengkap, apalagi tidak jauh dengan Masjid Agung Nurul Bilad yang baru diresmikan Presiden Jokowi. Tempat inilah yang juga akan dibangun sirkuit jalanan Mandalika untuk MotoGP 2020.

4. Bunaken di Sulawesi Utara

5 Destinasi Bali Baru Jadi Super Prioritas Pemerintah, Apa saja Sih? instagram.com/mahaditta

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado.

Di sekitar Pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini.

Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen. 

Baca Juga: 5 Menteri Rapat Bahas 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas 

5. Bangka Belitung

5 Destinasi Bali Baru Jadi Super Prioritas Pemerintah, Apa saja Sih? instagram.com/ariefmuhammad

Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antaretnis.

Bangka Belitung memiliki keindahan alam yang sangat eksotis dan masuk dalam daftar destinasi liburan terfavorit saat musim liburan tiba. Tempat wisata terfavorit di Bangka Belitung antara lain Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyusuk, Pantai Pasir Padi, Gunung Menumbing, Pulau Ketawai, dan Danau Kaolin. Di antara tempat itu, Pantai Tanjung Tinggi paling terkenal setelah digunakan sebagai tempat syuting Film Laskar Pelangi.

Baca Juga: Menhub Ajak Maskapai Dukung Destinasi Wisata 5 Bali Baru

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You