Comscore Tracker

9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!

Kekinian dong!

Millennials atau anak muda zaman sekarang cenderung suka memulai hal baru. Tantangan menjadi suatu hal yang menarik untuk dilakukan. Salah satunya membangun bisnis dengan merek sendiri. Bukan hanya bisnis toko konvensional saja, tetapi juga merambah dunia digital. Dengan begitu, maka target yang disasar semakin luas dan berasal dari berbagai daerah.

Kalau kamu juga tertarik membangun bisnis semacam ini, coba perhatikan dulu beberapa tips yang telah dirangkum IDN Times berikut ini ya!

1. Memastikan produk apa yang akan dijual

9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!unsplash.com/Simon Migaj

Pastikan produk apa yang ingin kamu jual. Pilihlah yang menarik minatmu. Tak hanya itu, sesuaikan dengan pangsa pasar yang akan kamu tuju. Kamu bisa saja menjual kaos, mug, tumbler, sepatu atau tas. Jangan lupa desain yang menarik ya!

2. Membuat logo bisnis

9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!unsplash.com/Jason Leung

Supaya bisa dikenali dengan mudah, kamu perlu membuat logo yang sesuai dengan karakteristik bisnismu. Pastikan kalau logomu sesuai dengan target pasar. Sebagai contoh, kalau target pasarmu remaja perempuan, maka buatlah logo yang imut, manis dan ceria.

3. Menentukan ciri khas

9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!unsplash.com/chuttersnap

Berikan ciri khas untuk produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan. Ciri khas tersebut akan mempermudah masyarakat mengingat merek bisnismu. Kalau kamu ingin membuat produk yang elegan dan simpel, coba gunakan warna monokrom. Menambah aksen bergaris juga boleh!

4. Membangun kerja sama dengan vendor

9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!pixabay.com/MAKY_OREL

Tentu saja kamu butuh rekan agar bisnismu berjalan dengan lancar. Vendor merupakan rekan bisnis yang bisa kamu andalkan lho! Apalagi kalau kamu baru memulai bisnis. Pilihlah vendor yang bisa diajak bekerja sama dengan baik, visi yang sejalan juga patut dipikirkan. Menjalin hubungan baik dengan vendor tentu akan menguntungkanmu.

5. Menghitung modal dan laba

9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!unsplash.com/Helloquence

Memang agak rumit nih, tapi perhitungan modal dan laba harus sedetail mungkin ya. Hitung modal awal yang kamu miliki untuk membangun bisnis. Hitung pula laba yang akan kamu dapatkan untuk sekali produksi. Setelah itu, tentukan harga yang sesuai untuk setiap produk yang kamu jual. Jangan salah pasang harga ya!

Baca juga: 10 Ide Bisnis untuk Pecinta Kuliner, Gak Harus Buka Kafe atau Resto

6. Mempromosikan di berbagai media

9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!unsplash.com/Andrew Neel

Setelah produkmu jadi, kamu perlu mempromosikannya ke masyarakat luas. Memang butuh biaya besar untuk beriklan, misalnya seperti di televisi, radio, atau media massa. Namun, kamu bisa mulai beriklan dari media sosial, kok. Tak perlu biaya besar dan mencakup banyak orang dari berbagai daerah. Sesuaikan dengan budget-mu ya!

7. Memberi diskon

9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!dreamstime.com

Diskon saat peluncuran produk itu wajib hukumnya. Tujuannya untuk menarik minat masyarakat, mengenal dan membeli produkmu. Misalnya kamu menawarkan diskon 50 persen untuk 30 pembeli pertama. Bakal langsung banyak yang antre tuh!

8. Konsisten beriklan

9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!unsplash.com/William Iven

Meski orderan sudah banyak, kamu jangan terbuai begitu saja. Bisnismu tetap perlu diiklankan agar tetap diingat banyak orang. Tak hanya itu, konsisten beriklan juga bisa mempertemukan dengan calon pembeli baru. Iklanmu juga harus lebih variatif dan kreatif dibanding yang sebelumnya. Dengan begitu, makin banyak orang yang menyerbu bisnismu.

9. Perluas lahan bisnis

9 Rahasia Sukses Merintis Bisnis Sendiri ala Millennials, Coba Yuk!unsplash.com/Prudence Earl

Last but not least, kalau di media online produkmu sudah laris manis, perluaslah lahan bisnismu dengan membuka booth atau toko. Banyak orang yang khawatir dan tidak suka berbelanja online karena risikonya cukup tinggi.

Kalau kamu membuka booth atau toko, maka orang-orang bisa melihat dan menyentuh produkmu secara langsung. Bisa lebih meyakinkan pembeli untuk segera membungkus dan membawa pulang produk yang dia sukai!

Banyak hal yang harus dilalui supaya bisnis merekmu bisa terkenal. Tentunya butuh proses dan waktu yang tidak singkat. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat dan membantu proses berbisnismu ya!

Baca juga: 4 Bisnis Paling Diminati Artis Korea yang Bisa Jadi Inspirasi Kamu

Topic:

  • Yoshi Nathania
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya