Comscore Tracker

5 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Bisnis 

Salah satunya meningkatkan daya saing perusahaan

Jakarta, IDN Times - Sistem informasi manajemen (SIM) adalah sekumpulan komponen yang digabungkan untuk memroses, mengelola, dan menyajikan data atau informasi dengan format yang lebih mudah dibaca. SIM memiliki peranan penting dalam membangun dan mengembangkan perusahaan.

Pengelolaan dan penyajian data yang tersusun sedemikian rupa akan mengoptimalkan kinerja dan performa perusahaan. Akibatnya, perusahaan akan mencapai titik produktivitas tertingginya.

Dilansir dari runsystem, berikut beberapa manfaat penggunaan sistem informasi manajemen bagi perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Sistem Ekonomi Komando: Ciri-Ciri, Kelebihan, dan Kekurangan

1. Pengambilan keputusan yang lebih cepat

5 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Bisnis ilustrasi pengambilan keputusan (pixabay.com/mwitt1337)

Sistem informasi manajemen bisa membantu perusahaan mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Data-data yang tersimpan dan terarsip dengan rapi akan sangat berguna dalam penyusunan analisa dan perencanaan.

Dengan begitu, saat dituntut untuk mengambil keputusan dengan cepat, perusahaan dapat melakukannya dengan baik.

2. Meminimalisir adanya tindak kecurangan dan kebocoran data

5 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Bisnis ilustrasi curang (pexels.com/RODNAE Productions)

Penggunaan sistem informasi manajemen di perusahaan memungkinkan kamu untuk mengelola data secara terbuka, namun tetap terjaga kerahasiaannya.

Terbuka disini maksudnya, bersifat transparansi sehingga data yang diperlukan dapat diakses semua pihak, bahkan hingga riwayat penginputan. Dengan begitu, bila ada data yang salah atau sengaja dibuat salah akan mudah dipantau dan diketahui.

Sementara, maksud dari rahasia, yaitu akses pada data bisa diatur sedemikian rupa sehingga hanya staf yang berkepentingan saja yang bisa masuk dan menggunakan data tersebut. Dengan begini, potensi kebocoran data bisa diminimalisir, dan rahasia perusahaan tetap aman.

Baca Juga: Daftar Negara yang Terapkan Sistem Ekonomi Campuran, Ada Indonesia?

3. Meningkatkan daya saing perusahaan

5 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Bisnis ilustrasi bersaing (unsplash.com/UX Indonesia)

Pengelolaan data yang optimal dengan bantuan sistem informasi manajemen, akan membuat perusahaan bekerja lebih cepat, lebih adaptif, dan lebih responsif dalam keadaan apapun. Hal ini tentu juga akan berdampak pada peningkatan daya saing perusahaan.

Akses data yang mudah dan proses birokrasi yang bisa dipercepat, secara otomatis membuat performa perusahaan meningkat.

4. Proses bisnis semakin cepat dan efisien

5 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Bisnis Ilustrasi berbisnis bersama teman (Shutterstock/imtmphoto)

Bila perusahaan memanfaatkan sistem informasi manajemen dalam pengelolaan data, maka perusahaan bisa memfokuskan strategi bisnisnya. Mulai dari, perencanaan produksi, eksekusinya, distribusi, strategi penjualan, strategi pemasaran, hingga pengembangan perusahaan secara umum.

Hal itu akan berdampak pada kinerja perusahaan yang lebih cepat dan efisien.

5. Penghematan biaya operasional perusahaan

5 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Bisnis pixabay.com

Saat memesan bahan baku atau pengadaan barang, tak jarang perusahaan mengalami kerugian karena data yang dimasukkan double atau berulang.

Persoalan ini dapat diatasi ketika perusahaan menggunakan sistem informasi manajemen. Data-data pembelian bahan baku yang diinput akan diolah dan diidentifikasi bila terdeteksi ganda. Dengan begitu, perusahaan tentu akan terhindar dari biaya operasional yang membengkak.

Baca Juga: 8 Tahapan Proses Pengembangan Produk Baru, Pelajari agar Bisnis Maju!

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya