Comscore Tracker

Jenis-Jenis Perdagangan Internasional Beserta Penjelasannya

Bukan cuma ekspor impor lho!

Perdagangan internasional adalah kegiatan transaksi jual beli barang atau jasa antarnegara. Kegiatan itu menjadi salah satu sektor yang mampu meningkatkan perekonomian suatu negara. Perdagangan internasional dapat dilakukan oleh penduduk suatu negara ataupun negara itu sendiri atas dasar kesepakatan bersama.

Perdagangan internasional tidak hanya berdampak dalam pendapatan suatu negara. Akan tetapi, juga turut membuka peluang kerja, menjaga hubungan baik antarnegara, dan meningkatkan kemakmuran.

Tujuan utama dari perdagangan internasional adalah memenuhi kebutuhan yang tidak ada di negara tersebut. Berikut ini adalah jenis-jenis perdagangan internasional. Yuk, simak penjelasannya.

Baca Juga: Usai IPO, Klinko Mau Ekspor Alat Kebersihan ke Eropa Timur

1. Ekspor

Jenis-Jenis Perdagangan Internasional Beserta PenjelasannyaIlustrasi Ekspor (IDN Times/Aditya Pratama)

Ekspor adalah kegiatan menjual suatu barang ke luar negeri. Sebagai  contoh adalah Indonesia mengirim minyak sawit ke Eropa. Hal tersebut berarti indonesia melakukan penjualan minyak sawit ke eropa.

Ada dua cara yang dilakukan dalam melakukan ekspor barang, yaitu ekspor biasa dan ekspor tanpa L/C.

Untuk ekspor biasa adalah melakukan penjualan ke luar negeri dengan segala ketentuan yang berlaku yang kemudian ditujukan ke pembeli menggunakan L/C. Sedangkan ekspor tanpa L/C bisa terjadi jika mendapatkan izin khusus dari departemen perdagangan.

2. Impor

Jenis-Jenis Perdagangan Internasional Beserta Penjelasannyailustrasi ekspor impor (IDN Times/Aditya Pratama)

Impor adalah kegiatan membeli barang dari luar negeri. Impor adalah kebalikan dari kegiatan ekspor.

3. Barter

Jenis-Jenis Perdagangan Internasional Beserta PenjelasannyaIlustrasi Infrastruktur (Pelabuhan) (IDN Times/Arief Rahmat)

Barter merupakan sebuah transaksi dengan cara saling menukarkan barang satu dengan yang lain. Barter dapat dilakukan dengan menentukan harga barang terlebih dahulu, yang kemudian dibayarkan kembali dengan barang yang memiliki nilai yang sama.

4. Konsinyasi

Jenis-Jenis Perdagangan Internasional Beserta PenjelasannyaIlustrasi perdagangan (Pixabay/Echosystem)

Kegiatan ini adalah transaksi dengan sistem menitipkan barang di suatu negara. Dalam lingkup internasional, barang-barang yang mau dijual dititipkan di pasar internasional dulu dan menunggu adanya pembeli.

5. Package deal

Jenis-Jenis Perdagangan Internasional Beserta PenjelasannyaANTARA FOTO/Aji Styawan

Package deal adalah kegiatan perdagangan internasional yang berguna untuk memperluas pasar produk. Sistem ini dilakukan dengan cara membuat perjanjian dagang dengan suatu negara.

6. Border crossing

Jenis-Jenis Perdagangan Internasional Beserta PenjelasannyaIlustrasi Ekspor. (IDN Times/Aditya Pratama)

Border crossing adalah perdagangan yang terjadi di suatu negara yang saling berbatasan dan berdasarkan perjanjian tertentu. Tujuannya adalah untuk mempermudah penduduk di perbatasan  agar lebih mudah dalam berbelanja. Perdagangan ini ada dua jenis yaitu:

  • Sea border crossing

Perdagangan antarnegara yang melewati batas laut. Sistem ini dilakukan oleh negara yang memiliki batas negara berupa laut dan dilakukan dengan persetujuan dan ketentuan yang berlaku.

  • Overland border crossing

Perdagangan ini adalah yang melintasi daratan. Sistem ini dilakukan oleh negara yang memiliki batas negara berupa daratan dan dilakukan berdasarkan persetujuan yang berlaku.

Demikian adalah jenis-jenis perdagangan internasional. semoga artikel ini dapat membantu!

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Anata Siregar
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya