Comscore Tracker

Jokowi Pamer Pembangunan Infrastruktur di Hadapan 150 Ribu Relawan

Tol Lampung-Palembang diklaim pangkas separuh waktu tempuh

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (26/11/2022).

Di hadapan 150 ribu relawan, Jokowi menyinggung tentang pembangunan infrastruktur untuk bersaing dengan negara lainnya. Jokowi juga menyebut pembangunan infrastrukur ini perlu dilanjutkan ketika ia lengser nanti.

“Dengan infrastruktur itulah rakyat diberi kemudahan membawa prodak-produknya. Petani bisa bawa padi dari desa ke kota, karena ada infrastruktur,” kata Jokowi di GBK.

Baca Juga: Infrastruktur Dasar IKN Nusantara Ditargetkan Rampung Semester I-2023

1. Jokowi singgung jalan becek mau bersaing dengan negara lain

Jokowi Pamer Pembangunan Infrastruktur di Hadapan 150 Ribu RelawanPresiden Joko “Jokowi” Widodo di acara relawan Nusantara Bersatu di GBK, Sabtu (26/11/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jokowi menjelaskan pembangunan infrastruktur yang dilakukannya digencarkan di luar Jawa, dengan proyek jalan tol, jalan kecil di desa hingga jembatan. Hal itu, kata Jokowi, penting dilakukan agar terciptanya ekonomi yang merata.

“Tidak mungkin kita bersaing dengan negara lain kalau jalannya becek. Gak mungkin kita hersaing dengan negara lain kalau kita gapunya airport di provinsi-provinsi,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Sambangi IKN, Sebut Infrastruktur Mulai Dikebut

2. Jokowi targetkan pembangunan Tol Banyuwangi rampung sebelum ia lengser

Jokowi Pamer Pembangunan Infrastruktur di Hadapan 150 Ribu Relawanilustrasi proyek tol. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Salah satu pembangunan tol yang sedang dikebut, kata Jokowi, adalah di daerah Banyuwangi. Ia pun menargetkan sebelum lengser akan rampung.

“Dan kita tahu jalan tol di pulau Jawa sudah sambung menyambung dari barat sampai ke timur. Kurang dikit di Banyuwangi nanti 2023 InsyaAllah dikejar untuk segera di selesaikan,” ujar Jokowi.

“Siapa yang rumahnya di Lampung? Dulu dari Lampung ke Palembang berapa jam?Sekarang berapa jam? Bisa separuhnya. Oleh sebab itu kecepatan logistik, kecepatan mobilitas bisa dipercepat,” imbuhnya.

Baca Juga: Acara Relawan Jokowi di GBK Dirancang Ketua KADIN hingga Raffi Ahmad 

3. Jokowi ingin Indonesia jadi negara maju di 2045

Jokowi Pamer Pembangunan Infrastruktur di Hadapan 150 Ribu RelawanPresiden Jokowi kunjungi IKN pakai jalur laut dari Balikpapan (dok.Sekretariat Presiden)

Oleh sebab itu, ia sebut pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus Indonesia di eranya perlu dilanjutkan. Jokowi menargetkan Indonesia menjadi negara maju di 2045.

“Pembangunan yang kita lakukan, reputasi global yang sudah kita peroleh harus kita lanjutkan. Dilanjutkan dampai 2029 setuju, sampai 2045 dan seterusnya. Kita ingin negara kaya di 2045 menjadi 5 besar ekomomi terkuat di dunia. Kita ingin ekonomi kita bisa mencapai 7 triliun dolar USD di 2045. Artinya kita sudah menjadi negara maju,” kata Jokowi.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya