Comscore Tracker

5 Peluang Bisnis Dekat Kampus, Bisa Jadi Tambang Cuan

Mendulang cuan di sekitar kampus

Kampus tidak hanya sebagai tempat menuntut ilmu bagi para mahasiswa, tetapi juga dapat sebagai tempat mencari nafkah bagi banyak orang. Sebut saja petugas kebersihan, keamanan, para pengajar dan juga petugas administrasi serta masih banyak lagi.

Selain di dalam kampus, lingkungan di sekitar kampus juga merupakan area yang berpotensi besar untuk dijadikan tempat usaha. Berbagai peluang bisnis yang menarik timbul karena adanya keanekaragaman kebutuhan penduduk kampus. Berikut lima peluang bisnis dekat kampus yang bisa kamu kembangkan.

1. Kontrakan rumah atau kos-kosan

5 Peluang Bisnis Dekat Kampus, Bisa Jadi Tambang Cuanilustrasi kamar kos (Pexels.com/ Cottonbro)

Seperti yang telah diketahui bersama, mahasiswa suatu kampus banyak yang berasal dari luar kota bahkan luar provinsi. Hal itu menyebabkan kebutuhan rumah kos cukup besar. Ini tidak hanya berlaku untuk kampus-kampus favorit. Jumlah kampus dan peminat yang tidak berimbang membuat banyak mahasiswa yang berkuliah di kampus-kampus lain yang kurang diminati. Karena itu, peluang bisnis rumah kos tidak hanya bisa dilakukan di sekitar kampus universitas favorit, tetapi juga kampus-kampus lain.

Memiliki rumah kos dekat kampus bisa menjadi sumber penghasilan yang rutin karena hampir selalu ada mahasiswa yang mencari rumah kos. Untuk bisa bersaing dengan banyaknya rumah kos yang ada, kamu perlu membuat strategi agar banyak mahasiswa yang tertarik. Kamu harus bisa menyesuaikan rumah kos kamu dengan jenis konsumen yang menjadi sasaran.

Kamu juga bisa loh berimprovisasi dengan tampilan rumah kos. Berpikirlah out of the box agar bisa menyediakan rumah kos unik yang menarik. Misalnya saja kamu bisa mendesain kamar kos dengan tema ala-ala Korea untuk menarik penggemar KPop ataupun KDrama. Tak harus benda-benda mahal. Kamu hanya perlu meniru ide dekorasinya dan memodifikasinya sesuai anggaran yang ada.

2. Toko alat tulis

5 Peluang Bisnis Dekat Kampus, Bisa Jadi Tambang Cuanilustrasi toko alat tulis (Pexe;ls.com/ Min An)

Walaupun saat ini dikatakan sebagai era digital, tetapi bukan berarti kebutuhan akan alat tulis manual sudah lenyap. Tetap banyak permintaan akan barang-barang kebutuhan tulis menulis ini.

Kamu sebaiknya jeli melihat minat pasar terhadap jenis produk alat tulis atau stationery. Mahasiswa, terutama yang masih semester awal, kebanyakan masih menyukai pernak-pernik stationery yang sedang tren, lucu, atau pun yang berhubungan dengan idola-idola mereka. Sediakan jenis stationery tersebut sebagai daya tarik agar mereka berkunjung ke toko. Dan jika mereka melihat barang-barang di tokomu yang lumayan lengkap dan berkualitas, mereka akan kembali datang untuk membeli. Kalau sudah begitu, sering kali membawa kawan-kawannya, lho.

Lebih bagus lagi jika kamu melengkapinya dengan pelayanan fotokopi. Sampai saat ini masih banyak orang yang membutuhkan mesin fotokopi termasuk mahasiswa dan praktisi kampus lainnya. Walau awalnya tujuan mereka untuk fotokopi dokumen, bisa saja jadi tertarik membeli produk-produk lainnya.

3. Laundry

5 Peluang Bisnis Dekat Kampus, Bisa Jadi Tambang Cuanilustrasi laundry (Pexels.com/ Darya Sannikova)

Mahasiswa dan segala kesibukannya banyak yang memilih untuk menggunakan jasa laundry ketimbang mencuci pakaian kotornya sendiri. Tak dapat dimungkiri, biasanya memang sudah banyak tempat laundry di sekitar kampus. Tetapi jika kamu tertarik dengan usaha ini, selalu ada peluang untuk mencobanya.

Namun tentu saja kamu memerlukan hal beda untuk ditawarkan kepada calon pengguna jasa agar dapat dikenal dan memperoleh konsumen berulang yang bisa menjadi pelanggan setia. Kamu bisa mencoba jenis pasar yang berbeda. Jika di sekitarmu sudah banyak usaha laundry yang perang harga dengan berbagai paket ekonomis, kamu bisa mencoba mengambil pasar premium versi mahasiswa.

Kamu bisa menawarkan jasa antar jemput laundry dan pelayanan cepat dengan tambahan biaya. Kamu harus mengubah mindset bahwa mahasiswa selalu identik dengan penghematan. Kenyataannya tidaklah demikian, cukup banyak mahasiswa dan juga praktisi kampus yang bersedia "membeli waktu" dengan membayar lebih atas jasa yang mereka terima.

Baca Juga: 5 Ide Peluang Bisnis Kerajinan Tangan Kreatif, Sulaplah Menjadi Cuan

4. Warung makan

5 Peluang Bisnis Dekat Kampus, Bisa Jadi Tambang Cuanilustrasi warung (Pexels.com/ Daria Shevtsova)

Jika  kamu adalah penggemar kuliner dan ingin membuka bisnis kuliner namun modal yang kamu miliki belum cukup untuk membuka restoran, kamu bisa membuka warung. Bisnis kuliner yang sangat bergantung pada rasa makanan tentunya memerlukan kejelian memilih menu makanan yang akan disajikan. Kamu bisa membuka warung yang menyediakan sarapan dan makan siang.

Sarapan banyak dibutuhkan karena sering kali orang terburu-buru dan tak sempat memasak pada pagi hari. Makan siang pun demikian, orang-orang yang sibuk akan memilih membeli makanan di warung.

Jika kamu baru mulai membuka warung, lakukan promosi dengan banyak cara. Bisa melalui media sosial dan lain-lain. Kalau perlu, berikan diskon harga pada awal pembukaan. Jaga kualitas makanan agar rasa konsisten dan berikan pelayanan yang ramah.

Untuk membedakan warung makan milikmu dengan warung makan yang lain, lakukan hal khusus yang mudah diingat oleh pelanggan. Bisa berupa tampilan warung yang unik atau pun tagline yang anti mainstream.

5. Toko kelontong

5 Peluang Bisnis Dekat Kampus, Bisa Jadi Tambang Cuanilustrasi toko kelontong (Pexels.com/ Aleksandar Pasaric:)

Walaupun sudah banyak franchise minimarket, kamu tetap bisa membuka toko kelontong. Kamu perlu menyediakan barang dagangan yang variatif agar semakin banyak jenis kebutuhan yang dapat terpenuhi dari toko milikmu. Sesuaikan dengan kebutuhan orang-orang kampus dan sekitarnya agar penjualanmu tinggi.

Mungkin di awal kamu perlu mengeluarkan modal cukup besar untuk mengisi toko. Namun jika toko kamu sudah ramai dan banyak pelanggan, bisa saja kamu bekerja sama dengan distributor produk-produk dalam bentuk konsinyasi. Kamu hanya perlu menyediakan tempat untuk memajang produk dan membayarnya sejumlah produk yang terjual sesuai harga yang disepakati. Selisih harga jual tokomu dan pembayaran ke distributor akan menjadi keuntungan kamu.

Jangan mengambil margin keuntungan yang terlalu tinggi agar pembeli tidak lari. Tambahkan pelayanan lain seperti pelayanan pembayaran tagihan-tagihan, pengisian pulsa dan lain-lain. Untuk mengikat pelanggan, kamu juga bisa membuat sistem membership dengan penawaran-penawaran yang menarik, misalnya diskon untuk nominal pembelanjaan tertentu dan program-program loyalty lainnya.

Itulah lima peluang bisnis dekat kampus yang dapat dikembangkan. Kamu bisa mencoba memilih yang paling cocok untukmu. Kamu juga harus mempersiapkan dengan baik hal-hal yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Jangan lupa untuk menyusun business plan agar usahamu semakin terarah. Pastikan ketersediaan modal dan cara mendapatkannya. Yang tak kalah penting lagi adalah mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan dan kemungkinan untung atau pun ruginya.

Baca Juga: 5 Faktor yang Sebabkan Sebuah Usaha Sulit Berkembang, Awas Rugi!

Dream Praire Photo Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya