Comscore Tracker

8 Tahap Pendanaan dalam Membangun Bisnis Startup

Mulai dari pre-seed hingga IPO

Startup adalah perusahaan yang masih berada pada tahap pengembangan atau masih merintis. Ini biasanya merujuk pada bidang teknologi dengan memanfaatkan perkembangan internet yang umumnya digagas oleh para muda, seperti pengembangan aplikasi, sistem pembayaran digital, jasa perdagangan dan lainnya.

Karena masih merintis, bisnis ini masih mencari pangsa pasar dan tentunya membutuhkan pendanaan dari para investor. Berikut adalah beberapa tahap pendanaan pada perusahaan startup.

1. Tahap pre-seed funding

8 Tahap Pendanaan dalam Membangun Bisnis Startupilustrasi membicarakan bisnis (pexels.com/Helena Lopes)

Pre-seed funding adalah tahap pengkajian untuk memulai sebuah startup. Pada tahap awal, perintis perlu menunjukkan ide kelayakan atas usahanya. Karena kinerja belum terbukti, pada tahap ini pembiayaan berasal dari dana pribadi, teman terdekat atau keluarga yang telah menaruh kepercayaan.

Pada bisnis startup, pembiayaan pada tahap ini biasanya akan fokus pada pengembangan ide. Perintis akan memastikan bahwa ide yang ia gagas layak dan sudah diuji. Biasanya perintis akan melakukan riset pasar kecil-kecilan, menguji formula produk untuk melihat kinerjanya, dan memutuskan model bisnisnya. 

2. Tahap seed funding

8 Tahap Pendanaan dalam Membangun Bisnis Startupilustrasi membicarakan bisnis (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Tahap seed funding atau pendanaan awal merupakan tahap pendanaan ekuitas pertama. Pendanaan ini membantu bisnis untuk membiayai pengembangan produk dan riset pasar. Pendanaan awal ini juga umumnya digunakan untuk merekrut tim untuk membantu mengurus bisnis.

Calon investor pada tahap pendanaan awal adalah teman, keluarga dan angel investor. Sementara para investor akan mengharapkan saham ekuitas atas imbalan atas investasi mereka di perusahaan. 

3. Tahap pendanaan seri A 

8 Tahap Pendanaan dalam Membangun Bisnis Startupilustrasi mengatur strategi bisnis (pexels.com/Fauxels)

Tahap pendanaan ini menandai awal dari investasi pemodal ventura. Pada tahap ini, pendiri startup sudah harus mempersiapkan perkembangan masa depan bisnisnya, meliputi.

  • Pengoptimalan bisnis;
  • Memperbaiki kerugian finansial yang ada;
  • Pengembangan lebih lanjut produk layanan bisnis;
  • Strategi untuk pertumbuhan bisnis di masa depan.

4. Tahap pendanaan seri B

8 Tahap Pendanaan dalam Membangun Bisnis Startupilustrasi mengembangkan bisnis startup (pexels.com/Athena)

Pada tahap ini, bisnis sudah memiliki pangsa pasar dan pendapatan yang stabil. Perintis startup sudah berhasil dalam mewujudkan ide yang telah dirancang. Pada tahap pendanaan ini, investor akan membantu menumbuhkan bisnis melalui beberapa hal berikut.

  • Menjangkau pasar yang lebih luas;
  • Meningkatkan pangsa pasar;
  • Membentuk tim operasional khusus, seperti tim pengembangan bisnis dan pemasaran.

Baca Juga: Mapan Raih Pendanaan Seri A Rp222,8 Miliar dari Patamar dan Astra

5. Pendanaan seri C 

8 Tahap Pendanaan dalam Membangun Bisnis Startupilustrasi mengembangkan bisnis startup (pexels.com/Rodnae Production)

Pada tahap ini, bisnis makin menunjukkan perkembangannya dan tertarik untuk berkembang secara global. Mungkin akan lebih menemukan investor pada saat bisnis sudah berkembang seperti pada tahap ini. Dana yang didapatkan biasanya digunakan untuk hal-hal berikut.

  • Membentuk produk baru;
  • Mencari dan menjangkau pasar yang baru;
  • Akuisisi startup gagal berkembang di industri yang sama.

6. Pendanaan seri D dan seterusnya 

8 Tahap Pendanaan dalam Membangun Bisnis Startupilustrasi membicarakan bisnis (pexels.com/Rodnae Production)

Biasanya, pendanaan seri ini dilakukan atas kondisi berikut:

  • Terdapat peluang baru yang dinilai menguntungkan sebelum melangkah ke tahap Initial Public Offering (IPO). Misalnya, seorang pebisnis berencana mengumumkan bisnisnya ke publik beberapa bulan lagi. Namun, pesaing di industrinya gagal berkembang sehingga si pebisnis memutuskan untuk membeli perusahaan tersebut daripada melanjutkan ke tahap IPO;
  • Performa bisnis masih di bawah standar pada saat pendanaan seri C. Untuk memperbaikinya, bisnis akan mengumpulkan lebih banyak dana di seri ini.

Tidak ada batasan tertentu berapa banyak seri pendanaan yang dapat dilalui oleh sebuah bisnis startup. Ia dapat menyelesaikan seri pendanaan sebanyak yang dibutuhkan atau setelah tujuan perusahaan tercapai.

7. Tahap mezzanine capital dan bridge loan 

8 Tahap Pendanaan dalam Membangun Bisnis Startupilustrasi rapat investor (pexels.com/Rodnae Production)

Pendanaan ini dirancang untuk sebuah bisnis yang sudah cukup matang. Mezzanine capital merupakan hasil gabungan dari utang dan ekuitas, yang memberi hak pada pemodal untuk mengubah utang menjadi ekuitas di perusahaan. Adapun bridge loan adalah pembiayaan bisnis dalam jangka pendek.

Keduanya dapat digunakan untuk membeli manajemen di perusahaan lain atau mengakuisisi perusahaan pesaing untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Tujuannya adalah untuk mengantarkan perusahaan menjadi layak untuk menuju pendanaan IPO.

8. Tahap pendanaan IPO 

8 Tahap Pendanaan dalam Membangun Bisnis Startupilustrasi laporan keuangan perusahaan (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Initial Public Offering atau penawan umum perdana adalah penawaran saham kepada publik secara luas sebagai pihak investor. Ini merupakan puncak dari kesuksesan startup dan suatu langkah yang besar untuk mendapatkan lebih banyak modal.

Pada tahap ini, perusahaan memiliki kewajiban untuk mengungkapkan audit laporan keuangan kepada publik sebagai pihak investor.

Kini, modal sudah tidak menjadi masalah besar dalam membangun bisnis. Asalkan mempunyai prospek bagus dan potensial, banyak investor yang bersedia mengucurkan dana bagi pelaku bisnis. Jadi, apakah kamu berminat untuk membentuk bisnis startup?

Baca Juga: Mau Startup Kamu Mudah Dapat Pendanaan? Coba Ikutan Ini

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Verified Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya