Comscore Tracker

Hadapi Golden Age 2030, Ini 5 Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukan

Yuk persiapkan mulai dari sekarang!

Pada tahun 2030 Indonesia diperkirakan akan memasuki The Golden Age Era, periode di mana pencapaian pertumbuhan ekonomi berlangsung secara maksimal karena memiliki jumlah penduduk produktif yang lebih banyak. Artinya, akan ada lebih banyak masyarakat Indonesia yang mampu menghasilkan uang dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Kalau kamu saat ini berusia antara 20-30 tahun, maka kamu harus menyiapkan banyak hal. Di tahun 2030 kamu salah satu orang yang bisa menentukan kemajuan ekonomi negara. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk membantu persiapan keuanganmu di tahun 2030 nanti.

1. Meniti karier

Hadapi Golden Age 2030, Ini 5 Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukanunsplash.com/@martenbjork

Apakah saat ini kamu sedang bekerja di perusahaan sebagai karyawan ataupun memiliki bisnis sendiri, di periode ini yang perlu kamu lakukan adalah belajar sebanyak-banyaknya. Perhatikan siapa orang-orang yang bisa kamu jadikan mentor baik dalam hal bisnis maupun karier. Lihat, apakah kamu bisa sampai ke titik yang sedang mereka lakukan sekarang dalam lima atau sepuluh tahun ke depan.

2. Punya kebiasaan menabung minimal 10%

Hadapi Golden Age 2030, Ini 5 Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukanunsplash.com/@rupixen

Jika sejak muda kamu sudah memiliki kebiasaan menyisikan uang, walaupun jumlahnya kecil, nanti begitu karier kamu meningkat dan penghasilan lebih banyak, kamu tidak akan kaget. Kamu tetap bisa memiliki kebiasaan menyisikan uang minimal 10% dari penghasilan.

Tips ini harus benar-benar kamu coba. Bagaimanapun juga, semua tujuan finansial itu hanya bisa dicapai dengan kegiatan menabung dan investasi.

3. Mengumpulkan DP rumah pertama

Hadapi Golden Age 2030, Ini 5 Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukanunsplash.com/@tierramallorca

Saat umur baru 20 atau 30 tahun, memiliki rumah terdengar cukup membebankan. Tapi jangan khawatir, kamu tidak perlu membeli rumah dengan terburu-buru. Kamu bisa mulai dengan mengumpulkan uang untuk DP-nya. Jangan sampai kamu jadi ketinggalan karena takut di awal sehingga lalai untuk mengumpulkan DP.

Sebagian besar orang akan menggunakan kredit kepemilikan rumah di bank untuk bisa membeli rumah pertama mereka. Hal itu akan lebih mudah, lebih ringan dan lebih cepat tercapai jika kamu sudah memiliki sejumlah uang sebagai DP-nya.

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan Freelance untuk Menambah Pundi Keuangan Millennial

4. Investasi senilai setengah harga sepatu

Hadapi Golden Age 2030, Ini 5 Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukanunsplash.com/@adeolueletu

Coba lihat berapa harga sepatu kamu? Jika kamu memiliki sepatu dengan harga Rp200 ribu, artinya setengah harga dari sepatu tersebut hanya Rp100 ribu. Uang sejumlah setengah harga sepatumu itu bisa jadi tidak berarti terlalu banyak untuk kamu.

Jadi, gunakan jumlah uang yang menurutmu sedikit untuk diinvestasikan pada produk yang risiko dan return-nya tinggi. Misalnya reksa dana saham.

Lakukan secara terus-menerus rutin tanpa putus untuk 20 atau 30 tahun ke depan sebagai keperluan dana pensiun. Sehingga, di tahun 2030 menyiapkan dana pensiun itu bukan sesuatu yang aneh lagi bagimu.

5. Buat rekening khusus belanja

Hadapi Golden Age 2030, Ini 5 Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukanunsplash.com/@webaroo

Di umur 20 sampai 30 tahun keinginan belanja dan liburan memang sulit untuk dihindari. Kami boleh kok membuat rekening khusus untuk berfoya-foya tetapi dalam jumlah yang terbatas. Dengan demikian, gaya hidup tetap bisa kamu laksanakan dan semua yang penting-penting seperti menyiapkan dana pensiun, menyiapkan DP pertama dan kebiasaan menabung tetap bisa berjalan.

So guys, bagaimana? Kamu bisa kan mengerjakan lima hal tentang keuangan di umur 20 sampai 30 tahun ini?

Baca Juga: 6 Perilaku Ini Menunjukkan Kamu Dapat Mengatur Keuanganmu dengan Baik

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You