Comscore Tracker

Tips Simpel Mengatur Gaji bagi Millennials

Gaji kecil bukan berarti tidak bisa menabung dan investasi

Apakah kamu baru selesai kuliah dan masuk dunia bekerja? Wah senang ya akhirnya bisa mendapat pendapatan setelah selama ini hanya mengandalkan orangtua. 

Orang yang baru memasuki dunia bekerja dan mendapat gaji cenderung boros dan berfoya-foya. Untuk gaji pertama boleh lah, kamu menggunakannya untuk menraktir keluarga dan teman dekat.

Tapi setelah itu, kamu harus sudah memperhitungkan setiap rupiah yang keluar dari dompet. 

Jika tidak, akhir bulan akan menjadi saat penuh penderitaan karena uang sudah habis. Nah, ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti agar tetap bisa menabung, meski dengan gaji yang belum terlalu besar. 

1. Jangan abaikan duit receh

Tips Simpel Mengatur Gaji bagi Millennialspixabay.com

Masih ingatkan dengan pepatah yang mengatakan sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit, ya kita bisa mengutip pepatah itu dengan menabung duit receh sekalipun untuk investasi masa depan, jadi mulai sekarang jangan abaikan duit receh.

2. Jangan abaikan struk belanja

Tips Simpel Mengatur Gaji bagi MillennialsIlustrasi (Pixabay/Alexas_Fotos)

Di zaman yang serba teknologi saat ini, selesai berbelanja dan menyelesaikan transaksi, kasir akan memberikan struk kepada kamu sebagai tanda bukti telah lunas membayar belanjaan yang diperlukan. Dengan adanya struk bisa jadi sumber untuk perbandingan harga, Sebaiknya, jangan terburu-buru untuk membuang struk belanjaan tersebut, sebab struk ini sebenarnya bisa membantu Anda mengecek pengeluaran yang terjadi.

3. Jangan abaikan catatan pengeluaran setiap hari

Tips Simpel Mengatur Gaji bagi MillennialsIlustrasi (Pixabay/Pexels)

Untuk kamu millennials, ternyata penting untuk kamu mencatat pengeluaran kamu setiap hari, dengan seperti ini kamu bisa lebih berhemat. Mulai sekarang anda jangan mengabaikan catatan pengeluaran setiap hari.

Jika bisa mengikuti tiga tips ini dengan disiplin, bukan tidak mungkin, kamu bisa menabung bahkan berinvestasi loh.

Laporan: Masdalena Napitupulu

Baca: 9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya