Comscore Tracker

6 Langkah Mudah Menjadi UMKM Go Online, Bantu Pulihkan Ekonomi

Dukung pemulihan ekonomi Indonesia #MulaiDariKamu

Teknologi yang terus berkembang membuat dunia usaha perlahan beralih kepada digitalisasi. Namun beberapa UMKM masih belum mengenal banyak tentang digitalisasi dan UMKM Go Online.

Percepatan menuju UMKM Go Online ini selaras dengan tujuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang mendukung program ekonomi nasional dengan meningkatkan digitalisasi untuk UMKM. Selain itu Kominfo memberi pelatihan yang akan berguna untuk membantu produk UMKM sehingga mampu bersaing Go Online.

UMKM Go Online diharapkan akan meningkatkan perekonomian nasional di Indonesia. Dengan adanya penunjang fasilitas dan ilmu, maka bukan tidak mungkin UMKM akan banyak yang beralih ke Go Online.

Nah beberapa hal ini adalah langkah-langkah menuju UMKM yang Go Online.

1. Mengenali tentang kualitas produk 

6 Langkah Mudah Menjadi UMKM Go Online, Bantu Pulihkan EkonomiIlustrasi jualan (unsplash.com/Tim Mossholder)

Indonesia memiliki keunikan dan kreativitas dalam hal produksi barang atau jasa. Banyak berbagai usaha yang unik dari segi produk dan jasa mulai dari fashion, kerajinan, makanan, pariwisata dan lain-lain. Selain beragam, produk UMKM juga diakui memiliki kualitas yang tidak kalah saing dengan produk luar negeri. 

Sebelum kamu memulai untuk UMKM Go Online, maka kamu harus tahu tentang barang atau jasa seperti apa yang kamu ingin kembangkan menjadi usaha. Agar tidak sama atau memiliki tingkat daya saing tinggi, pastikan produk kamu benar-benar berbeda dari UMKM lainnya.

2. Mulai berjualan di marketplace 

6 Langkah Mudah Menjadi UMKM Go Online, Bantu Pulihkan EkonomiIlustrasi belanja online (unsplash.com/@robertocortese)

Marketplace merupakan salah wadah bagi pengusaha atau pedagang untuk memasarkan produknya secara online dengan mudah, praktis dan gratis. Hanya dengan mengunduh aplikasi atau mengunjungi website lalu melakukan registrasi kamu sudah dapat memasarkan produk kamu. Caranya adalah dengan mengunggah beberapa foto produk, penjelasan produk dan harga maka kamu sudah bisa membuka toko online khususnya di marketplace.

UMKM Go Online harus beradaptasi dengan tren pasar yang saat ini terjadi. Oleh karena itu, berjualan di marketplace menjadi cara lanjutan untuk mewujudkan UMKM Go Online. 

3. Sosial media yang gak sekadar jualan

6 Langkah Mudah Menjadi UMKM Go Online, Bantu Pulihkan EkonomiIlustrasi sosial media (unsplash.com/Adem AY)

Langkah selanjutnya untuk menjadikan UMKM Go Online adalah dengan memperluas pemasaran di media sosial. Sosial media memiliki traffic yang sangat padat sehingga merupakan sarana pemasaran yang cukup efektif.

Perlu ada strategi dalam memposting produk atau pemasaran agar postingan terkait dengan detail dan keterangan produk tidak terkesan membosankan.

Nah, sebagai pengembangan lebih lanjut, kamu perlu memahami tentang sosial media marketing. Sosial media marketing merupakan kebutuhan para UMKM yang memang ingin Go Online.

Baca Juga: 6 Manfaat e-Wallet untuk Pelaku UMKM, Tunjang Kegiatan Perekonomian  

4. Mendaftarkan bisnis dan alamat di Google Maps 

6 Langkah Mudah Menjadi UMKM Go Online, Bantu Pulihkan EkonomiGoogle maps (unsplash.com/ henry perks)

Google Maps banyak menjadi acuan orang-orang dalam menemukan atau mencari  lokasi tertentu. Untuk kamu yang mau mendaftarkan UMKM dalam Google Maps, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan alamat UMKM di Google Maps.

Saat alamat tempat usaha sudah di daftarkan ke Google Maps, calon konsumen akan mudah untuk mendatangi tempat kamu dan menilai keprofesionalan UMKM kamu.

5. Membuat website produk jualan

6 Langkah Mudah Menjadi UMKM Go Online, Bantu Pulihkan EkonomiIlustrasi website bisnis (unsplash.com/Igor Miske)

Langkah selanjutnya jika bisnis kamu sudah berkembang adalah memiliki website. Lebih baik lagi jika kamu memiliki website sendiri agar usaha kamu terlihat lebih profesional.

Dengan website, pelanggan akan semakin percaya dan menilai bahwa kamu serius untuk memiliki UMKM Go Online. Walaupun memang kamu harus menambah modal untuk membuat website, namun hal ini akan berguna untuk perkembangan UMKM kamu ke depannya.

Jika kurang paham terkait pembuatan website, kamu dapat menggunakan jasa pembuatan website yang sesuai dengan keinginan dan budget yang kamu mau.

6. Terus belajar dan mendalami dunia digital 

6 Langkah Mudah Menjadi UMKM Go Online, Bantu Pulihkan EkonomiIlustrasi diskusi project (https://unsplash.com/Austin Distel)

Dalam perkembangan digitalisasi akan selalu ada hal-hal bar sehingga jika kamu ingin menjadikan UMKM Go Online, kamu perlu terus belajar. Dengan menggali informasi seputar dunia digital kamu akan dapat bersaing di dunia yang serba digital ini.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengetahui mengenai tren dan kebutuhan pasar yang terkini. Setelah itu, terus kembangkan pengetahuan tentang media sosial dengan segala tools dan konten mengenai produk kamu. Nah, jika sudah semua informasi kamu dapatkan, maka akan jalan untuk UMKM kamu Go Online akan terbuka lebar.

Dalam Indonesia Writers Festival 2021, Kementerian Kominfo berkomitmen untuk menjadikan banyak UMKM Go Online. Dengan komitmen ini akan memajukan UMKM sebagai salah satu tonggak perekonomian nasional Indonesia. Salah satu komitmennya dengan membimbing para UMKM agar mulai beralih menggunakan online hingga secara pemasaran online

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Kembangkan Bisnis UMKM Pakai Fitur Telegram

Muhammad Rafi Athallah Photo Verified Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya