Comscore Tracker

Mantap! Kopi Kenangan Berhasil Tambah 500 Cabang Baru selama Pandemi

Setiap minggu, ada 26 cabang baru yang dibuka

Jakarta, IDN Times – Siapa sangka kondisi pandemik COVID-19 sejak awal 2020 lalu, ternyata tak menjegal langkah Kopi Kenangan untuk berkembang secara bisnis. Meski banyak coffee shop yang terpaksa memangkas gerai atau bahkan gulung tikar saat pandemik, Kopi Kenangan malah mencatatkan perkembangan luar bisasa.

Tak tanggung-tanggung penambahan cabang gerai Kopi Kenangan justru lebih dari 200 persen selama pandemik berlangsung.

“Perubahan paling besar sejak 2017 adalah pandemi COVID-19. Namun perubahan tersebut justru membawa berkah. Pada saat pandemi malah grow alot bigger,” ujar Co-Founder dan CEO dari Kopi Kenangan, Edward Tirtanata saat menjadi pembicara di Fortune Indonesia Summit 2022 by IDN Media, di Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Dapat Pendanaan Rp1,3 Triliun, Kopi Kenangan Raih Status Unicorn!

1. Terdapat 720 outlet yang telah dibuka

Mantap! Kopi Kenangan Berhasil Tambah 500 Cabang Baru selama Pandemiinstagram/kopikenangan.id

Edward mengakui pembatasan pergerakan masyarakat yang diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia membuat banyak toko dan mal harus ditutup sementara. Bisnis retail adalah salah satu yang paling terdampak pandemik.

Namun, di tengah kondisi tersebut Kopi Kenangan malah berhasil menciptakan berbagai inovasi hingga berhasil bertahan, bahkan berkembang pesat. Sebelum pandemik, Kopi Kenangan hanya memiliki 220 toko. Lalu selama pandemik, Kopi Kenangan berhasil menambah 500 toko baru di berbagai wilayah.

"Setiap minggu, ada 26 toko baru yang dibuka. Sampai sekarang, total ada 720 outlet kopi kenangan yang sudah dibuka," kata Edward dalam sesi dikusi bertema “How to Become a Game Changer” di The Westin.

Edward juga mengatakan bahwa hingga akhir tahun ini, kopi kenangan masih terus berusaha untuk membuka lebih dari 1.100 outlet.

Baca Juga: Bos Kopi Kenangan Ungkap Alasan Rela Digaji Rp1 saat Pandemik COVID-19

2. Mengeluarkan beberapa brand baru saat pandemik

Mantap! Kopi Kenangan Berhasil Tambah 500 Cabang Baru selama PandemiIlustrasi chigo (instagram/kopikenangan.id)

Belum cukup sampai di situ, Kopi Kenangan juga telah melebarkan sayap ke industri fast moving consumer good (FMCG) selama pandemik. Dalam waktu sebulan, mereka telah menjual sekitar 4 juta botol kopi di beberapa minimarket.

Di samping itu, Kopi Kenangan juga meluncurkan beberapa brand baru selama pandemik, yaitu Chigo atau Chicken on The Go yang dalam waktu setengah tahun berhasil membuka 77 outlet. Lalu ada Cerita Roti, Kenangan Heritage, dan Kenangan Manis yang merupakan dessert brand.

“Lalu ada Kopi Kenangan Hanya Untukmu, dalam 2 bulan launching sudah menjadi produk kopi ready to drink (RtD) terbesar nomor tiga in this country. Jadi itu semua berada di bawah naungan Kenangan brands,” jelas Edward.

Baca Juga: Kopi Kenangan Tunjuk Arsjad Rasjid Jadi Komisaris

3. Kesulitan merupakan sebuah peluang

Mantap! Kopi Kenangan Berhasil Tambah 500 Cabang Baru selama PandemiFounder IDN Media, William Utomo (kiri), Presdir Bank Neo Commerce, Tjandra Gunawan (tengah), dan Co-Founder and CEO Kopi Kenangan, Edward Tirtanata (kanan) dalam Fortune Indonesia Summit 2022 by IDN Media di The Westin, Kamis (19/5/2022). (IDN Times/Kamila Sayara Avicena)

Menurut Edward, masa sulit seharusnya bukan menjadi sesuatu yang dapat menjatuhkan sebuah brand. Kesulitan tersebut justru harus menjadi sebuah opportunity atau peluang.

“Dulu saat ke mal di lantai dasar dan lobi gak mungkin dapat (tempat untuk gerai Kopi Kenangan), tapi sekarang lobinya ada tempat semua. Itu kan opportunity yang banyak orang miss," ujarnya.

Ketika pandemik kemarin, hampir semua brand terkena imbasnya. Ada yang memilih untuk tidak berkembang dan justru menutup toko. Padahal sebenarnya, kata Edward, retail bisa melakukan apa yang mereka inginkan.

"Banyak banget yang akhirnya merumahkan pegawai dan juga menutup toko. Kalo kita nggak. Kita justru malah membuka dan membuka terus karena kita percaya bahwa toko yang kita buka ini jadi investasi untuk masa depan,” ucap Edward.

4. Membangun Kenangan Academy

Mantap! Kopi Kenangan Berhasil Tambah 500 Cabang Baru selama PandemiEdward Tirtanata (CEO dan Co-founder Kopi Kenangan) dalam acara Fortune Indonesia Summit 2022 pada Kamis (19/5/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Kopi Kenangan mencoba membuat standard operating procedure (SOP) di mana seseorang yang baru lulus sekolah sudah bisa menjadi barista. “Makanya kita bikin kenangan academy yang dimana di dalam 1 ruko aja mencetak 200 barista setiap bulannya,” tutur Edward.

Calon barista tersebut nantinya akan mendapat pelatihan dan peningkatan skill. Bukan hanya skill membuat produk saja, tapi mereka juga diajarkan tentang quality control (QC) dan quality assurance (QA).

“Pengetahun QA/QC atau food higiene sangat rendah, hampir tidak ada bahkan. Makanya di sekolah tersebut kita mensekolahkan semua orang supaya mereka bisa mempunyai skill food higiene yang baik dan benar. Meskipun kandidat barista tersebut 2 tahun lagi pindah dari kopi kenangan, tapi skill itu akan bisa mereka bawa terus selama mereka masih dalam industri tersebut,” sambungnya.

5. Menerapkan prinsip ‘Serving With Heart'

Mantap! Kopi Kenangan Berhasil Tambah 500 Cabang Baru selama PandemiEdward Tirtanata (CEO dan Co-founder Kopi Kenangan) dalam acara Fortune Indonesia Summit 2022 pada Kamis (19/5/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Prinsip ‘Serving With Heart’ merupakan suatu prinsip yang selalu diterapkan Edward dari keluarganya.

“Karena banyak orang tuh lupa, retail itu for people from people. Ujung-ujungnya customer comes first. Itu sebuah mantra yang banyak dikatakan dalam retail, namun banyak orang yg lupa. Makanya moto Kopi Kenangan adalah serving with heart,” tutur Edward.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya