Comscore Tracker

Tampil dengan Wajah Baru, Shopee Pilih Lokal Perkuat Dukungan ke UMKM

Beragam fitur baru hadir untuk membantu UMKM lokal

Jakarta, IDN Times - Shopee kembali menghadirkan gebrakan baru sebagai bentuk dukungan bagi UMKM lokal dengan memperbarui logo, tampilan, dan fitur Shopee Pilih Lokal.

Shopee Pilih Lokal yang telah diluncurkan sejak April 2021 lalu, memperkuat komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM dalam membantu pengusaha lokal di 514 kota dan kabupaten di Indonesia untuk bisa maju, berkembang, dan berdaya.

Lewat fitur ini, baik masyarakat maupun penjual dapat terfasilitasi untuk saling bertemu. Pengusaha lokal dapat memasarkan dan mempromosikan produk serta mengikuti program pelatihan, pendampingan, dan ekspor. Di sisi lain, pembeli produk lokal juga akan dimudahkan dalam mencari produk terbaik dengan berbagai penawaran menarik.

“Shopee Pilih Lokal kami perbaharui agar dapat menghadirkan berbagai program serta dukungan yang terintegrasi, termasuk promosi, program pelatihan, pendampingan dan juga ekspor,” ujar Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Selasa (6/8/2022).

Baca Juga: Simak 5 Cara Mendapatkan Uang dari Shopee Affiliates, Buruan Ikutan! 

1. Makna dan filosofi logo baru

Tampil dengan Wajah Baru, Shopee Pilih Lokal Perkuat Dukungan ke UMKM(Dok.Shopee)

Logo Shopee Pilih Lokal merupakan kombinasi simbol gunungan wayang dan simbol hati yang berwarna merah-putih. Simbol gunungan memiliki filosofi yang menggambarkan awalan baru dari sebuah rangkaian cerita. Sementara hati berwarna merah putih merepresentasikan rasa cinta untuk produk pengusaha lokal.

"Dalam hal ini, Shopee menghadirkan semangat baru bagi para pengusaha lokal agar terus dicintai di dalam negeri dan bisa dihormati di luar negeri ," kata Monica. 

Baca Juga: Besaran Bunga Shopee Paylater dan Cara menghitungnya

2. Ragam penawaran menarik yang dihadirkan bagi pembeli

Tampil dengan Wajah Baru, Shopee Pilih Lokal Perkuat Dukungan ke UMKMRagam penawaran yang diberikan shopee untuk para pembeli. (IDN Times/Kamila Sayara Avicena)

Monica mengungkapkan, komitmen Shopee Pilih Lokal tidak hanya terbatas pada penjual, melainkan juga menghadirkan rangkaian penawaran menarik bagi pembeli selama periode kampanye berlangsung. Dalam rangka menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia, Shopee menghadirkan Festival Pilih Lokal 17.8, sebagai bagian dari kampanye Shopee Pilih Lokal.

Adapun, beberapa penawaran yang ditujukan untuk pembeli, yaitu:

  • Pengguna dapat mengakses ragam pilihan produk lokal dan menikmati rangkaian penawaran spesial seperti Produk Lokal di Bawah Rp77 ribu, Gratis Ongkir se Indonesia, dan Brand Lokal Unggulan Diskon 50 persen .
  • Untuk mendorong pertumbuhan usaha kuliner lokal, ShopeeFood juga menghadirkan ‘Festival Kuliner Lokal 17.8’ pada 9-17 Agustus dengan penawaran menarik, seperti Promo Jumbo s/d Rp100 ribu, Gratis Ongkir Sepuasnya, dan Diskon Terus s/d 60 persen.

3. Dukungan berkelanjutan Shopee untuk oengusaha lokal

Tampil dengan Wajah Baru, Shopee Pilih Lokal Perkuat Dukungan ke UMKM(Dok.Shopee)

Komitmen Shopee untuk membantu UMKM tak sampai disitu saja. Pada pembaruan Shopee Pilih Lokal kali ini, terdapat tiga inisiatif baru.

Mulai dari pembukaan 9 Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi, program Shopee Center di Jawa Barat dan Pekalongan untuk menjangkau UMKM di kota-kota kecil, hingga program Ekspor Shopee yang telah berhasil membantu UMKM memperluas pasarnya ke berbagai negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin.

Selain itu, Shopee juga menyediakan Kurikulum Bisnis Digital untuk melatih 26 ribu siswa SMK di Jawa Barat agar siap menghadapi masa depan bisnis digital. Serta memberikan dukungan bagi para pegiat UMKM yang terdampak pandemik COVID-19 melalui program 100M Shopee.

Baca Juga: Shopee Gelar Festival UMKM di HUT Jakarta, Ada Pelatihan Bisnis Gratis

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya