Comscore Tracker

40+ Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli, Lengkap!

Akuntansi identik dengan pencatatan keuangan

Dalam kegiatan sehari-hari, tak jarang kita mendengar istilah akuntansi. Akuntansi sendiri adalah sebuah istilah dalam dunia bisnis yang berkaitan dengan keuangan.

Akuntansi sendiri memiliki banyak definisi dan pendapat yang berbeda-beda. Ada puluhan pengertian akuntansi menurut para ahli yang bisa menjadi wawasan maupun referensi baru.

IDN Times sudah merangkum 40++ definisi akuntansi dalam artikel ini. Simak sampai selesai ya!

1. Pengertian akuntansi menurut para ahli dari dalam negeri

40+ Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli, Lengkap!pexels.com/Super Kuncheek

1. Suparwoto L (1990)

Akuntansi menurut Suparwoto adalah suatu teknik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan. Hasil yang didapat dari pengelolaan tersebut akan menjadi informasi bagi pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan (investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain). 

2. Soemarsono (2004)

Definisi akuntansi menurut Soemarsono, yaitu sebuah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk dibuat penilaian dan keputusan yang jelas bagi pihak yang menggunakan informasi tersebut.

3. Rudianto

Menurut Rudianto, akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan tentang seluruh aktivitas ekonomi dan kondisi pada sebuah badan usaha.

4. Abu Bakar A. dan Wibowo

Menurut mereka, akuntansi adalah sebuah prosedur pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi. Lebih lanjut, mereka menjelaskan akuntansi adalah sistem informasi yang mengakui dan mencatat transaksi keuangan untuk disajikan dalam laporan keuangan.

5. Dr. M. Gede

Menurut Dr. M. Gede, seorang pakar akuntansi di Indonesia, akuntansi adalah ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan. Pengolahan dan analisis catatan tersebut dilakukan secara terus-menerus berdasarkan aturan dan sistem tertentu, sehingga tersusun sebuah laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan atas kinerjanya.

6. Mulyadi

Menurut Mulyadi, penulis buku akuntansi terkenal di Indonesia, sistem akuntansi merupakan formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

7. S. Munawir

Menurutnya, akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian terkait keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul darinya.

8. Henry Simamora (2005)

Akuntansi merupakan proses pengukuran aktivitas ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengomunikasikan hasilnya kepada pihak yang berkepentingan.

9. Sofyan Harahap

Akuntansi adalah sebagai proses mengidentifikasi, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi dalam hal mempertimbangkan berbagai alternatif dalam mengambil kesimpulan oleh para pemakainya.

10. Zaki Baridwan (2000)

Pengertian akuntansi menurut para ahli selanjutnya dari Zaki Baridwan. Menurutnya, akuntansi adalah suatu kegiatan jasa, fungsinya adalah memberikan data-data kuantitatif, utamanya yang memiliki sifat keuangan, dari usaha ekonomi yang bisa digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memiliki alternatif-alternatif dalam suatu keadaan.

11. Sophar Lumbantoruan

Akuntansi adalah alat yang dipakai sebagai bahasa bisnis. Informasi yang disampaikannya hanya dapat dipahami jika mekanisme akuntansi sudah dimengerti. Akuntansi dirancang sedemikian rupa agar transaksi yang tercatat diolah menjadi informasi yang berguna.

12. Hans Kartikahadi, dkk. (2016:3)

Menurut mereka, akuntansi merupakan sistem informasi keuangan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan untuk berbagai pihak yang berkepentingan.

13. Sugiri dan Riyono (2008:1)

Akuntansi memiliki arti sebagai kegiatan layanan yang fungsinya untuk memberikan informasi kuantitatif, khususnya yang berkaitan dengan keuangan. Informasi tersebut diharapkan dapat menjadi input dalam proses pengambilan keputusan ekonomi dan rasional.

14. Thomas Sumarsan (2013 : 1)

Menurutnya, akuntansi adalah seni mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasikan, hingga mencatat transaksi dan peristiwa yang berkaitan dengan keuangan. Hasil dari proses tersebut adalah laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan.

15. Winwin Yadiati

Menurutnya, akuntansi merupakan sistem informasi yang mengidentifikasi, mencatat, dan mengomunikasikan peristiwa ekonomi suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan.

16. Widjaya Tunggal

Pengertian akuntansi menurtu Widjaya Tunggal adalah bahasa bisnis yang berguna untuk menyediakan informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi ini adalah data yang disajikan dan diperoleh oleh perusahaan yang bersifat finansial dan dinyatakan dalam istilah moneter.

17. Martani (2012:8)

Menurut Martani, akuntansi keuangan berorientasi pada pelaporan pihak eksternal. Keragaman pihak eksternal dengan tujuan spesifik untuk masing-masing pihak membuat pihak penyusun laporan keuangan menggunakan prinsip dan asumsi dalam menyusun laporan keuangan.

18. Sofyan Syafri Harahap

Definisi akuntansi menurut para ahli selanjutnya datang dari Sofyan Harahap. Menurutnya, akuntansi merupakan bahasa atau alat komunikasi bisnis yang bisa memberikan informasi terhadap kondisi keuangan dalam bentuk posisi keuangan, terutama dalam jumlah kekayaan, utang, dan modal dari suatu bisnis dan hasil usahanya pada waktu tertentu.

19. Suwardjono

Menurutnya, akuntansi merupakan seni mencatat, mengklasifikasikan, meringkas transaksi, dan peristiwa, yang efisien secara finansial dan dalam bentuk unit moneter, dan menafsirkan hasil proses.

20. Sudibyo (1987)

Akuntansi adalah teknologi, jadi harus diperlakukan sebagai teknologi. Teknologi dipakai untuk mengontrol variabel alam dan sosial untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

21. Ilham Wahyudin

Menurut Ilham Wahyudin, akuntansi merupakan sistem informasi yang mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan peristiwa ekonomi suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan.

2. Pengertian akuntansi menurut para ahli dari luar negeri

40+ Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli, Lengkap!Ilustrasi belajar akuntansi (pexels.com/AndreaPiacquadio)

1. Paul Grady

Paul Grady mendefinisikan akuntansi sebagai tubuh dari ilmu pengetahuan sekaligus sebagai fungsi organisasi secara sistematis, autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, menganalisisis, serta menginterpretasi semua transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional perusahaan dengan tujuan menyediakan informasi yang dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

2. Donald E. Kieso, dkk (2016)

Menurut Donald E. Kieso, akuntansi terdiri dari 3 macam kegiatan yang mendasar yaitu, pencatatan, identifikasi, serta pengomunikasian kegiatan ekonomi suatu organisasi kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan. Perusahaan mengidentifikasi kegiatan ekonomi sesuai dengan kegiatan usahanya. Kemudian, mencatat semua peristiwa yang terjadi agar bisa menjadi catatan kegiatan keuangan. Pencatatan dilakukan terperinci pada setiap peristiwa. Terakhir, kumpulan informasi tersebut akan dikomunikasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam bentuk laporan akuntansi.

3. Charles Thomas Horngren

Charles Thomas Horngren berpendapat bahwa akuntansi merupakan suatu informasi yang dapat mengukur aktivitas sebuah bisnis, memproses data menjadi laporan, dan kemudian mengomunikasikan hasil akhirnya kepada para pengambil keputusan.

4. Littleton

Menurutnya, akuntansi adalah aktivitas yang bertujuan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Pengertian ini sebenarnya menjadi inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

5. Warren, dkk

Menurut Warren dkk, pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

6. C. West Churman

Menurut C. West Churman, akuntansi bisa diartikan sebagai pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.

7. Arnold

Menurut Arnold, akuntansi merupakan sebuah sistem yang memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

8. Frederick D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Pengertian akuntansi menurut para ahli selanjutnya datang dari dua pakar, yaitu Choi dan Mueller. Menurut mereka, akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi agar memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

9. Kieso

Akuntansi adalah proses pengindentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi keuangan tentang entitas ekonomi kepada pemakai yang berkepentingan.

10. Vernon Kam (1990)

Menurutnya, akuntansi adalah suatu seni pencatatan dari transaksi-transaksi keuangan.

11. Mautz

Mautz berpendapat bahwa akuntansi termasuk ilmu sosial yang lengkap dan ia berargumen bahwa akuntansi sangat terkait dengan perusahaan, yang tentu saja adalah kelompok sosial. Akuntansi berhubungan dengan transaksi dan peristiwa ekonomi lainnya yang memiliki konsekuensi dan berdampak pada hubungan sosial hasil akuntansi.

12. Walter T. Harrison

Menurutnya, akuntansi merupakan suatu informasi yang dapat mengukur aktivitas sebuah bisnis, memproses data menjadi laporan, dan kemudian mengkomunikasikan hasil akhirnya kepada para pengambil keputusan.

3. Pengertian akuntansi menurut lembaga dan pemerintah

40+ Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli, Lengkap!ilustrasi belajar akuntansi (pexels.com/Mikhail Nilov)

1. Financial Accounting Standards Board (FASB)

Menurut FASB sebagai oganisasi yang memiliki fungsi untuk menentukan standar akuntansi keuangan, akuntansi merupakan sebuah kegiatan jasa dengan fungsi menyediakan suatu informasi atau data kuantitatif untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi. 

2. American Institute of Certified Public Accounting (AICPA)

AICPA berpendapat bahwa akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian lainnya yang bersifat keuangan. Seni ini termasuk menafsirkan hasilnya dan meringkas dengan cara tertentu dalam ukuran fiskal, pertukaran dan kesempatan yang pada umumnya bersifat moneter dalam menguraikan hasil. 

3. American Acounting Association (AAA)

Lembaga AAA berpendapat tentang pengertian akuntansi, yaitu sistem pengidentifikasian dan pengukuran untuk memberikan laporan info ekonomi dan penilaiannya.

4. Accounting Principle Board (APB) Statement

APB No. 4 menjelaskan bahwa akuntansi adalah suatu aktivitas jasa yang menyediakan informasi kuantitatif, terutama pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis di antara berbagai tindakan alternatif.

5. Kohler’s Dictionary

Kohler's Dictionary for Accountans merupakan kamus khusus bagi para akuntan. Kamus ini disusun oleh Eric Louis Kohler tahun 1892-1976 yang dipublikasi pertama kali pada tahun 1952. Dalam kamus ini, akuntansi diartikan sebagai suatu seni dalam pencatatan dari proses transaksi keuangan.

6. Keputusan Menteri Keuangan RI (No. 476 KMK. 01 1991)

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia, definisi akuntansi adalah suatu proses pengumpulan, pencatatan, penganalisaan, peringkasan, pengklasifikasian dan pelaporan transaksi keuangan dari suatu kesatuan ekonomi untuk menyediakan informasi keuangan bagi para pemakai laporan yang berguna untuk pengambilan keputusan.

7. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, pengertian akuntansi adalah teori dan praktik, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kebiasaan (kebiasaan), dan semua aktivitasnya; hal-hal yang berkaitan dengan akuntan; seni mencatat dan meringkas transaksi keuangan dan menafsirkan dampak transaksi pada kesatuan ekonomi.

8. Encyclopedia Britannica (1962)

Pengertian akuntansi selanjutnya dari Encyclopedia Britannica, yaitu akuntansi merupakan istilah luas yang menunjukkan teori-teori tertentu, asumsi tentang bagaimana bertindak (perilaku), aturan pengukuran dan prosedur untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi yang berguna tentang kegiatan dan tujuan organisasi.

9. Wikipedia

Menurut Wikipedia Indonesia, akuntansi merupakan proses pengukuran, terjemahan, atau memberikan kepastian tentang informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak, dan pembuat keputusan lainnya. Tujuannya untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Demikianlah 40+ pengertian akuntansi menurut para ahli yang perlu kamu ketahui untuk menambah wawasan dan referensi baru.

Baca Juga: 9 Tahapan Siklus Akuntansi, Ini Penjelasan Lengkapnya

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya