Comscore Tracker

Ekonomi Berbasis Inovasi, Jalan bagi RI Jadi Negara Maju di 2045

Saat ini, kita sudah naik jadi upper middle income country 

Jakarta, IDN Times - Menteri Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan pendekatan innovation driven economy atau ekonomi yang berbasis inovasi dapat menjadi jalan untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju pada 2045 mendatang.

"Untuk kemudian mencapai high income country yang kita targetkan di 2045 ketika kita merayakan 100 tahun kemerdekaan disinilah dibutuhkan perjalanan panjang dan juga dibutuhkan kerja keras," kata Menristek ketika hadir dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia yang berlangsung secara virtual dan disiarkan lewat kanal YouTube IPB TV, Sabtu (4/7/2020).

1. Indonesia kini naik kelas jadi upper middle income country

Ekonomi Berbasis Inovasi, Jalan bagi RI Jadi Negara Maju di 2045Menristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro dalam konferensi Forum Rektor Indonesia(Dok.IDN Times/IPB TV)

"Kita sudah masuk ke dalam upper middle meskipun boleh dibilang tipis sekali karena hanya lima dolar di atas batas bawah peralihan dari lower menjadi upper, yaitu USD4.045 per kapita," ujar Bambang dalam paparannya.

Bambang mengingatkan untuk mengejar GNI perkapita lebih kurang USD13.000 maka dibutuhkan usaha yang tidak biasa dalam Melakukan lompatan dari empat ribu hingga 12 atau 13 ribu.

Faktor pendidikan menurut dia tak luput jadi sektor yang diharapkan dapat memberi kontribusi bagi ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Catat! Ini 10 Tren Teknologi Baru di Era Pandemik Versi Menristek

2. Mengubah ekonomi jadi berbasis inovasi

Ekonomi Berbasis Inovasi, Jalan bagi RI Jadi Negara Maju di 2045Menristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro dalam konferensi Forum Rektor Indonesia (Dok.IDN Times/IPB TV)

Menristek mengaku percaya inovasi adalah penggerak kunci untuk produktivitas dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Dia menyebutkan riset akan menjadi keharusan dalam rangkaian perjalanan inovasi.

"Kita ingin merubah ekonomi yang sekarang yang basisnya adalah sources atau paling tinggi hanya efficiency driven menjadi benar-benar innovation driven," kata Menrisktek.

"Inovasi ini bukan sesuatu yang eksklusif tapi justru kita lakukan karena ingin masyarakat sejahtera dan produktif," sambung dia.

3. Jokowi minta cara-cara baru dan out of the box diterapkan

Ekonomi Berbasis Inovasi, Jalan bagi RI Jadi Negara Maju di 2045Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (Dok. IDN Times/Tangkap Layar IPB TV)

Membuka acara tersebut, Presiden Joko "Jokowi" Widodo menegaskan pendidikan tinggi memiliki tugas membantu mewujudkan Indonesia sebagai negara berpenghasilan tinggi. Dia mengatakan cara-cara yang dilakukan tidak boleh biasa saja.

"Kita harus berubah. Kita harus mengembangkan cara-cara baru, mengembangkan strategi baru yang smart shortcut dan out of the box," kata Jokowi ketika membuka konferensi.

Dia menegaskan menjadi negara berpenghasilan tinggi bukan perkara mudah dan mengingatkan banyak negara di dunia ketiga yang yang sudah berdiri hampir satu abad namun masih terjebak dalam middle income trap. Kondisi seperti itu diharapkan Jokowi tidak terjadi di Indonesia.

Baca Juga: Menristek Prediksi Indonesia Baru Dapat Vaksin COVID-19 di Maret 2021

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya