Comscore Tracker

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!

#RamadanMasaKini Sebelum lebaran, maksimalkan pendapatan

Bulan Ramadan merupakan bulan berkah, selain mendapatkan pahala lebih banyak, kita juga bisa meraup rejeki yang lebih. Kita dapat melihat masyarakat yang antusias berjualan serba-serbi Ramadan dan lebaran. Mulai dari busana, makanan, peralatan ibadah, hingga kebutuhan untuk mudik. Ramadan tahun ini menjadi momen dimana dapat kamu manfaatkan untuk memperoleh uang THR lebih.

Dalam pertengahan bulan Ramadan seperti saat ini, mulai ada ide-ide bisnis baru yang menjadi usaha sampingan dadakan. Kebutuhan akan serba-serbi lebaran akan melonjak naik secara drastis sejalan dengan dekatnya dengan Hari Raya Idul Fitri. Oleh sebab itu, manfaatkan secara maksimal peluang yang ada menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Berikut sudah ada beberapa bantuan ide yang mungkin dapat kamu coba.

1. Jasa bersih-bersih rumah

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!pixabay.com/klimkin

Suka bersih-bersih rumah? Atau punya kenalan ART yang pandai bersih-bersih. Di saat inilah peluang kamu akan terbuka lebar. Saat berpuasa kebanyakan orang akan merasa malas untuk membersihkan rumah mereka. Ditambah lagi sudah dekat lebaran, akan banyak tamu datang untuk berkunjung. Pasti peluang ini dapat kamu manfaatkan sebagai bisnis kamu.

Ajak teman atau orang yang mau bekerja dengan kamu. Buatlah tim untuk berkerja sama dalam jasa membersihkan rumah ini. Namun, pastikan kamu dan tim dapat bekerja dengan profesional agar konsumen kamu tidak kecewa dengan jasa yang sudah kamu berikan.

2. Jual perlengkapan ibadah

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!pixabay.com/akmarhreib

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian orang sudah mulai mempersiapkan kembali perlengkapan ibadah. Mulai dari sarung, mukena, peci, tasbih, sajadah dan lain sebagainya. Mereka tentu saja ingin terlihat maksimal saat Hari Raya, jadi tidak jarang mereka membeli sarung baru, peci baru. Nah, kesempatan ini dapat kamu manfaatkan untuk menawarkan produk perlengkapan ibadah yang akan kamu jual.

3. Jasa dekorasi ruangan

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!unsplash.com/@hngstrm

Punya keahlian dalam mendesain? Jadikan keahlian kamu sebagai bisnis dekorasi ruangan untuk lebaran. Sebagian besar, pemilik rumah ingin mendekorasi ulang ruangan tertentu agar mendapat suasana baru pada hari lebaran. Tidak sedikit juga yang ingin mendekorasi tambahan rumah mereka agar terlihat lebih menarik. Di sini kealian kamu dalam mendesain dapat disalurkan kepada mereka-mereka yang membutuhkannya.

4. Jual perlengakapan mudik

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!pixabay.com/dwilliams

Kamu dapat menjual perlengkapan perjalanan yang murah-murah, namun menjadi syarat wajib bagi siapa saja yang ingin berpergian jauh. Bisa berupa masker, sarung tangan, batal leher, kaca mata, tongtool dan masih banyak lagi.

Pasti banyak yang memerlukan barang yang barusan dijelaskan, jadi tidak perlu modal yang besar. Kamu juga dapat menawarkan daganganmu di pinggir jalan dan dekat lampu merah .Barang-barang murah tapi keuntungan tidak murahan.

5. Jual sepatu dan sandal

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!unsplash.com/@jakobowens1

Jika ada modal yang luamayan, bisa deh kamu coba untuk menggunakan modal itu untuk berbisnis sepatu dan sandal. Penjualan sepatu dan sandal juga meningkat selama hari-hari mendekati lebaran.

Baca Juga: Malas Saat Bulan Puasa, 5 Ide Bisnis Ini Bisa Dijalankan

6. Jual ketupat

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!instagram.com/aisyahasqar

Bagi kamu yang ingin bisnis tanpa modal, bisnis inilah yang dapat kamu jalankan, yaitu jualan ketupat. Kamu dapat menjual ketupat yang siap makan atau ketupat yang sudah dirangkai dan tinggal diisi dengan beras. Jika kamu belum bisa membuat ketupat, masih ada jalan kok. Kamu jualan daun kelapa muda yang bisa kamu ambil di pohon kelapa. Jadi tidak ada alas an jika kamu ingin bisnis tapi tidak memiliki modal.

7. Jasa tukar uang

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!pixabay.com/emaji

Nah, ini yang akan ramai di jalanan dan tempat umum, jasa calo tukar uang receh. Modalnya pun hanya sabar menunggu antrian. Namun kamu perlu pintar-pintar dalam menawarkan daganganmu karena akan ada banyak sekali jasa calo yang menjadi saingan kamu.  

8. Jasa rental kendaraan

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!pixabay.com/jlamping

Bisnis yang satu ini mengharuskan kamu untuk memiliki kendaraan, bisa berupa motor atau mobil. Dari pada dianggurin di rumah, mending dirental kepada pihak yang memang dapat kamu percayai dan tanggung jawab.

9. Jual kue kering

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!pixabay.com/icongerdesign

Sudah menjadi agenda tahunan untuk pembisnis kue kering ini memanen hasil keuntungannya berjualan kue kering. Memang perlu keterampilan dan alat untuk membuatnya. Tapi akal bisnis tetap harus jalan, meski tidak memungkinkan untuk membuat kue, kamu bisa menjadi reseler kue kering.

Permintaan akan terus meningkat tapi ini sejalan dengan banyaknya saingan yang akan menghambat perjalanan bisnis kamu. Jadi kamu harus pintar dalam memasarkan produk kue kering yang kamu jual.

10. Bisnis amplop THR lebaran

10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!pixabay.com/pexels

Sudah menjadi tradisi jika lebaran untuk bagi-bagi THR untuk keponakan, saudara, atau teman mungkin. Biasanya uang THR tersebut dimasukan dan dibagi dalam beberapa amplop kecil. Amplop yang polos akan terlihat kurang menarik. Di sini kamu dapat berkreasi dengan memberi sentuhan yang menarik pada amplop polos atau membuat amplop baru dengan berbagai kertas berwarna. Tentu hal ini dapat menjadi bisnis yang murah meriah untuk kamu jalani.

Begitulah beberapa ide bisnis menjelang lebaran yang dapat kamu pertimbangkan. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada saat ini. Jika berhasil dan mendapat keuntungan yang berlipat, kamu dapat jadikan bisnis yang kamu geluti sebagai bisnis tahunan.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Menjanjikan Buat Kamu Pecinta Bunga, Cobain Deh!

Muhammad Rafi Athallah Photo Community Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You