Comscore Tracker

Zurich Syariah Luncurkan Asuransi Khusus Petani Kopi, Apa Manfaatnya?

Jadi yang pertama di Indonesia

Jakarta, IDN Times – PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) meluncurkan Asuransi Parametrik Indeks Cuaca Syariah yang menyasar para petani kopi di Indonesia. Nantinya, petani akan mendapat manfaat klaim secara otomatis berdasarkan data cuaca aktual tanpa perlu mengajukan klaim asuransi terlebih dahulu.

“Asuransi Parametrik Syariah ini adalah jenis auransi perlindungan cuaca pertama bagi petani kopi yang hadir di Indonesia yang dikelola dengan prinsip Syariah. Manfaat pertanggungan diberikan apabila parameter yang telah ditentukan (seperti curah hujan, suhu, kecepatan angin, dan gempa) menunjukkan indikasi telah terjadinya resiko yang merugikan,” kata Presiden Direktur Zurich Syariah Hilman Simanjuntak dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Asuransi Syariah Worth It Dimiliki Millennial & Gen Z?

1. Petani kopi menghadapi banyak risiko cuaca

Zurich Syariah Luncurkan Asuransi Khusus Petani Kopi, Apa Manfaatnya?Presiden Direktur Zurich Syariah Hilman Simanjuntak. (IDN Times/Kamila Sayara Avicena)

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Indonesia menempati urutan ke-4 sebagai produsen kopi terbesar di dunia. Pada 2021 industri kopi tercatat telah memberdayakan 1,86 juta kepala keluarga petani dan menyumbang persentase terhadap PDB perkebunan sebesar 16,15 persen.

Meski demikian, ternyata banyak petani kopi masih menghadapi risiko cuaca yang dapat merusak hasil panen kopi mereka.

“Memahami potensi tersebut dan untuk melindungi petani kita, Asuransi Parametrik Syariah memberikan perlindungan melalui penggantian kerugian yang dialami oleh petani akibat faktor cuaca dan perubahan iklim, seperti kekeringan atau tingkat curah hujan tinggi yang dapat merugikan petani kopi akibat gagal panen atau penurunan hasil produksi,” ujar Hilman.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Keluarga, Jangan Asal Pilih

2. Asuransi baru dapat dimanfaatkan di wilayah Aceh saja

Zurich Syariah Luncurkan Asuransi Khusus Petani Kopi, Apa Manfaatnya?Ilustrasi pohon kopi (IDN Times/Indiana Malia)

Hilman melanjutkan, saat ini Zurich Syariah Asuransi Parametrik Syariah baru dapat dimanfaatkan oleh para petani di wilayah Aceh saja. Sebagai awalan, asuransi ini telah melindungi lebih dari 1.500 petani kopi di Aceh sebagai salah satu wilayah produsen kopi terbesar di tanah air.

“Asuransi Parametrik Syariah ini akan membantu petani kopi di Aceh mengelola risiko melalui pertanggungan asuransi yang dibuat khusus untuk kondisi curah hujan yang tinggi atau kondisi kekeringan selama tahap perkembangan tanaman kopi saat tanaman paling rentan terhadap guncangan cuaca,” sambung Hilman.

3. Biaya premi dapat dipilih oleh petani

Zurich Syariah Luncurkan Asuransi Khusus Petani Kopi, Apa Manfaatnya?Unsplash/Gerson Cifuentes

Di sisi lain, Chief Sales and Distribution Officer Zurich Syariah, Auralusia Rimadiana mengungkapkan, Zurich terus berupaya membuka akses lebih besar bagi masyarakat yang belum mendapatkan perlindungan dari risiko, dalam hal ini para petani kopi.

Ia menjelaskan bahwa para petani dapat memilih biaya premi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Premi tersebut akan dikelola dengan prinsip syariah yang bertujuan untuk kebersamaan dan saling tolong-menolong.

“Asuransi Parametrik Syariah ini diharapkan mampu mengatasi kerentanan finansial melalui penyediaan perlindungan asuransi yang terjangkau terhadap kondisi cuaca ekstrem serta terbukanya akses asuransi yang lebih inklusif bagi jutaan petani kopi di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Suka Kopi? Cobalah 10 Minuman Kopi Paling Unik di Dunia

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya