Comscore Tracker

Garuda Raih Laba Rp57,3 Triliun, DPR Heran Kenapa Masih Minta PMN

Suntikan PMN itu sudah disahkan pemerintah sebesar Rp7,5 T

Jakarta, IDN Times - Pemerintah resmi memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT Garuda Indonesia Tbk sebesar Rp7,5 triliun. Anggota Komisi VI DPR RI, Rudi Hartono Bangun heran dengan suntikan PMN tersebut.

Padahal, kata Rudi, Garuda Indonesia pada Semenster I 2022 mendapat laba bersih Rp57,3 triliun.

"Ini kan aneh, katanya dapat laba Rp57 triliun tapi kok masih minta PNM Rp7,5 triliun untuk restorasi pesawat. Kan harusnya bisa pakai laba untuk itu gak perlulah minta PMN,” ujar Rudi dalam keterangannya, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Sah! Pemerintah Suntik PMN Rp7,5 Triliun ke Garuda Indonesia

1. Rudi Hartono pertanyakan penggunaan PMN

Garuda Raih Laba Rp57,3 Triliun, DPR Heran Kenapa Masih Minta PMNAnggota Komisi VI DPR Fraksi NasDem, Rudi Hartono Bangun (dok. Pribadi)

Rudi kemudian mempertanyakan penggunaan PMN yang disebut Garuda untuk restorasi pesawat. Padahal, kata dia, pesawat yang digunakan Garuda adalah pinjaman.

"Yang saya tahu pesawat Garuda itu kan pinjam sama orang atau leasing, terus misalnya diberi PMN Rp7,5 triliun untuk restorasi, berarti yang diperbaiki pesawat orang dong, bukan pesawat milik Garuda sendiri. Seharusnya kan kalau pinjaman untuk perbaikan ya juga ditanggung oleh leasing dong bukan Garuda saja,” ucap dia.

"Apa itu gak langgar aturan, apalagi kan PMN itu disuntik dari uang negara, uang pajak rakyat, kalau juga diberi ke swasta kan tak sesuai tupoksi anggarannya,” kata dia lagi.

Baca Juga: Garuda Indonesia Diramal Mulai Cetak Laba Tahun Ini

2. Sah! Pemerintah suntik PMN Rp7,5 triliun ke Garuda Indonesia

Garuda Raih Laba Rp57,3 Triliun, DPR Heran Kenapa Masih Minta PMNLivery masker pesawat Garuda Indonesia (Dok.Garuda Indonesia)

Sebelumnya, upaya penyuntikan PMN tersebut sebagai salah satu upaya untuk mendukung upaya restrukturisasi perseroan melalui Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

"Pemerintah akan membantu PMN sebesar Rp7,5 triliun. Sebenarnya, (PMN) sudah diputuskan 1,5 tahun yang lalu sebelum kondisi pandemi COVID-19 terjadi," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN), Erick Thohir, usai rapat dengan Presiden dan sejumlah menteri di Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Tak Kunjung Gabung InJourney, Erick Thohir: Garuda Harus Kuat Dulu

3. Restrukturisasi Garuda melalui PKPU berhasil dilakukan

Garuda Raih Laba Rp57,3 Triliun, DPR Heran Kenapa Masih Minta PMNMenteri BUMN Erick Thohir (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Erick menambahkan berkat dukungan dari pemerintah dan DPR Kementerian BUMN berhasil merestrukturisasi Garuda melalui PKPU sehingga garuda sekarang kembali bisa bergerak lebih sehat secara korporasi.

"Kita sampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah dan DPR kita sudah berhasil merestrukturisasi Garuda melalui PKPU sehingga Garuda sekarang kembali bisa bergerak secara korporasi lebih sehat," katanya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya