Comscore Tracker

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Statistik menyajikan data yang menunjukkan informasi

Jakarta, IDN Times – Dalam sebuah perusahaan, penyajian data yang akurat sangat dibutuhkan untuk mengetahui kondisi dan perkembangan perusahaan saat itu. Umumnya, perusahaan menggunakan metode perhitungan statistik untuk mendapatkan data tersebut.

Statistik merupakan sebuah data berupa angka-angka yang dikumpulkan, dikelompokkan, serta ditabulasi sehingga menunjukkan informasi atau kesimpulan terkait suatu persoalan. Adapun, pengertian lain dari statistik menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 4 Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya

1. Supranto

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para Ahliilustrasi statistik (Unsplash.com/Lukas Blazek)

Menurut Supranto, statistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara pengumpulan, penyajian, penganalisan data, dan juga pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian menyeluruh yang telah dilakukan.

2. Sudjana

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para Ahliilustrasi statistik pandemi COVID-19. (Pexels.com/Markus Spiske)

Definisi stastik menurut Sudjana, yaitu suatu pengetahuan yang memiliki kaitan dengan teknik-teknik maupun cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisan, penarikan kesimpulan, penyajian data, serta publikasi dari data-data dalam bentuk angka.

Baca Juga: 5 Fungsi Manajemen Pemasaran, Penjelasan Lengkap

3. Croxton dan Cowden

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para AhliIlustrasi data statistik(pexels.com/Oleg Magni)

Keduanya menggambarkan statistik sebagai suatu metode yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan, juga menginterpresentasikan data berbentuk angka. 

4. Anderson & Bancroft

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para Ahliilustrasi statistik (Pexels.com/Lucas)

Mereka menjelaskan bahwa statistik, yaitu ilmu serta seni perkembangan dan juga metode yang paling tepat dan efektif untuk pengumpulan, menabulasikan, serta menginterpretasikan data-data kuantitatif.

Baca Juga: Investasi Masyarakat Bergeser dari Perhiasan ke Emas Batangan 

5. Marguerrite F Hall

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para Ahliilustrasi menganalisis data (unplash.com/Edwin Tan)

Statistik diartikan sebagai suatu teknik yang dipakai dalam pengumpulan data, menganalisis, menyimpulkan, serta mengadakan penafsiran data dalam bentuk angka.

6. Suntoyo Yitnosumarto

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para Ahlipexels.com

Berdasarkan pandangannya, statistik adalah sebuah informasi yang memerlukan metodologi serta cara-cara perhitungan yang mendalam untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul.

7. Kendal dan Stuart

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para Ahliilustrasi analisis kinerja (pexels.com/fauxels)

Mereka menjelaskan bahwa statistik merupakan cabang dari metode ilmiah yang berkaitan dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan mengukur sifat-sifat populasi yang ditemukan.

8. Prof. Dr. Agus Irianto

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para AhliIlustrasi orang sedang menganalisis data (unsplash.com/Myriam Jessier)

Menurutnya, statistik adalah sekumpulan cara yang berhubungan dengan pengumpulan data, analisis data, serta penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan asumsi tertentu.

9. Prof. Drs. Sutrisno Hadi, MA

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para Ahliilustrasi orang menganalisis perencanaan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ia berpendapat bahwa statistik termasuk ke dalam salah satu cara pengolahan data serta menarik sebuah kesimpulan juga keputusan yang logis dari sebuah pengolahan data.

10. Freund & Walpole

Tak Sekadar Angka, Ini 10 Pengertian Statistik Menurut Para Ahliilustrasi menganalisis (pexels.com/Yan Krukov)

Keduanya berpendapat bahwa statistik merupakan salah satu cabang ilmu sains yang digunakan untuk pengambilan suatu keputusan yang belum pasti.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya