Comscore Tracker

Akuntansi: Pengertian, Fungsi dan Komponennya

Apa Itu Akuntansi?

Akuntansi adalah

1. Menurut Kamus Besar Berbahasa Indonesia

Seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

2. Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Hal - hal yang menyangkut penyelenggaraan perakunan, baik teori maupun kebiasaan- kebiasaan, norma, prinsip-prinsip, dan sebagainya (accountancy) akur perdamaian yang telah disepakati, baik oleh pihak yang menanggung kerugian maupun pihak yang menyebabkan kerugian; kesepakatan ini biasanya dilakukan di depan hakim sehingga tidak akan menjadi masalah pada kemudian hari (accord).

3. S. Munawir (2005)

Akuntansi adalah sebuah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari pada peristiwa dan kejadian serta setidaknya sebagian sifat keuangan dengan cara yang cepat dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang dan penafsiran terhadap hal - hal yang timbul dari padanya.

4. Winarno (2006)

Akuntansi adalah suatu proses mencatat transaksi keuangan dan mengolah data transaksi dan menyajikan sebuah informasi kepada pihak - pihak yang berhak dan berkepentingan.

5. Financial Accounting Standards Board (FASB)

Menyatakan bahwa akuntansi adalah sebuah kegiatan jasa yang fungsinya menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian dipakai untuk pengambilan keputusan ekonomi.

6. Menurut American Institute of Certified Public Accountants [AICPA]

Akuntansi adalah seni pencatatan, pengklasifikasian dan pengikhtisaran dengan cara dan nilai uang yang signifikan, transaksi dan peristiwa yang setidaknya sebagian bersifat keuangan dan menafsirkan hasilnya.

7. Paul Grady

Akuntansi adalah tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, menginterpretasi semua transaksi dan kejadian serta karakters keuangan yang terjadi dalam operasional entitas accounting dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

Fungsi dari Akuntansi

Akuntansi:  Pengertian, Fungsi dan KomponennyaPexels.com/AndreaPiacquadio

Fungsi dari akuntansi adalah untuk memberikan laporan keuangan dari suatu perusahaan atau badan usaha. Laporan keuangan dibuat berdasarkan prinsip - prinsip akuntansi dan melakukan menganalisa dengan cara kualitatif pada laporan keuangan.

Laporan keuangan penting bagi perusahaan untuk mengambil keputusan kepentingan di masa depan.

Selain itu fungsi lain dari akuntansi adalah untuk membantu perusahaan dalam merencanakan pertumbuhan, untuk mengamankan pinjaman, mendapatkan investor dan mendapatkan bayaran.

Baca Juga: Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Manajemen 

Siklus Akuntansi

Akuntansi:  Pengertian, Fungsi dan KomponennyaIlustrasi akuntansi (Pixabay.com/200degrees)

Siklus akuntansi adalah sebuah proses yang digunakan untuk menerima informasi mengenai keuangan mentah dan membuat serta mengeluarkan laporan keuangan yang konsisten dan akurat. Terdapat beberapa langkah dalam siklus akuntansi adalah sebagai berikut :

1. Melakukan analisis dan mencatat transaksi

2. Melakukan penginputan transaksi ke buku besar

3. Menyiapkan neraca percobaan yang belum disesuaikan

4. Membuat jurnal penyesuaian pada akhir periode

5. Menyiapkan neraca saldo yang disesuaikan

6. Menyiapkan laporan keuangan

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Ajak Akuntan Pahami Pentingnya Jaminan Sosial

Komponen-Komponen Dalam Akuntansi

Akuntansi:  Pengertian, Fungsi dan KomponennyaBerbagai sumber

Terdapat beberapa komponen dalam membuat laporan keuangan menggunakan dasar - dasar akuntansi, diantaranya adalah :

1. Harta atau biasa dikenal sebagai aset. Sebuah perusahaan atau badan usaha memiliki nilai aset yang beragam, bisa berbentuk barang maupun uang.

2. Kewajiban di dalam dunia akuntansi, segala hal yang wajib dikeluarkan oleh perusahaan disebut sebagai kewajiban. Misalnya pinjaman modal dari bank yang harus dilunaskan pada periode waktu tertentu.

3. Ekuitas harta yang bergerak yang dimiliki oleh perusahaan yang menjadi nilai investasi.

4. Pendapatan berisikan semua pendapatan yang perusahaan hasilkan.

5. Pengeluaran yang termasuk kepada komponen pengeluaran adalah seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk kepentingan operasional.

Baca Juga: Akuntan Pajak, Setiap Hari Kamu Selalu Berhadapan dengan 11 Hal Ini, Kan?

Penutup

Akuntansi:  Pengertian, Fungsi dan KomponennyaPexels.com/AndreaPiacquadio

Dari penjelasan tersebut maka diperoleh bahwa akuntansi merupakan ilmu yang dibutuhkan untuk mempermudah segala bentuk arus finansial sebuah perusahaan atau badan usaha untuk merencanakan pertumbuhan ekonomi dan pengambilan keputusan.

Bahkan dengan seiring berkembangnya teknologi saat ini, semakin mempermudah akuntan publik untuk membuat laporan keuangan perusahaan.

Topic:

  • Kiki Amalia
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya